Meal Prep, Solusi Hemat untuk Kegalauan Masak Apa Hari Ini

masak apa hari ini
masak apa hari ini

Masih suka kelimpungan akan masak apa hari ini? Jangan khawatir, redaksi Ajaib memiliki solusi untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam ulasan ini.

Meal prep alias meal preparation biasanya dilakukan orang yang sedang diet atau atlet dengan jadwal makan ketat. Tujuannya untuk menakar kalori yang masuk agar sesuai dengan target. Tapi sebenarnya meal prep juga bisa jadi solusi berhemat karena belanja yang lebih terencana, tentunya juga sesuai selera.

Meal prep dilakukan dengan menyiapkan bahan makanan selama seminggu mendatang. Caranya dengan membagi bahan makanan sesuai jadwal dan porsi masaknya ke dalam wadah khusus. Wadah tersebut kemudian disimpan di freezer atau lemari es sehingga tetap segar sampai saatnya nanti. Karena itu, perbendaharaan resep masakan rumahan kamu memang masih banyak.

Metode ini sudah banyak diterapkan oleh ahli nutrisi dan profesional di dunia olahraga dan kesehatan. Karena itu jangan khawatir soal anggapan jika makanan yang disimpan dalam lemari es tidak lagi sehat untuk keluarga karena nutrisinya hilang. Anggapan itu sama sekali salah karena makananmu disimpan dalam wadah yang aman dan diawetkan dengan suhu dingin.

Lebih Hemat Waktu

Kamu tidak perlu lagi galau memikirkan mau masak apa hari ini atau membuang waktu berbelanja ke pasar setiap harinya. Jelas pagi harimu bisa jauh lebih efisien dan waktunya bisa digunakan untuk hal lain seperti olahraga atau maskeran.

Meal prep hanya membutuhkan waktu maksimal 4 jam di hari liburmu untuk belanja dan membagi bahan makanan sesuai porsi dan menunya. Menu masakan sepekan bisa kamu cicil di sela-sela kegiatan harian atau jam istirahat kantor. Dengan demikian waktumu akan digunakan jauh lebih maksimal.

Lebih Sehat

Selama membuat menu dan menakar porsi, kamu bisa sembari menghitung kalori makananmu setiap hari. Cara ini sebenarnya sudah dilakukan oleh kalangan profesional dan bisa kamu tiru. Meal prep sangat membantu misalnya kamu ingin diet atau hidup lebih sehat.

Bandingkan dengan kesibukan masak setiap hari yang tidak menyediakan kesempatan menghitung kalori makananmu. Jangan berhitung kalori, kamu bahkan sulit memperkirakan fungsi makananmu karena selalu terburu-buru.

Hemat Anggaran Belanja

Alasan utama orang menerapkan meal prep meskipun tidak sedang diet adalah hemat. Anggaran belanjamu pasti jauh lebih hemat karena menu masakah direncanakan dengan sangat detail. Misalnya dengan uang Rp30.000 yang biasanya untuk sekali makan di luar maka bisa dijadikan 2-3 makan dengan meal prep.

Biaya makanan lebih murah dan rasanya terjamin enak karena dimasak sendiri. Meal prep akan sangat menghemat uangmu jika disiplin sesuai dengan menu yang sudah disusun. Sisa anggaran belanjamu ini bisa digunakan untuk pos anggaran lainnya seperti tabungan atau berinvestasi.

Berhemat dalam bentuk apapun baik untuk kondisi finansialmu termasuk lewat meal prep. Akan jauh lebih baik jika sisa anggaran itu dialokasikan untuk investasi agar berkembang lebih menguntungkan. Dengan cara ini, ibu rumah tangga pun bisa ikut berinvestasi dan memiliki jaminan keuangan di masa depan. Hasil investasi ini kemudian bisa digunakan untuk kebutuhan di masa depan seperti pendidikan anak atau membeli rumah. Siapa sangka penghematan dengan meal prep kemudian bisa memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Jadi, mau masak apa hari ini nih?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait