Manfaat dan Unsur Asuransi Adalah Seperti Ini

asuransi adalah
asuransi adalah

Asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko dengan cara mengalihkan risiko dari satu pihak ke pihak lain (perusahaan asuransi).

Menurut KUHD Pasal 246, asuransi adalah suatu perjanjian di mana seorang penanggung melibatkan dirinya kepada seorang tertanggung, yaitu dengan menerima suatu premi.

Dilihat dari segi ekonomi, asuransi berarti pengumpulan dana yang bisa digunakan untuk menutup atau memberikan penggantian rugi kepada seseorang yang mengalami kerugian.

Di zaman yang serba modern ini, sudah banyak orang yang memanfaatkan asuransi sebagai perencanaan keuangan jangka panjang mereka.

Asuransi sendiri dapat memberikan manfaat jika kamu tertimpa musibah, seperti kecelakaan dan sakit. Dengan begitu, masyarakat dapat merasa nyaman dan terlindungi.

Unsur-unsur Asuransi

Pastinya, risiko sangat berkaitan dengan kerugian. Kerugian menjadi faktor yang paling ditakuti oleh seseorang.

Untuk meminimalisir kerugian dari risiko peristiwa yang terjadi, sebaiknnya kamu menanggulanginya. Caranya, kamu bisa mengajukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebetulnya, asuransi tidak dapat menghentikan risiko yang menimpa kamu atau keluargamu. Namun, layanan asuransi dapat mengurangi dampak kerugian yang terjadi dari adanya risiko.

Asuransi memiliki tiga unsur utama, yaitu:

Premi

Kamu pastinya sering mendengar istilah yang satu ini. Namun, banyak juga orang yang tidak mengetahui pengertian premi.

Premi merupakan kewajiban yang harus dibayar oleh tertanggung kepada perusahaan asuransi. Premi menjadi cara pengalihan risiko yang diinginkan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu wajib membayar premi dan harus dilunasi.

Polis Asuransi

Sebagai penggantian dari premi yang dibayarkan untuk jasa asuransi, tertanggung pun memiliki hak untuk mendapatkan polis.

Polis asuransi adalah perjanjian yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung. Hal tersebut menjadi dasar untuk membayar penggantian rugi kepada tertanggung dari kerugian yang dialami.

Polis asuransi berisi ketentuan yang menjamin segala bentuk kerugian yang ditanggung oleh pihak asuransi.

Klaim

Jika kamu mengalami kerugian dari sebuah peristiwa, maka bisa mengecek risiko tersebut yang sudah tercantum di dalam polis.

Setelah itu, kamu bisa mengajukan klaim sebagai bentuk permintaan untuk penggantian rugi dari kerugian yang telah dialami.

Manfaat Asuransi

Selain menawarkan berbagai kemudahan, asuransi juga memiliki manfaat yang bisa dinikmati oleh tertanggung. Berikut ini adalah manfaatnya:

Memberikan Rasa Aman

Asuransi memberikan rasa aman agar kamu bisa menghadapi risiko yang terjadi. Dengan begitu, kamu dapat beraktivitas dan berkonsentrasi. Selain itu, hidup kamu juga jadi lebih aman dan terlindungi.

Ada Kepastian

Jika sifat risiko adalah tidak pasti, maka asuransi memberikan kepastian untuk kamu. Kamu dapat memprediksi biaya atau akibat dari risiko yang bisa muncul kapan saja.

Tempat Berinvestasi

Dalam jenis tertentu, ada fasilitas asuransi yang punya nilai tunai jika tidak ada pengajuan klaim. Bahkan, saat ini ada asuransi yang dipadukan dengan investasi yang dikenal dengan unit link.

Tidak hanya meminimalisir risiko, namun asuransi juga dapat menjadi tempat untuk menabung dan berinvestasi.

Meminimalisir Risiko

Sesuai dengan fungsinya, asuransi dapat membuat potensi kerugian yang dialami menjadi seminimal mungkin. Hal tersebut membuat asuransi dikenal sebagai pereduksi risiko.

Dengan memiliki asuransi, kamu akan terbantu jika ada risiko atau kerugian yang dialami. Asuransi adalah solusi terbaik bagi kamu yang ingin hidup dengan aman dan terlindungi di masa mendatang.

Bacaan menarik lainnya:

OJK. (2019). Statistik Perasuransian Indonesia, 2019. Otoritas Jasa Keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait