Langkah Finansial yang Harus Diambil Setelah Mendapat Gaji Pertama

Untuk Anda yang sudah lulus dan telah mendapatkan pekerjaan pertama Anda, saya ucapkan selamat! Untuk membuka jalan yang lancar bagi masa depan finansial Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan saat ini. Begitu Anda mulai bekerja, situasi keuangan Anda mungkin akan berubah. Berikut adalah langkah-langkah terkait uang yang harus Anda lakukan dengan pekerjaan pertama Anda.
 
# Buat Anggaran
 
Saat Anda masih berada di sekolah, keuangan Anda mungkin relatif sederhana. Tetapi sekarang setelah Anda memulai hidup Anda di dunia kerja dan semua yang menyertainya, kebutuhan arus kas Anda akan berubah secara signifikan.
 
Setelah Anda mengetahui berapa besar gaji Anda setelah pajak penghasilan, sekarang saatnya untuk duduk dan menentukan berapa pengeluaran Anda. Untuk Anda yang bekerja di luar kota, berapa harga sewa tempat tinggal Anda? Apakah Anda akan pindah ke tempat yang lebih baik? Membeli mobil? Berapa lama sebelum Anda ingin menikah? Hal-hal ini akan memainkan peran penting dalam menentukan ke mana uang Anda harus dikeluarkan.
 
Membuat anggaran tidak harus sulit dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah mudah. Adalah penting bahwa Anda membuat rencana pengeluaran ini sesegera mungkin sehingga Anda tidak menemukan diri Anda dalam masalah keuangan nanti.
 
# Pelajari Benefit yang Diberikan Perusahaan
 
Selain mungkin mendapatkan dana pensiun, Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari semua manfaat lainnya sebagai karyawan. Berikut adalah beberapa benefit yang mungkin diberikan oleh pekerjaan yang ingin Anda ketahui. Anda mungkin mendapatkan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, diskon perusahaan, cuti yang dibayar, bantuan biaya kuliah atau bonus. Pelajari manfaat yang bisa Anda dapatkan dan jadikan pertimbangan saat membuat anggaran Anda.
 
# Buat Rencana Tabungan
 
Sekarang setelah Anda sudah mandiri dan memiliki aliran pendapatan yang stabil, Anda harus mulai menabung sebagian uang dari setiap gaji yang Anda terima untuk dana darurat. Memiliki dana tabungan darurat akan membantu Anda keluar dari kemacetan sehingga Anda tidak harus bergantung pada kartu kredit berbunga tinggi atau menghadapi krisis keuangan.
 
Kebiasaan baik yang Anda lakukan di tahun-tahun awal pekerjaan Anda akan tetap bersama Anda sampai sisa hidup Anda. Belajar untuk hidup sesuai kemampuan Anda. Anda bisa melakukan penghematan sebanyak 30% dari gaji bersih Anda untuk disisihkan. Jika Anda dapat melakukan ini selama 3 tahun pertama kehidupan kerja Anda, hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik.
 
# Pisahkan Rekening Bank Untuk Gaji dan Menabung
 
Bahkan ketika gaji Anda belum turun, daftar belanja Anda sudah siap untuk dibeli. Perilaku impulsif ini membuat banyak orang memiliki sedikit atau tidak ada tabungan sama sekali. Dalam upaya meningkatkan tabungan Anda, Anda dapat menyisihkan setidaknya sejumlah uang secara teratur. Seperti yang dikatakan oleh Warren Buffett, jangan menyimpan apa yang tersisa setelah belanja, tetapi belanjakan apa yang tersisa setelah tabungan.
 
Salah satu caranya adalah dengan menetapkan rekening tabungan dan rekening gaji yang terpisah. Rekening tabungan Anda adalah tempat Anda dapat memarkir tabungan bulanan Anda. Dan Anda dapat menggunakan akun gaji Anda untuk melakukan semua pembayaran Anda seperti tagihan utilitas.
 
# Waspadai Hutang Kartu Kredit Atau Pinjaman
 
Pinjaman yang sesuai untuk tujuan finansial Anda seperti membayar cicilan rumah atau melanjutkan pendidikan Anda mungkin masuk akal. Selain dari tujuan-tujuan tersebut, hindari jenis pinjaman lainnya. Anda juga harus berhati-hati saat menggunakan kartu kredit. Pastikan Anda membayar iuran kartu kredit Anda tepat waktu.
 
# Mulai Berpikir Tentang Investasi
 
Ketika Anda berusia 20-an, mudah untuk berpikir bahwa Anda memiliki banyak waktu untuk menyiapkan kondisi keuangan Anda. Anda merasa Anda masih punya waktu 60 atau 70 tahun lagi untuk hidup. Apa bedanya jika Anda menunda berinvestasi sebentar?
 
Sayangnya, menunggu dapat membuat perbedaan signifikan. Katakanlah Anda berinvestasi 300 ribu per bulan mulai dari usia 20 dan tidak berhenti sampai Anda berusia 60 tahun. Jika Anda berhasil pengembalian 8 persen selama waktu itu, Anda akan memiliki lebih dari 1 milyar dalam akun itu saja. Sekarang katakanlah Anda menunggu sampai Anda berusia 30 tahun untuk memulai. Pada saat Anda mencapai usia 60 tahun, Anda hanya akan memiliki $ 440 juta di akun Anda. Sepuluh tahun pertama yang Anda lewatkan akan dikenakan pengembalian lebih dari 550 juta meskipun Anda hanya melewatkan 36 juta dan sepuluh tahun setoran tabungan.
 
Inilah keajaiban bunga majemuk, sebuah fenomena yang pernah dipuji Albert Einstein sebagai keajaiban dunia kedelapan. Bunga majemuk adalah jenis bunga yang Anda dapatkan ketika bunga yang Anda hasilkan dari tabungan atau investasi Anda mulai bertambah dengan sendirinya.
 
Dalam banyak hal, usia Anda sekarang ini mewakili masa-masa tanpa beban sebelum Anda mengambil peran dan tanggung jawab lebih besar seperti misalnya menjadi orang tua. Jika Anda melakukan hal yang benar, usia Anda menawarkan kesempatan untuk mengatur diri Anda seumur hidup. Meskipun mengatur keuangan di usia 20-an Anda mungkin terdengar membosankan, memulai dari usia muda adalah cara terbaik untuk memiliki masa depan yang lebih baik.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait