Cryptocurrency

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency Indonesia

Ajaib.co.id – Tertarik untuk memiliki mata uang digital? Kamu bisa membelinya di perusahaan pedagang aset kripto atau cryptocurrency Indonesia yang terdaftar di Bappebti. Namun sebelumnya, pahami dulu jenis-jenis cryptocurrency serta kelebihan dan kekurangannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, transaksi pembayaran bukan hanya dapat dilakukan dengan menggunakan mata uang yang dikeluarkan pemerintah, namun bisa juga menggunakan mata uang digital atau mata uang kripto.

Apa itu cryptocurrency? Cryptocurrency adalah aset digital yang memiliki peran mirip mata uang, namun berbentuk digital dan dapat digunakan untuk transaksi secara virtual pada jaringan internet.

Mata uang kripto ini bersifat desentralisasi, artinya tidak ada satu pun pihak yang menjadi perantara pada suatu transaksi. Sehingga pembayaran yang terjadi bersifat peer to peer, antara pengirim dan penerima saja.

Perkembangan Cryptocurrency Indonesia

Awalnya, adanya mata uang digital tidak diakui di Indonesia. Hal ini didasarkan kepada ketentuan UU No.7 tahun 2011 yang menegaskan alat pembayaran yang sah di Indonesia hanya mata uang rupiah.

Industri terkait Cryptocurrency Indonesia mulai berkembang pesat sejak 2019 hingga saat ini. Transaksi cryptocurrency mulai memiliki payung hukum di Indonesia sejak diterbitkannya Peraturan Nomor 5 Tahun 2019 tentang teknis penyelenggaraan pasar fisik aset kripto pada bursa berjangka. Hingga saat ini, perdagangan kripto semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Perkembangan cryptocurrency Indonesia meningkat tajam ketika bursa saham sedang lesu di awal Tahun 2021. Para investor baru yang mulai belajar investasi saham sejak adanya pandemi Covid-19 akhirnya banyak yang ikut mencoba mengoleksi aset kripto.

Jenis-Jenis Cryptocurrency yang Populer di Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengungkapkan sepuluh jenis cryptocurrency yang populer dan banyak diperdagangkan di Indonesia. Berikut ini jenis-jenis cryptocurrency yang menjadi favorit di Indonesia.

1.     Bitcoin

Bitcoin merupakan cryptocurrency pertama yang diluncurkan pada Tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Hingga saat ini, sebagian besar cryptocurrency yang beredar merupakan Bitcoin.

2.     Etherium

Etherium adalah cryptocurrency yang dibuat pada Tahun 2013 oleh Vitalik Buterin. Etherium atau ETH ini merupakan block chain atau jaringan peer to peer yang resmi diluncurkan pada Tahun 2015.

3.     Binance

Binance coin merupakan cryptocurrency yang diterbitkan oleh Binance Exchange dengan kode BNB. Binance juga menyediakan platform untuk perdagangan mata uang kripto.

4.     XRP

XRP coin merupakan salah satu cryptocurrency incaran para imvestor karena memiliki market cap yang besar dan harganya bullish. XRP ini menjadi mata uang kripto yang berperan sebagai penghubung pada jaringan pembayaran Ripple.

5.     Cardano

Cardano atau ADA diciptakan oleh Charles Hoskinson dan dirilis pada Tahun 2015. Cryptocurrency ini termasuk mata uang digital pertama yang menggunakan blockchain dengan sifat peer-reviewed.

6.     Tether

Tether adalah cryptocurrency yang berbasis blockchain dengan sirkulasi didukung oleh jumlah yang setara dengan mata uang fiat tradisional. Token Tether diperdagangkan dengan simbol USDT.

7.     Polkadot

Polkadot yang diperdagangkan dengan kode DOT merupakan cryptocurrency yang dikembangkan oleh Parity Technologies dibawah pimpinan Gavin Wood dan Jutta Steiner.

8.     Doge

Doge sangat populer ketika terus dipublikasikan oleh Elon Musk di akun Twitter miliknya. Doge ini termasuk cryptocurrency yang memiliki banyak komunitas yang melakukan kegiatan sosial dan membantu sesama.

9.     Litecoin

Litecoin diperkenalkan pada Tahun 2011 sebagai cryptocurrency yang menghasilkan blok baru dengan kecepatan yang lebih cepat untuk transaksi peer to peer. Sesuai namanya, transaksi Litecoin dapat dilakukan tanpa memerlukan sistem komputasi yang sangat kuat.

10. Bitcoin Cash

Bitcoin Cash pertama kali diluncurkan pada Tahun 2017 oleh sekelompok pengguna Bitcoin yang tidak setuju dengan beberapa peraturan Bitcoin. Sehingga mereka membuat mata uang kripto sendiri dengan nama Bitcoin Cash.

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

Kelebihan dan kekurangan cryptocurrency menjadi sebuah kesatuan yang beriringan. Dengan memahaminya, kamu bisa mengatur strategi untuk mengoptimalkan kelebihannya serta menekan risiko yang mungkin terjadi.

Kelebihan cryptocurrency antara lain:

1.     Bersifat universal, yakni dapat diterima oleh setiap orang yang menggunakan cryptocurrency tanpa dibatasi oleh batasan negara maupun peraturan dan syarat yang mengikat.

2.     Privasi terjaga, artinya dengan melakukan transaksi menggunakan cryptocurrency, privasi kita terjaga karena tidak ada yang mengetahui transaksi tersebut selain pengirim dan penerima.

3.     Cepat dan akurat, yakni kemudahan dalam melakukan transaksi menggunakan cryptocurrency yang prosesnya cepat serta akurat.

4.     Nilai fluktuatif, artinya kita bisa mendapatkan keuntungan dari terjadinya kenaikan nilai dari mata uang kripto yang dimiliki.

Selain memiliki kelebihan, berikut ini beberapa kekurangan dari cryptocurrency:

1.     Belum mendapat izin di negara tertentu, artinya tidak semua negara di dunia mengizinkan dan memberikan payung hukum terhadap perdagangan cryptocurrency.

2.     Digunakan di pasar gelap, yakni kerahasiaan transaksi cryptocurrency dapat disalahgunakan untuk melakukan transaksi di pasar gelap atau blackmarket dan transaksi kejahatan lainnya.

3.     Butuh perangkat mahal, meskipun tidak semuanya, kebanyakan cryptocurrency membutuhkan perangkat sistem komputasi yang sangat kuat dan tentu saja harganya mahal untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

4.     Nilai fluktuatif juga dapat menjadi kekurangan dari cryptocurrency. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan nilai mata uang kripto yang dimiliki turun sehingga pemiliknya mengalami kerugian.

Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang cryptocurrency Indonesia. Selain mengetahui jenis-jenis cryptocurrency serta kelebihan dan kekurangan cryptocurrency, kamu perlu mengetahui tips lainnya tentang mata uang kripto agar bisa memperoleh banyak keuntungan. Jangan bosan belajar, ya.

Artikel Terkait