Cryptocurrency

Memilih Mata Uang Crypto yang Tepat bagi Pemula untuk Investasi

mata-uang-crypto

Ajaib.co.id – Setelah memahami apa itu cryptocurrency secara jelas, kamu bisa memulai investasi di instrumen ini dengan memilih jenis mata uang crypto apa yang tepat terutama bagi pemula.

Ada ratusan ribu jenis uang crypto atau token di bursa crypto. Namun, tidak semuanya memiliki prospek baik di masa mendatang sehingga butuh analisa tepat sebelum memilihnya.

Apalagi jika mata uang crypto ini tidak hanya dijadikan sebagai alat tukar saja, namun juga untuk berinvestasi. Selain itu, sifatnya yang fleksibel karena tidak bergantung pada sentimen ekonomi suatu negara, maka bisa dijadikan salah satu aset investasi.

Lalu, bagaimana cara memilih jenis mata uang crypto yang tepat khususnya bagi pemula? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Memilih Mata Uang Crypto Berdasarkan Prospek di Masa Mendatang

Penting bagi para investor pemula mengetahui sebuah prospek dari uang crypto ke depannya. Mengingat aset ini ingin dijadikan investasi jangka panjang sehingga mampu menghasilkan keuntungan sesuai harapan di masa mendatang. Apalagi perkembangan dunia digital terus meningkat menjadi salah satu hal yang membuat pergerakan cryptocurrency bisa naik dan turun.

Pada dasarnya, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melihat prospek suatu token menjanjikan di masa mendatang yaitu berdasarkan pendapat publik dan aktivitas dari sebuah komunitas. Pendapat publik sendiri berperan penting dalam mempengaruhi nilai tukar sebuah aset crypto. Salah satu contohnya adalah Squere yang melakukan pembelian Bitcoin dalam jumlah banyak sehingga membuat nilai Bitcoin naik.

Lalu, kamu juga dapat melihat pendapat publik lewat diskusi di sejumlah forum. Apalagi saat ini, banyak banyak forum yang secara khusus membahas mata uang digital.

Hal ini meliputi kabar terbaru, isu yang sedang hangat, sampai rencana masa depan tersedia di forum diskusi tersebut. Sementara untuk aktivitas komunitas, mirip dengan forum pendapat publik.

Hanya saja, komunitas ini diisi oleh orang-orang yang berperan penting dalam sebuah aset crypto seperti para investor, penambang, sampai pemilik perusahaan. Tujuannya sendiri yaitu menyebarkan informasi terkait mata uang digital yang dibutuhkan dalam komunitas. Hal ini jelas sangat cocok dilakukan oleh pemula yang belum memahami secara detail mekanisme kerja dalam memperdagangkan sebuah aset koin crypto.

Komunitas atau forum seperti ini sangat membantu untuk para pemula. Apalagi biasanya para pemula tidak memahami bagaimana mekanisme kerja memperdagangkan sebuah koin. Ikut bergabung dalam sebuah komunitas juga merupakan salah satu tips memilih mata uang kripto yang patut dicoba, terutama bagi kamu yang masih pemula.

Memilih Berdasarkan Siapa Pihak yang Membangun Suatu Mata Uang Crypto

Memilih mata uang crypto juga bisa dilakukan dengan mengetahui siapa lembaga maupun perusahaan yang membangun suatu mata uang tersebut. Hal ini bisa mencakup jejak karir hingga mekanisme di dalamnya. Untuk mengetahui pihak yang terlibat dalam pembangunan tersebut, bisa mengacu pada teknologi pengembang dan siklus pump yang ada.

Teknologi pengembang dalam hal ini berkaitan dengan algoritma setiap crypto yang berbeda-beda. Pada dasarnya, mengetahui algoritma mata uang digital ini cukup sulit sehingga pilihannya dengan bertanya melalui forum di internet. Setiap koin atau mata uang digital ini memiliki algoritma enkripsi sendiri yang juga menjadi pembeda dengan koin lain. Hal ini juga mempengaruhi karakteristik antara satu koin dengan koin lainnya yang berbeda-beda.

Sementara untuk siklus pump adalah frekuensi saat terjadinya kenaikan maupun penurunan akan ketertarikan terhadap mata uang digital. Di mana, hal ini terjadi biasanya saat siklus mencapai puncak yang membuat harga dari mata uang crypto menjadi tinggi. Begitu sebaliknya saat siklus di titik terendah, harga sebuah koin akan jauh lebih murah.

Di mana, waktu ini yang menjadi momen tepat bagi kamu untuk mulai berinvestasi, untuk kemudian dijual saat siklus bergerak naik agar menghasilkan probabilitas yang besar.

Pilihan Mata Uang Crypto Terbaik

Mengingat banyaknya jenis mata uang crypto yang ada di bursa crypto, hanya ada sebagian mata uang yang direkomendasikan sebagai aset untuk investasi. Hal ini mengacu pada pergerakan harga dan prospek baik di masa mendatang sehingga cocok menjadi pilihan untuk berinvestasi dan menghasilkan keuntungan.

Berikut sejumlah mata uang crypto yang dimaksud:

Bitcoin

Pilihan pertama sudah pasti Bitcoin yang menjadi koin crypto paling terkenal di dunia. Di mana, koin ini masih banyak digunakan orang-orang untuk bertransaksi secara online maupun sebagai aset investasi. Bitcoin sendiri menerapkan sistem P2P atau peer to peer yang bekerja tanpa adanya penyimpanan maupun administrator tunggal.

Nilai kapitalisasi pasar Bitcoin sendiri bahkan sudah mencapai angka USD1,06 triliun yang menjadi koin dengan nilai paling tinggi saat ini.

Ethereum

Pilihan koin selanjutnya adalah Ethereum atau ETH yang menjadi alternatif Bitcoin dengan berada di peringkat kedua setelah Bitcoin. Ethereum juga digunakan untuk transaksi P2P dan dapat diperjualbelikan melalui pasar crypto dengan nilai spekulatif.

Selain itu, ETH juga digunakan dalam menjalankan aplikasi sampai memonetisasi sebuah pekerjaan. Di mana, nilai kapitalisasi pasar Ethereum sendiri sudah mencapai USD480,42 miliar.

United States Dollar Tether

Kemudian ada mata uang crypto bernama United States Dollar Tether atau USDT yang menjadi pilihan banyak orang sebagai aset investasi. Di mana, koin ini pergerakan nilai per asetnya mengacu pada pergerakan kurs dolar. Oleh karena itu, USDT masuk ke dalam kategori stablecoin atau koin yang stabil karena mengacu pada dolar AS.

XRP

Mata uang crypto yang satu ini diperkenalkan oleh Ripple di tahun 2012 lalu sebagai alat transaksi melalui Ripple Network dengan keunggulan biaya transaksi minimal dan proses lebih cepat. Untuk jumlah mata uang yang beredar mencapai 100 miliar koin dengan nilai kapitalisasi pasar XRP mencapai USD49,29 miliar.

Pada dasarnya, memilih mata uang crypto secara tepat sama halnya dengan memilih emiten saham. Di mana, mata uang crypto yang dipilih untuk investasi jangka panjang harus memiliki prospek jelas maupun ketertarikan publik akan koin tersebut. Bagi pemula yang ingin mencoba investasi di cryptocurrency, bisa memilih 10 besar jenis mata uang crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Selain banyak investor yang membeli koin tersebut, prospeknya di masa mendatang juga cukup menjanjikan. Akan tetapi, jika kamu masih merasa risiko investasi di mata uang crypto terlalu besar, maka bisa memilih instrumen investasi lainnya seperti saham. Apalagi investasi saham saat ini semakin mudah dilakukan secara online melalui Ajaib.

Media investasi online ini memungkinkan kamu untuk berinvestasi saham secara mudah dan aman langsung melalui smartphone. Membuat rekening saham, deposit dana, hingga memilih emiten saham secara tepat bisa kamu lakukan secara mudah melalui aplikasi Ajaib.

Jadi tunggu apalagi? Mulai investasi saham pertama kamu dan hasilkan keuntungan dengan download aplikasi Ajaib di smartphone sekarang.

Artikel Terkait