Keuntungan dan Kekurangan Kartu Debit yang Wajib Diketahui

kartu debit
kartu debit

Sebagai salah satu produk dari bank, kartu debit sangat membantu transaksi masyarakat Indonesia. Terlebih saat ini sedang marak cashless society atau dalam bahasa awamnya, tidak memegang uang dalam bentuk cash.

Penggunaan kartu debit untuk transaksi memang jadi primadona karena kemudahan dan kepraktisannya. Namun, bukan berarti hanya menguntungkan saja. Ada pula beberapa kerugian dari penggunaan kartu debit untuk transaksi.

Berikut penjabaran terkait keuntungan dan kerugian menggunakan kartu debit untuk transaksi.

Kelebihan

Efisien

Harus diakui, penggunaan kartu debit untuk alat transaksi bisa dibilang efisien. Sebab, kamu tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak. Cukup gesek dan bayar sesuai dengan nominal yang diinginkan. Dengan hanya satu kartu saja, kamu bisa merasakan banyak manfaat pembayaran. Selama, tempat transaksinya menyediakan mesin Electronic Data Capture atau EDC.

Mudah untuk Transaksi Besar

Sebagai pengganti uang tunai, kamu bisa belanja apapun dengan harga berapapun sesuai dengan yang kamu butuhkan. Transaksi menggunakan kartu debit tidak terbatas asal saldo yang ada masih memenuhi transaksi yang dibutuhkan.

Tidak Masuk Hutang

Saat melakukan transaksi menggunakan kartu ini, hal itu tidak termasuk dalam utang. Karena, uang yang digunakan untuk transaksi ialah uang yang kamu miliki di rekening bank.

Bisa Tarik Tunai

Kamu bsa melakukan penarikan uang tunai di mana saja asalkan tabunganmu masih ada uangnya. Tapi perlu diingat, saat melakukan penarikan tunai di ATM kamu harus waspada. Sebab, banyak terjadi pencurian atau penipuan sehingga malah uangmu hilang tak bersisa.

Kekurangan

Setelah mengetahui beberapa kelebihannya, kini akan dijelaskan kekurangannya yang jarang orang sadari.

Jarang Promo

Jangan pernah mengharapkan adanya promo saat melakukan transaksi menggunakan kartu jenis ini. Biasanya, yang banyak promo ialah kartu kredit. Maka dari itu, saat ingin mencari promo kamu gunakan kartu kredit.

Rawan Disalahgunakan

Baik kartu kredit maupun debit sama-sama sering disalahgunakan oleh oknum jika kamu tidak waspada. Sebagai contoh, kasir suatu swalayan akan menggunakan double swipe atau penggesekan ganda di komputer kasir. Tindakan itu berpotensi meng-copy data di kartu tersebut. Maka dari itu kamu harus waspada saat menggunakan kartu debit.

Hanya Bisa Digunakaan saat Saldo Mencukupi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kartu debit bisa digunakan berapapun selama saldo tabungan masih mencukupi. Maka dari itu, jika sedang tidak ada saldo satu rupiah pun di tabungan, maka sudah barang tentu kartu debitmu tidak bisa digunakan.

Transaksi Sesuai Merchant

Ini adalah kekurangan yang paling menjengkelkan dari kartu perbankan ini. Pasalnya, kamu harus bertransaksi di toko yang menggunakan mesin EDC yang sesuai dengan kartu debitmu. Jika tidak maka mau tidak mau kamu harus mencari mesin ATM yang sama. Atau jika kepepet, kamu tetap bisa bertransaksi hanya saja ada biaya tambahan yang dikenakan jika mesin EDC tidak sama dengan bank yang memberikanmu kartu debit.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan dari kartu berjenis debit yang perlu diketahui. Dengan begitu, setidaknya kamu akan lebih bijak dalam penggunaannya.

Bacaan menarik lainnya:

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait