Cryptocurrency

Koin Cryptocurrency Terbaik untuk Jangka Panjang

cryptocurrency-terbaik

Ajaib.co.id – Popularitas cryptocurrency beberapa tahun terakhir ini masih dianggap sebelah mata oleh banyak kalangan. Hal ini dikarenakan fluktuasi harga cryptocurrencies yang seringkali dianggap anomali. Salah satu pemicunya adalah fakta bahwa beberapa orang bisa kaya atau bangkrut mendadak setelah trading di pasar cryptocurrency.

Dengan alasan tersebut, banyak orang yang belum percaya bahwa aset kripto atau cryptocurrencies sebenarnya bisa dijadikan investasi jangka panjang. Padahal, beberapa jenis mata uang crypto sebenarnya bisa dijadikan investasi yang menguntungkan dalam beberapa tahun ke depan.

Alasan Cryptocurrencies Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

Cryptocurrencies menjadi salah satu aset investasi yang menjanjikan dalam jangka panjang dikarenakan ide tentang mata uang digital diprediksi kuat masih akan tetap ada di masa depan. Ide ini makin jelas terasa saat konsep tentang metaverse.

Namun, pemilihan aset kripto untuk investasi jangka panjang haruslah diiringi dengan kinerja fundamental yang juga kuat. Karena keunikannya, kinerja fundamental kripto tidak dilihat dari kinerja keuangannya seperti yang dilakukan pada suatu emiten untuk aset ekuitas.

Beberapa faktor yang memengaruhi kinerja fundamental kripto di antaranya adalah proyek pengembangan, tim pengembangan, komunitas, keamanan hingga whitepaper atau roadmap.

Harga cryptocurrencies memang sangat fluktuatif karena cenderung tidak stabil dan tidak mudah diprediksi sehingga disarankan untuk tidak memakai ‘uang panas’ saat berinvestasi ke aset kripto.

Harga Cryptocurrencies Fluktuatif Cocok Dijadikan Investasi?

Harga aset kripto terus mengalami pasang surut sejak akhir Januari 2022. Hal ini banyak membuat orang berpendapat kalau prospek jangka pendek dan menengah cryptocurrencies masih suram.

Dikutip dari coinmarketcap, harga bitcoin berada pada posisi USD44.159 hingga Selasa (8/2/2022) pukul 11.00 WIB, menguat sekitar 14 persen selama tujuh hari. Sementara itu, ethereum berada pada posisi USD3.148 pada waktu yang sama dengan kisaran kenaikan yang sama dengan bitcoin.

Kenaikan harga bitcoin selama satu minggu terakhir sebenarnya belum mampu meng-cover kejatuhan harga aset kripto sejak akhir Januari lalu.

Dikutip dari Kompas, analis GlobalBlock Marcus Sotiriou menyatakan bahwa merosotnya harga aset kripto disebabkan oleh respons investor terhadap rencana Bank Sentral Amerika, The Fed, untuk menaikkan suku bunga acuan di tahun ini.

Di samping itu, faktor lain yang disinyalir ikut berpengaruh terhadap jebloknya harga aset kripto adalah wacana larangan penggunaan dan penambangan kripto di Rusia. Seperti yang diketahui, wacana tersebut diusulkan oleh Bank Sentral Rusia, dengan alasan kripto dapat mengancam stabilitas keuangan, kesejahteraan warga, dan kedaulatan kebijakan moneter.

Koin Cryptocurrencies yang Cocok untuk Jangka Panjang

Ada beberapa jenis cryptocurrency terbaik yang cocok untuk dijadikan aset jangka panjang di antaranya adalah sebagai berikut:

1.    Ethereum

Ethereum adalah salah satu cryptocurrency terbaik pertama yang dapat diprogram di dunia dengan sistem kontrak pintar (smart contract) dan menjadi idaman banyak investor aset kripto jangka panjang.

Dengan kapitalisasi pasar sekitar USD302,1 miliar, ethereum menjadi aset kripto terbesar kedua setelah bitcoin dan masih memiliki prospek masa depan yang cukup bersinar.

Proyek yang kini tengah dikembangkan yakni ethereum 2.0 yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah penundaan dan tingginya biaya transaksi yang melibatkan penggunaan koin ethereum di masa mendatang.

2.    Cardano

Cardano merupakan salah satu jenis cryptocurrency terbaik yang prospektif karena diprediksi akan bersaing dengan ethereum. Cardano dianggap memiliki system desentralisasi yang menawarkan stabilitas dan kecepatan.

Dikutip dari coinmarketcap, harga cardano saat ini sudah menyentuh angka USD1.02 dengan kapitalisasi pasar sebesar USD34,35 miliar. Cardano juga menjalankan sistem kontrak pintar (smart contract) melalui pembaharian Alonzo untuk memperkuat ekosistem desentralisasinya.

3.    The Sandbox

Ketenaran The Sandbox sebenarnya murni disebabkan oleh fokusnya yang terpusat pada proyek metaverse yang sedang dikembangkan oleh Meta atau yang dulunya adalah Facebook. Banyak analis memproyeksikan keuntungan yang bisa didapatkan dengan investasi pada koin The Sandbox yang disebabkan oleh landasan virtual yang kini sudah terdesentralisasi.

Dengan memiliki koin ini, pengguna dapat membeli real estat virtual di metaversenya sendiri yang dicatat melalui token non-fungible (NFT). NFT sendiri adalah catatan digital yang disimpan di dalam blockchain dan memiliki membuat kemajuan yang mengesankan dalam beberapa bulan terakhir.

Koin yang kini saat ini menduduki posisi ke-35 aset kripto dengan kapitalisasi pasar paling besar saat ini berada di harga USD3.87. Sandbox juga menciptkan platform platform berbasis blockchain yang bertujuan agar pemain di dalamnya dapat membangun, memiliki dan memonetisasi pengalamannya dalam bermain game di metaverse.

4.    Polkadot

Polkadot dibangun oleh semangat independensi yang dapat menampung pengoperasian dengan jaringan eksternal dan memungkinkan arsitektur yang unik. Dengan begitu, polkadot bisa berbagi data dan aset dengan blockchain yang lain sehingga sangat mempermudah programmer dalam pengoperasiannya.

Pada November 2021, Polkadot melelang slot parachain pertama kepada pengembang dan pada bulan Desember, lima parachains pertama dilampirkan ke rantai relay. Ke depannya, Polkadot akan terus melelang slot parachain di masa mendatang, dengan tujuan untuk membangun ekosistem 100 parachains. Saat itu, Polkadot mengeklaim bisa mencapai kecepatan 1 juta TPS.

Dikutip dari coinmarketcap, Polkadot menduduki posisi ke-11 dari semua cryptocurrency terbaik yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar dengan kisaran sebesar USD17,4 miliar.

Aset crypto sendiri diklasifikasikan sebagai salah satu instrument yang tinggi risiko karena banyak orang yang bertransaksi aset kripto karena motif spekulasi. Nah, untuk meminimalisir hal ini lakukan diversifikasi instrumen investasi melalui penempatan pada saham, obligasi atau bahkan uang tunai untuk motif berjaga-jaga.

Untuk itu, kamu membutuhkan platform investasi seperti Ajaib sebagai sarana penempatan uang di berbagai instrument keuangan seperti saham dan reksadana. Yuk, download aplikasinya melalui Google Play dan App Store segera!

Artikel Terkait