Ketahui Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Ajaib: Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit
Ajaib: Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Pernahkah Anda bingung membedakan antara kartu kredit dan kartu debit? Sekilas kedua kartu ini terlihat sama, keduanya memiliki nomor kartu 16 digit, tanggal kedaluwarsa, dan kode nomor identifikasi pribadi (PIN). Kedua kartu ini pun diterima di banyak tempat yang sama dan juga menawarkan kenyamanan dengan menghilangkan kebutuhan untuk membawa uang tunai.

Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit memungkinkan pelanggan bank untuk menghabiskan uang dengan menarik dana yang telah mereka setor di bank. Sedangkan kartu kredit memungkinkan konsumen untuk meminjam uang dari penerbit kartu hingga batas tertentu untuk membeli barang atau menarik uang tunai.

Anda mungkin memiliki setidaknya satu kartu kredit dan satu kartu debit di dompet Anda. Kenyamanan dan perlindungan yang mereka tawarkan sulit dikalahkan, tetapi mereka memiliki perbedaan penting yang secara substansial dapat mempengaruhi dompet Anda. Artikel ini akan membahas cara memilih kartu mana yang akan digunakan saat Anda perlu menggesek kartu.

# Kartu Kredit

Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan, umumnya bank, dan memungkinkan pemegang kartu untuk meminjam dana dari lembaga itu. Pemegang kartu setuju untuk membayar uang yang dipinjam kembali, dengan bunga, sesuai dengan ketentuan lembaga yang mengeluarkan. Kartu kredit adalah jalur kredit yang dapat Anda akses dengan kartu Anda. Anda akan membayar bunga atas pembelian yang dilakukan jika tidak lunas dalam 30 hari.

Kartu kredit diterbitkan dalam empat kategori:

  • Kartu standar yang hanya memberikan batas kredit kepada penggunanya.
  • Kartu reward yang menawarkan cash back, poin perjalanan, atau manfaat lainnya kepada pelanggan.
  • Kartu kredit secured yang memerlukan setoran tunai awal yang dipegang oleh penerbit kartu sebagai jaminan.
  • Kartu charge yang tidak memiliki batas penggunaan yang telah ditetapkan, tetapi mengharuskan Anda untuk membayar tagihan Anda secara penuh semua uang yang dipergunakan untuk transaksinya selama sebulan.

Pengguna kartu kredit dapat memperoleh uang tunai, diskon, poin perjalanan, dan banyak fasilitas lainnya yang tidak tersedia untuk pemegang kartu debit dengan menggunakan kartu reward. Konsumen yang melunasi kartu mereka secara penuh dan tepat waktu setiap bulan dapat mengambil untung secara substansial dengan menjalankan pembelian dan tagihan bulanan mereka melalui kartu reward.

# Kartu debit

Kartu debit menawarkan kenyamanan layaknya kartu kredit tetapi bekerja dengan cara yang berbeda. Kartu debit menarik uang langsung dari rekening Anda saat Anda melakukan transaksi. Kartu debit akan menahan nominal sesuai dengan jumlah transaksi. Kemudian pihak penjual akan mengirimkan transaksi ke pihak bank dan uang tersebut akan ditransfer ke rekening penjual. Kegiatan ini bisa memakan waktu beberapa hari untuk selesai.

# Kartu Debit vs Kartu Kredit

Kartu debit menawarkan kenyamanan yang sama tanpa mengharuskan Anda meminjam uang untuk menyelesaikan transaksi, meskipun kartu debit tidak selalu memberikan perlindungan yang sama kepada konsumen terhadap kartu kredit. Sulit menentukan kapan menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Pastikan Anda melakukan riset untuk menentukan opsi yang tepat untuk Anda.

# Cara Memilih Kartu yang Tepat Pada Situasi Tertentu

Jika Anda memiliki masalah pengeluaran, adalah pilihan yang lebih baik untuk menggunakan kartu debet Anda setiap Anda melalukan transaksi karena hal itu akan mencegah Anda jatuh ke dalam hutang kartu kredit.

Hal tersebut juga bergantung pada pembelian. Beberapa agen penyewaan mobil dan hotel mungkin masih meminta kartu kredit Anda karena mereka ingin memiliki kartu di mana mereka dapat menagih Anda untuk kerusakan properti mereka. Beberapa orang pun mungkin berpendapat bahwa menggunakan kartu kredit adalah pilihan yang lebih baik karena dapat mengambil keuntungan dari program reward kartu kredit.

# Lindungi Kartu Anda

Baik kartu kredit dan kartu debit memiliki risiko yang sama dalam hal pencurian identitas. Jika informasi kartu kredit atau debit Anda telah dicuri, Anda harus segera menghubungi bank Anda. Anda juga harus mengambil langkah-langkah tambahan dan memantau laporan kredit Anda untuk memastikan bahwa identitas Anda tidak dicuri.

Selain itu, penting untuk memeriksa laporan Anda setiap bulan untuk memastikan Anda dapat mengidentifikasi semua biaya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan biaya penipuan yang dikembalikan segera. Pastikan juga untuk segera melaporkannya, karena bank membatasi lama waktu Anda dapat melaporkan biaya penipuan di akun.

Baik kartu debit maupun kartu kredit memiliki fungsi yang sama, keduanya membuat Anda lebih nyaman dalam hal membawa uang tunai. Namun kedua kartu tersebut memiliki mekanisme yang berbeda. Pelajarilah kondisi mana yang cocok untuk menggunakan kartu debit atau kredit dan sesuaikan dengan profil Anda sendiri.

Share to :
Tags: , , , ,
Artikel Terkait