Mau Punya Rumah Kayu Minimalis? Ini 3 Pertimbangan Utamanya

Rumah Kayu Minimalis

Rumah kayu minimalis sekarang kembali naik daun seiring tren natural yang makin digemari masyarakat. Jika sebelumnya tren arsitektur kebanyakan model rumah modern dengan semen dan beton, maka kini berbeda. Material kayu dianggap lebih indah karena imej tradisional dan unik dari rumah itu. Hanya saja, jelas biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih besar daripada rumah beton.

Kamu yang saat ini sedang merencanakan untuk membeli atau membangun rumah bisa mempertimbangkan model rumah kayu minimalis. Namun ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mulai membeli material dan menyewa tukang untuk merealisasikan rumah idaman ini.

Artistik dan Natural

Rumah kayu terlihat lebih artistik di tengah perkembangan dunia modern saat ini. Pemilik rumah ini biasanya sangat menyukai hal yang orisinal dan tradisional. Dengan material kayu yang dihasilkan dari hutan dan perkebunan, rumah ini juga memberikan kesan natural. Apalagi jika ditambah interior yang sesuai dijamin akan membuatmu selalu merasa rileks.

Biaya Lebih Mahal

Ingat rumah kabin kayu milik Tony Stark dan Pepper Pott di Avengers-Infinity War? Ini membuktikan jika rumah kayu saat ini bisa dimiliki dengan dana yang lebih besar dibandingkan semen atau beton. Peyebabnya harga papan kayu yang dibutuhkan kini jauh lebih mahal dibandingkan satu sak semen.

Saat ini, segala hal yang kembali ke alam memang jauh lebih mahal dibandingkan versi buatan. Hal ini juga termasuk harga papan yang dibutuhkan untuk membangun rumah kayu. Apalagi kamu harus memilih kayu yang kuat agar awet menghadapi berbagai kondisi cuaca.

Pemeliharaan Mahal dan Rumit

Kayu yang dipakai untuk membangun rumah harus diawetkan agar tahan lama dan kuat. Salah satunya adalah dengan memberikan antirayap agar tak keropos dimakan serangga ini. Antisipasi juga harus dilakukan agar kayu yang dipakai tidak lembab dan membusuk.

Setelah ditempati, pemilik rumah juga harus rutin merawat dan membersihkan rumah dengan material kayu. Tipe bangunan ini biasanya menyerap debu lebih banyak dibandingkan yang lain. Untuk menjaga warnanya agar tetap cantik juga harus disemprot cairan khusus yang tentunya menambah biaya.

Ketiga aspek tersebut sangat berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan saat membangun rumah idamanmu. Atur dengan detail anggaran pembangunan rumah agar tak jebol dan mengganggu pos keuangan yang lain. Hal paling utama adalah material kayu yang jauh lebih mahal dibandingkan semen atau beton.

Saat ini banyak pula produk KPR dari bank yang memungkinkan pinjaman untuk membangun atau merenovasi rumah. Syarat pengajuan pinjaman juga lebih gampang dan fleksibel. Kamu bisa menyimak promo KPR dari berbagai bank untuk memilih mana yang paling menguntungkan.

Memiliki rumah sendiri menjadi kebutuhan primer jika keuangan kita sudah memungkinkan. Rumah juga bisa menjadi aset investasi di masa depan tanpa kita sadari. Nilai jual rumah pasti naik terus apalagi jika berada di lahan dan lokasi yang strategis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait