Kontrol Pengeluaran Impulsif Anda dengan Aturan 30 Hari

Ajaib: Kontrol Pengeluaran Impulsif Anda dengan Aturan 30 Hari
Ajaib: Kontrol Pengeluaran Impulsif Anda dengan Aturan 30 Hari

Apakah Anda merasakan dorongan untuk berbelanja setiap kali Anda berjalan di pusat perbelanjaan? Baik Anda menyukai dekorasi rumah, pakaian, atau buku, kita semua rentan terhadap keinginan untuk membeli sesuatu yang mungkin sebenarnya tidak kita butuhkan. Namun, mengikuti dorongan untuk berbelanja ini bisa berarti bencana bagi anggaran Anda. Bagaimana Anda bisa menghentikan pengeluaran impulsif itu? Coba terapkan aturan 30 hari untuk mengendalikan pengeluaran Anda.

# Hentikan Diri Anda Sebelum Anda Membeli

Bayangkan Anda sedang berjalan melalui toko baju dan Anda menemukan jas kerja berada di display toko yang nampaknya akan terlihat bagus ketika Anda melakukan presentasi kepada klien Anda. Padahal Anda sudah memiliki 5 jas yang sangat digantung rapi di lemari Anda. Sebelum Anda mengeluarkan uang untuk membawa kemeja itu ke kasir, berhentilah. Ambil foto kemeja tersebut, info produk, dan harganya dengan smartphone Anda, dan pergi.

# Catat Informasi Tentang Barang Belanjaan Impulsif Anda

Mulai dengan membuat catatan, baik dalam catatan di ponsel Anda atau di selembar kertas di rumah. Tulis tentang barang yang Anda minati. Dalam hal ini, itu akan menjadi jas kerja. Catatan Anda harus mencakup tiga hal: harga jas, deskripsi tertulis atau foto barang dan nama toko tempat Anda menemukannya.

# Tunggu Dan Lakukan Penelitian

Jangan mengambil tindakan apa pun pada barang impuls Anda selama 30 hari. Sebaliknya, Anda hanya perlu menunggu. Anda dapat melihat situs web toko lain untuk melihat apakah ada yang lebih murah dan membaca ulasan barang tersebut. Anda juga dapat meneliti penjualan di masa mendatang di toko tempat barang tersebut dijual.

# Ketika 30 Hari Lewat, Putuskan Jika Anda Masih Ingin Barang Tersebut

Setelah Anda memiliki waktu satu bulan untuk merenungkan apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut, inilah saatnya untuk mengambil keputusan. Jika Anda masih percaya bahwa jas tadi akan melengkapi koleksi jas Anda dan Anda merasa harus memilikinya, silakan membelinya, selama Anda mampu membayarnya segera.

Jika Anda tidak lagi merasa cukup bersemangat tentang barang tersebut, lupakan saja barang itu. Anda mungkin menemukan bahwa Anda melupakan barang tersebut sepenuhnya setelah 30 hari yang akan menghemat uang Anda dari belanja impulsif.

Tentu saja, tidak setiap skenario cocok dengan parameter aturan 30 hari. Berikut adalah beberapa keadaan khusus di mana Anda dapat memilih untuk tidak mengikuti pedoman 30 hari.

# Anda Melewati Toko yang Sedang Diskon

Kadang-kadang daya tarik pembelian impuls adalah jumlah uang yang akan Anda tabung jika Anda membeli barang selama penjualan berlangsung saat ini. Dapatkan semua informasi yang Anda dapat tentang penjualan untuk membuat keputusan yang tepat. Tanyakan kepada penjual berapa lama diskon akan berlangsung, berapa banyak barang yang mereka miliki dalam stok dan apa kebijakan pengembalian mereka untuk barang yang dibeli selama penjualan.

Jika toko masih memiliki banyak persediaan barang, maka luangkan waktu sehari untuk memikirkannya. Anda masih dapat mengikuti saran untuk mengambil gambar dan melihatnya pada hari berikutnya. Lakukan riset online untuk melihat toko mana lagi yang menjual jas serupa dan berapa harganya. Mungkin toko lain secara teratur menjual jas ini dengan harga kurang dari harga jual di toko pertama yang Anda kunjungi. Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan menerapkan aturan 30 hari dan pergi ke toko nomor dua untuk pembelian jika Anda masih ingin membeli jas tersebut setelah 30 hari.

Jika tidak ada orang lain yang memiliki lampu dengan harga yang mahal, jangan terburu-buru dan membelinya dulu. Pertama, teleponlah teman atau pasangan Anda. Mintalah pendapat mereka tentang jas tersebut, Anda mungkin ingin mengirimi mereka gambar sehingga mereka dapat memberi Anda masukan. Berjalan-jalanlah dan keluar dari toko selama setidaknya satu jam. Jika Anda masih menginginkan barang itu, kembali ke toko dan membelinya, selama Anda dapat membayarnya di muka.

# Cara Lain Untuk Mengontrol Pembelian Impulsif

Jika kebiasaan belanja Anda menjadi sedikit di luar kendali, tips terakhir ini dapat membantu mengendalikannya. Bawalah teman paling hemat Anda bersama Anda dalam perjalanan belanja Anda. Mereka dapat mengingatkan Anda bahwa sementara Anda mungkin menemukan kesenangan sesaat dalam membeli pajangan baru untuk ruang tamu Anda, yang kesenangannya hanya akan bertahan sampai Anda mendapatkannya di rumah dan melihat bahwa pajangan itu tidak terlalu cocok dengan perabot lain Anda.

Simpan kartu kredit Anda di rumah dan hanya bawa uang tunai. Anda tidak dapat mengeluarkan uang lebih banyak jika Anda tidak memiliki uang. Anda akan mendapatkan waktu tambahan dengan mengulur waktu Anda untuk pulang ke rumah dan membawa kartu kredit Anda. Perlambatan dengan cara ini akan membuat Anda benar-benar berpikir apakah Anda ingin melakukan pembelian ini.

Menyimpan uang tidak hanya tentang pemotongan pengeluaran Anda secara kreatif, tetapi juga tentang membuat keputusan pengeluaran yang cerdas. Tidak pernah ada kata terlambat untuk melihat kondisi keuangan Anda dan mulai memangkas pengeluaran yang berlebihan. Anda akan terkejut melihat perbedaan besar yang akan terjadi pada tabungan Anda saat Anda bias mengontrol belanja impulsif Anda.

Share to :
Tags: ,
Artikel Terkait