Ketahui Risiko Reksa Dana Anda

test alt text
Tidak semua orang tahu adalah bahwa memilih investasi berdasarkan kinerja masa lalu tidak selalu baik untuk portofolio Anda. Mereka tidak mengetahui hal ini meskipun dalam prospektus atau investasi apa pun yang mengiklankan kinerja, Anda akan melihat peringatan bahwa kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa mendatang.
Investor berduyun-duyun memilih reksadana dengan pengembalian masa lalu yang tinggi, padahal, jika ada, mungkin hanya sedikit hubungan antara pengembalian masa lalu yang tinggi dan pengembalian masa depan yang tinggi. Karena biaya pengelolaan didasarkan pada jumlah aset yang diinvestasikan dalam produk reksadana mereka, perusahaan reksadana secara teratur mengiklankan pengembalian reksadana berkinerja tinggi mereka.
Studi lain menyatakan bahwa kinerja reksadana sebelumnya mungkin merupakan faktor terpenting bagi investor untuk memilih produk di antara reksadana saham. Investor reksadana mengejar pengembalian masa lalu yang tinggi. Namun studi tentang reksadana ekuitas yang dikelola secara aktif, telah menemukan sedikit bukti bahwa pengembalian masa lalu yang kuat memprediksi pengembalian masa depan yang kuat. Mengejar kinerja adalah permainan yang kurang tepat.
Terlepas dari bukti yang jelas bahwa memilih reksadana berdasarkan kinerja masa lalu, sejujurnya, adalah cara yang kurang tepat untuk memilih investasi, orang tetap melakukannya. Mengapa? Ada kebingungan yang signifikan tentang kapan kinerja masa lalu relevan dan tidak. Di bawah ini adalah tiga pedoman untuk digunakan ketika memikirkan kinerja masa lalu.
# Kinerja Masa Lalu Terkait Keahlian Manajer Investasi Tidak Relevan
Seorang manajer investasi bisa saja beruntung atau gaya investasi khusus mereka mungkin menguntungkan untuk jangka waktu yang lama. Hal itu tidak berarti itu baik untuk Anda. Bukti yang tak terbantahkan menunjukkan manajer aktif tidak efektif menghasilkan laba lebih tinggi dari indeks yang sebanding.
# Kinerja Masa Lalu Yang Terkait dengan Satu Jenis Reksadana dan Jenis Lain Tidak Relevan
Misalnya, membandingkan reksadana dengan kapitalisasi besar dengan reksadana dengan kapitalisasi kecil, atau dana real estat dengan dana pasar negara berkembang. Beberapa kelas aset bekerja dengan baik di lingkungan ekonomi tertentu dan sebagian tidak. Memilih investasi berdasarkan kinerja masa lalu dapat membuat Anda condong ke arah kelas aset yang berhasil dengan baik selama lima atau sepuluh tahun terakhir, yang mungkin bukan kelas aset yang sama dengan yang akan berhasil selama lima atau sepuluh tahun ke depan.
# Pengembalian yang Diharapkan Dari Risiko Premium Relevan dalam Jangka Panjang
Kami percaya orang membingungkan jenis kinerja masa lalu di atas dengan pengembalian yang diharapkan yang datang dari sesuatu yang disebut premi risiko.
Sebagai contoh, sebagian besar investor percaya bahwa dari waktu ke waktu saham harus mengungguli investasi yang lebih aman seperti obligasi. Kinerja masa lalu sering dikutip untuk membuktikan asumsi tersebut. Namun, bukan kinerja masa lalu yang mengarah pada ekspektasi bahwa dari waktu ke waktu saham harus memberikan pengembalian yang lebih tinggi daripada obligasi. Ini adalah sesuatu yang disebut premi risiko ekuitas.
Konsep premi risiko didasarkan pada akal sehat. Misalkan Anda dapat menempatkan 10 juta di bank lokal dan mendapatkan pengembalian bebas risiko yang aman sebesar 1%. Atau Anda dapat menginvestasikan 10 juta itu dalam bisnis teman yang terpercaya. Jika investasi dalam bisnis itu hanya diharapkan untuk membayar Anda 1% sama dengan bank, tidak akan ada alasan bagi Anda untuk melakukannya. Anda tahu bisnis itu bisa gagal, Anda juga tahu jika itu berhasil, Anda akan mendapatkan jauh lebih dari 1%.
Jika Anda melakukan investasi bisnis, Anda mengharapkan pengembalian melebihi apa yang bisa Anda dapatkan dalam investasi yang lebih aman dan Anda menerima risiko bahwa itu bisa menghasilkan lebih sedikit atau mengakibatkan kerugian. Anda melakukan investasi karena Anda mengharapkan kompensasi untuk mengambil risiko. Kompensasi itu adalah premi di balik premi risiko.
Konsep premi risiko inilah yang memberi kelas aset tertentu tingkat pengembalian yang diharapkan lebih tinggi daripada yang lain. Dan di sebagian besar kasus, diberikan waktu yang cukup untuk kelas aset berisiko untuk menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi daripada pilihan investasi yang kurang berisiko.
Pengembalian yang diharapkan dari premi risiko ekuitas adalah sesuatu yang sama sekali berbeda dari memilih reksa dana atau strategi perdagangan berdasarkan pengembalian masa lalu.
Premium risiko ekuitas adalah alat yang dapat digunakan untuk membangun portofolio investasi yang memiliki pengembalian yang diharapkan lebih tinggi dalam jangka waktu yang lama daripada opsi lain yang kurang berisiko.
Menggunakan konsep premi risiko ekuitas untuk membangun portofolio yang cerdas adalah proses yang sama sekali berbeda dari melihat daftar reksa dana dan memilih yang memiliki pengembalian tertinggi selama 1, 5, 10, atau awal periode waktu sampai saat ini.
Untuk kekayaan Anda, berhentilah berinvestasi dengan cara tidak tepat. Mulailah berinvestasi dengan cara yang cerdas. Jika Anda tidak tahu cara berinvestasi cerdas, perkerjakan seseorang untuk membantu Anda. Biaya yang dibayarkan untuk saran layak dibayar dan biaya yang dibayarkan untuk reksadana yang mengklaim dapat mengungguli pasar tidak.
Share to :
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com