Mau Investasi di Saham Blue Chip? Kenali Ciri-Ciri Terlebih Dulu!

Mau Investasi di Saham Blue Chip? Kenali Ciri-Ciri Terlebih Dulu!

Seringkali saham Blue Chip direkomendasikan untuk para investor pemula. Lalu apa sih Blue Chip itu? Blue Chip dapat didefinisikan kumpulan saham dari sejumlah perusahaan yang punya reputasi bagus dari segi kualitas secara nasional. Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik dan handal untuk tetap menghasilkan keuntungan dalam berbagai kondisi ekonomi.

Mengenal Blue Chip

Tahukah kamu bahwa kata Blue Chip sendiri berasal dari kata sebuah permainan kartu poker. Dalam permainan tersebut ada kepingan-kepingan yang memiliki warna berbeda seperti biru, putih, dan merah. Biasanya warna biru dianggap sebagai kepingan yang nilainya paling tinggi. Nah, dari situ tercetuslah istilah Blue Chip yang diperkenalkan oleh Oliver Gingold pada tahun 1923/1924 di bursa saham.

Oliver Gingold memerhatikan pergerakan harga saham yang dilihatnya dan tertarik dengan saham-saham yang memiliki harga fantastis sekitar $200 hingga $250 per lembarnya. Saat itulah ia menuliskan istilah Blue Chip Stocks atau kata lainnya saham keping biru, kemudian mulai dipatenkan dan digunakan para investor dalam bermain saham.

Blue Chip di Bursa Efek Indonesia

Saham-saham yang dianggap tepercaya dengan nilai kapitalisasi besar dikategorikan sebagai saham Blue Chip. Saham ini dinilai lebih aman untuk berinvestasi jangka panjang ketimbang jenis saham lainnya menurut para ahli di bidang saham. Selain itu, ada istilah lain dari Blue Chip yaitu Big Caps atau saham unggulan. Di Bursa Efek Indonesia, saham inilah yang memberi pengaruh besar terhadap pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).\

Ciri-Ciri Saham Blue Chip

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi padaa jenis saham ini, sebaiknya kenali ciri-cirinya yang dapat dilihat dari masing-masing profil emitennya, diantaranya adalah:

  • Perusahaan sudah memiliki nama dan rekam jejak yang panjang, serta modal besar.
  • Produk-produk yang dihasilkan perusahaan berkualitas tinggi dan banyak dipakai masyarakat, juga sebagai market leader di bidangnya.
  • Perusahaan memiliki kapitalisasi pasar yang besar di bursa saham.
  • Kinerja perusahaan stabil selama puluhan tahun. Bisa dibuktikan dari pertumbuhan pendapatannya yang konsisten atau teratur dalam membagikan deviden tiap tahunnya.

Perusahaan Blue Chip

Keunggulan berinvestasi di Blue Chip ini karena perusahaan-perusahaan di dalamnya memiliki kekuatan fundamental yang kuat, baik dari segi manajemen dan finansial. Jadi, perusahaan tersebut akan secara berkala membagikan devidennya. Berikut ini beberapa perusahaan yang masuk dalam kategori di Blue Chip.

Saham Blue Chip ini memang menarik perhatian banyak investor, baik kelas kakap maupun pemula karena berbagai keunggulannya. Di samping itu risikonya pun terbilang kecil. Sebab perusahaan yang tergolong punya saham Blue Chip adalah perusahaan yang memiliki manajemen secara profesional dan tahan uji terhadap risiko apapun sehingga tak membuat khawatir para pemegang.

Namun, saham Blue Chip ini tergolong mahal sehingga dibutuhkan modal yang cukup besar untuk bisa bermain di saham ini. Namun, tidak semuanya begitu. Bagi kamu Anda yang termasuk dalam profil investor risiko defensif dan moderat, saham ini cocok sebagai sarana edukasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Buat Deposit Pertama Sekarang
Artikel Terkait