Memahami Ekonomi Bisnis Lebih Dalam

Memahami Ekonomi Bisnis Lebih Dalam Demi Wawasan yang Menyeluruh
Memahami Ekonomi Bisnis Lebih Dalam Demi Wawasan yang Menyeluruh

Ekonomi bisnis merupakan bidang di dalam ekonomi terapan yang memakai teori dan metode kuantitatif untuk menganalisa perusahaan bisnis dan faktor-faktor yang berkontribusi pada struktur organisasi yang beragam dan hubungan antara perusahaan dengan pekerja, keuangan, dan pasar-pasar produk.

Secara sederhana, ekonomi ini dianggap sebagai ekonomi manajerial yang merupakan aplikasi teori dan metodologi dalam bisnis. Bisnis memerlukan pengambilan keputusan. Keputusan adalah proses memilih 1 dari 2 atau lebih alternatif tindakan. Ekonomi memenuhi kebutuhan firma bisnis.

Fungsi

Ekonomi menumbuhkan hubungan antara masyarakat dan public dan administrasi swasta, berkat ekonomi kita dapat mengukur stabilitas suatu Negara, perkembangan dan pertumbuhannya guna membuat kebijakan dan keinganan untuk menyempurnakan tingkat kesejahteraan secara keseluruhan.

Karakteristik Bisnis  

Berikut adalah karakteristik-karakteristik ekonomi bisnis yang merupakan sifat alamiah dan materi pelajaran:

1. Cara mengaplikasikan konsep, teori dan prinsip-prinsip ekonomi ke dalam aktivitas bisnis.

2. Ekonomi ini berkaitan dengan ekonomi mikro. Sifat alamiahnya mikro.

Sifat Alamiah 

Secara Normatif berfokus pada pernyataan preskriptif, membantu mendirikan aturan-aturan yang bertujuan mencapai tujuan-tujuan bisnis yang spesifik. Secara positif, di sisi lain, berfokus pada deskripsi yang ditujunya dalam rangka menggambarkan cara di mana sistem ekonomi beroperasi tanpa mendikte bagaimana seharusnya mereka beroperasi.

Ruang Lingkup Bisnis   

Bagaimanapun, ekonomi ini kurang memerhatikan pengambilan keputusan dan perencanaan ke depan. Ruang lingkup (baik mikro dan variasi makro) adalah sesuatu yang lebih luas karena ia memakai logika ekonomi, matematik dan statistik untuk menyediakan cara pikir efektif tentang problem keputusan bisnis.

Komponen

Komponen beragam dari lingkungan bisnis adalah lingkungan eksternal yang terdiri dari faktot-faktor yang mempengaruhi sebuah perusahaan bisnis dari luar. Lingkungan luar termasuk pemegang saham, kompetitor, pelanggan, masyarakat, hokum dan peraturan pemerintah, kebijakan dan teknologi.

Tujuan  

Tujuan ekonomi ini mengacu pada tujuan mendapatkan keuntungan dan juga tujuan-tujuan lain yang penting untuk dikejar guna mencapai tujuan profit, termasuk penciptaan pelanggan, inovasi regler dan pemanfaatan sumber-sumber yang tersedia.

Gambaran Masa Depan

Tingkat kesarjanaan dalam ekonomi juga menyediakan persiapan yang baik mahasiswa yang berencana mengejar gelar Master Administrsi Bisnis, yang seringkali mengarah ke karir di dalam manajemen bisnis. Ekonomi seringkali membantu sebagai dasar teori bagi banyak mata kuliah untuk sarjana dalam administrasi.

Bagi kamu kaum millenial yang lagi mikir-mikir untuk memilih jurusan kuliah demi masa depan yang cerah, bisa menjadikan bidan ini sebagai alternative yang tepat guna menyambut masa depan cerah di negri tercinta yang lagi booming startup ini. Ekonomi bisnis adalah salah satu ilmu wajibnya para calon entrepreuneur andal!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait