Ketahui Hal Mendasar Beda Kartu Debit dan Kartu Kredit

Ajaib: Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit
Ajaib: Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Pernahkah kamu bingung apa sebeneranya beda kartu kredit dan kartu debit? Sekilas kedua kartu ini terlihat sama secara fisik, apalagi jika sudah bersisian satu sama lain. Paling tidak kedua kartu ini sama-sama memiliki nomor kartu 16 digit, tanggal kedaluwarsa, dan kode nomor identifikasi pribadi (PIN).

Fungsinya sebagai alat pembayaran juga relatif sama. Baik kartu atm debit atau kartu kredit diterima di banyak tempat yang sama dan juga menawarkan kenyamanan dengan menghilangkan kebutuhan untuk membawa uang tunai. Namun sebenarnya ada perbedaan mendasar antara penggunaan kartu debit dan kartu tunai, khususnya dari sisi keuangan pribadimu.

Beda Kartu Debit dan Kartu Debit, Fungsi dan Perlindungannya

Salah satu perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang paling mendasar mungkin berkaitan dengan sumber dananya. Jika kartu debit memungkinkan pelanggan bank untuk menghabiskan uang dengan menarik dana yang telah mereka setor di bank. Karena itu, dananya terbatas dengan saldo tabungan yang kamu simpan di rekening yang diwakili oleh kartu atm tersebut.

Sedangkan kartu kredit memungkinkan konsumen untuk meminjam uang dari penerbit kartu hingga batas tertentu untuk membeli barang atau menarik uang tunai. Sifatnya utang sehingga limit dana yang bisa kamu ambil tergantung tiap kartu tersebut. Ibaratnya bank akan memberikan dana talangan dulu yang kemudian kamu bayar setelah adanya tagihan kartu kredit, di tanggal penagihan yang disepakati.

Kamu mungkin memiliki setidaknya satu kartu kredit dan satu kartu debit di dompetmu. Kenyamanan dan perlindungan yang mereka tawarkan sulit dikalahkan, tetapi mereka memiliki perbedaan penting yang secara substansial dapat mempengaruhi dompetmu dan keuanganmu secara keseluruhan. Artikel ini akan membahas cara memilih kartu mana yang akan digunakan saat kamu perlu menggesek kartu.

# Kartu Kredit

Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan, umumnya bank, dan memungkinkan pemegang kartu untuk meminjam dana dari lembaga itu. Pemegang kartu setuju untuk membayar uang yang dipinjam kembali, dengan bunga, sesuai dengan ketentuan lembaga yang mengeluarkan.

Dikenakan iuran tahunan untuk memilikinya dan besarannya tergantung jenis kartu kredit yang kamu miliki. Kartu kredit adalah jalur kredit yang dapat kamu akses dengan kartu tersebut. Kamu akan membayar bunga atas transaksi kartu kredit yang dilakukan jika tidak lunas dalam 30 hari. Biasanya batas transaksinya ditetapkan pihak bank berdasarkan kemampuan finansial yang kamu miliki.

Transaksi kartu kredit biasanya diverifikasi dengan menunjukkan fisik kartu tersebut beserta kode PIN. Hal ini juga dilengkapi dengan kode OTP dan pemberitahuan yang dikirim ke nomor handphone atau email penggunannya sebagai keamanan. Sebelumnya transaksi kartu kredit juga bisa diverifikasi dengan tanda tangan. Namun belakangan hal ini dihapus dengan alasan kemudahan dan keamanan.

Adapun, kartu kredit diterbitkan dalam empat kategori:

  • Kartu standar yang hanya memberikan batas kredit kepada penggunanya.
  • Kartu reward yang menawarkan cash back, poin perjalanan, atau manfaat lainnya kepada pelanggan.
  • Kartu kredit secured yang memerlukan setoran tunai awal yang dipegang oleh penerbit kartu sebagai jaminan.
  • Kartu charge yang tidak memiliki batas penggunaan yang telah ditetapkan, tetapi mengharuskan kamu untuk membayar tagihanmu secara penuh semua uang yang dipergunakan untuk transaksinya selama sebulan.

Pengguna kartu kredit dapat memperoleh uang tunai, diskon, poin perjalanan, dan banyak fasilitas lainnya yang tidak tersedia untuk pemegang kartu debit dengan menggunakan kartu reward. Pengguna kartu kredit yang melunasi kartu mereka secara penuh dan tepat waktu setiap bulan dapat mengambil untung secara substansial dengan menjalankan pembelian dan tagihan bulanan mereka melalui kartu reward.

# Kartu debit

Kartu debit menawarkan kenyamanan layaknya kartu kredit tetapi bekerja dengan cara yang berbeda. Kartu debit menarik uang langsung dari jumlah saldo rekeningmu langsung saat melakukan transaksi. Kartu debit akan menahan nominal sesuai dengan jumlah transaksi. Kemudian pihak penjual akan mengirimkan transaksi ke pihak bank dan uang tersebut akan ditransfer ke rekening penjual. Kegiatan ini dahulunya bisa memakan waktu beberapa hari untuk selesai.

Namun belakangan transaksi kartu debit sudah jauh lebih cepat sehingga dalam waktu beberapa menit saja pembayarannya langsung selesai. Akses kartu debit juga semakin luas dan mudah sehingga bisa untuk melakukan pembayaran di banyak tempat tanpa adanya biaya tambahan. Penggunaannya ini juga didukung dengan tren cashless yang semakin meningkat.

# Kartu Debit vs Kartu Kredit

Kartu debit menawarkan kenyamanan yang sama tanpa mengharuskan kamu meminjam uang untuk menyelesaikan transaksi, meskipun kartu debit tidak selalu memberikan perlindungan yang sama kepada konsumen terhadap kartu kredit. Penggunaan kartu kredit punya perlindungan yang berlapis seperti PIN dan kode OTP. Sedangkan kartu debit hanya butuh kode PIN saja.

Sulit menentukan kapan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Namun kamu bisa menentukannya sesuai dengan kondisi dan pengaturan keuangan yang kamu terapkan. Hanya saja jangan asal menggunakan kartu kredit atau kartu debit karena mungkin berdampak buruk pada keuanganmu. Pastikan kamu melakukan riset untuk menentukan opsi yang tepat untuk setiap transaksi yang kamu lakukan.

# Cara Memilih Kartu yang Tepat Pada Situasi Tertentu

Jika kamu memiliki masalah pengeluaran, adalah pilihan yang lebih baik untuk menggunakan kartu debit setiap kali kamu melalukan transaksi karena hal itu akan mencegahmu jatuh ke dalam hutang dibandingkan jika menggunakan kartu kredit.

Hal tersebut juga bergantung pada pembelian. Beberapa agen penyewaan mobil dan hotel mungkin masih meminta kartu kreditmu karena mereka ingin memiliki kartu di mana mereka dapat menagih penggunanya untuk kerusakan properti mereka.

Beberapa orang pun mungkin berpendapat bahwa menggunakan kartu kredit adalah pilihan yang lebih baik karena dapat mengambil keuntungan dari program reward kartu kredit. Selain itu, ada asumsi jika kartu kredit lebih luas aksesnya hingga ke luar negeri dibandingkan kartu debit biasa.

# Lindungi Kartu Milikmu

Ada beda kartu kredit dan kartu debit namun keduanya memiliki risiko yang sama dalam hal pencurian identitas. Jika informasi kartu kredit atau debitmu telah dicuri, kamu harus segera menghubungi bank penyedianya. Kamu juga harus mengambil langkah-langkah tambahan dan memantau laporan kreditmu untuk memastikan bahwa identitasmu tidak dicuri.

Selain itu, penting untuk memeriksa laporan yang kamu dapatkan setiap bulan untuk memastikan kamu dapat mengidentifikasi semua biaya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan biaya penipuan yang dikembalikan segera. Pastikan juga untuk segera melaporkannya, karena bank membatasi lama waktu peggunanya dapat melaporkan biaya penipuan di akun.

Baik kartu debit maupun kartu kredit memiliki fungsi yang sama, keduanya membuatmu lebih nyaman dalam hal membawa uang tunai. Namun kedua kartu tersebut memiliki mekanisme yang berbeda. Pelajarilah kondisi mana yang cocok untuk menggunakan kartu debit atau kredit dan sesuaikan dengan profil keuanganmu sendiri.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait