Bisnis & Kerja Sampingan

Kiat Cerdas Menyiapkan Perencanaan Bisnis yang Efektif

Kiat Cerdas Menyiapkan Perencanaan Bisnis yang Efektif

Ajaib.co.id – Saat akan memulai bisnisnya, seorang entrepreneur akan menyiapkan sebuah perencanaan bisnis yang isinya meliputi deskripsi tentang produk dan jasa, rencana pemasaran sesuai target market, proyeksi finansial serta elemen-elemen penting lain dalam bisnis. Harapannya adalah perencanaan ini secara singkat dapat meningkatkan keyakinan dan rasa percaya para pembacanya terhadap penilaian si pemilik bisnis terhadap situasi tertentu dan bagaimana ia dapat mengidentifikasikan dan mengatasinya. Di bawah ini, Ajaib akan menjelaskan beberapa hal penting terkait perencanaan bisnis yang tepat bagi kesuksesan bisnis.

Aspek-aspek yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Rencana Bisnis atau Business Plan

a. Format presentasi yang umum dan cover yang dilengkapi dengan daftar isi.

b. Ringkasan para eksekutif; sebagai bagian terpenting yang menampilkan pengamatan eksekutif atas keseluruhan perencanaan, yang mengedepankan faktor-faktor pendorong sukses.

c. Latar belakang bisnis; menampilkan informasi khusus perusahaan tentang organisasi perusahaan, sejarah, serta produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis itu.

d. Perencanaan marketing; menampilkan analisis pasar yang dihadapi oleh bisnis, rangkaian strategi pemasaran yang akan ditempuh oleh perusahaan, dan memaparkan jadwal rinci aktivitas marketing guna mendorong penjualan.

e. Perencanaan kerja; menampilkan bagaimana masalah-masalah operasional dan manajemen akan dipecahkan, berikut perencanaan penanggulangan kemungkinan di luar dugaan.

f. Perencanaan keuangan; memaparkan kalkulasi dan informasi sejarah keuangan, serta mendemonstrasikan bagaimana bisnis ini akan mampu menghasilkan keuntungan jika asumsi perencanaan bisnis berjalan baik. Sehingga, sangat penting buat kamu untuk melampirkan laporan keuangan perusahaan yang disertai dengan analisis keuangan yang tepat.

g. Apendix’; tempat menampilkan dokumen penunjang, analisa statistik, materi pemasaran produk, resume karyawan utama, dst.

Indikator Layak atau Tidaknya Sebuah Perencanaan Bisnis

1. Sesuai dengan peruntukannya

Di mana perencanaan yang digunakan secara internal untuk mejalankan perusahaan tak perlu berbunga-bunga. Sedangkan perencanaan untuk mengundang investor harus bisa memaparkan tujuan penjualan, potensi ide, tim kerja dan pasar kepada investor. Selebihnya menampilkan tujuan tambahan, jaminan terhadap risiko, terutama aset. Perencanaan bisnis yang aspirasional adalah yang mengedepankan manajemen, bagaimana memulai dan mengembangkan bisnis.

2. Realistis dan bisa dilaksanakan

Di mana perencanaan yang bercita-cita tinggi tapi tidak mengedepankan skema nyata implementasi, bukanlah perencanaan yang layak.

3. Spesifik

Hubungan antara rencana dan hasil bisa jelas ditelusuri, dengan memuat tugas, deadline, penjadwalan, prediksi, anggaran, dan matriks. Semuanya serba terukur.

4. Secara jelas menentukan tanggung jawab dalam pelaksanaan

Di mana perencanaan harus bisa mengidentifikasikan tanggung jawab tiap orang dalam setiap tugas dan fungsi penting.

5.  Secara jelas menginformasikan asumsi

Di mana perencanaan bisnis umumnya selalu meleset. Karenanya ia harus jujur menjelaskan yang sifatnya asumtif. Jika asumsi dirubah, maka otomatis akan diperlukan penyesuaian perencanaan.

6. Dikomunikasikan kepada mereka yang akan melaksanakannya

Perencanaan dinilai dari kemajuan bisnis yang dihasilkannya atau dengan kata lain: kualitas implementasinya. Jadi, orang-orang yang bertugas melaksanakannya harus tahu dan memahami perencanaan bisnis itu.

7. Membuat orang berkomitmen

Sebuah rencana bisnis juga harus bisa membuat orang yang terkait ikut berkomitmen terhadap proses pelaksaannnya. Kamu juga harus bisa memberikan dan menginspirasi tim pelaksananya untuk bisa mencapai tujuan bersama.

8. Tetap aktual diikuti follow up

Dalam pembuatan business plan, kamu juga harus bisa memberikan data yang akurat dan aktual, serta mengikutsertakan proses perencanaan dalam bentuk tinjauan rutin dan rangkaian perbaikan.

Memulai dan menjalankan bisnis bukan sekedar status pendongkrak prestis, bukan juga hobi pengisi waktu. Membangun bisnis adalah mahakarya seorang entrepreneur sejati. Misi dan visinya diuji sejak awal. Nasib ide bisnis besarnya ditentukan mulai dari kualitas efektifitas perencanaan bisnisnya. Perencanaan yang asal-asalan menjadikan kesuksesan cuma tinggal bualan dan angan-angan! Jika kamu masih belum memiliki rencana bisnis sukses yang matang dan ingin menjadi seorang pebisnis, kamu bisa melakukan investasi saham dan menjadi bagian dari pemilik saham.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait