Investor Pemula, Saham

4 Alasan Kenapa Investasi Saham Sekarang Juga

Diantara banyak tren yang terjadi di kalangan anak muda, tren untuk berinvestasi saham sendiri masih cenderung rendah dan jarang didapati. Milenial lebih suka menghabiskan uangnya untuk belanka atau sekedar menabung dibanding beli saham di pasar modal. Ibaratnya, mereka tidak tahu dan tidak menyadari alasan kenapa investasi saham seharusnya jadi jadi cara menghabiskan uangmu.

Selama ini, transaksi saham dikenal hanya sebagai aktivitas yang banyak dilakukan pebisnis kelas kakap atau berusia paruh baya. Rasanya memiliki saham sulit diwujudkan jika kamu baru berusia rentang 20-30an dan memiliki penghasilan yang fantastis. Jadi meskipun banyak kabar bahwa investasi saham mendapatkan keuntungan maksimal karena memberikan return besar banyak anak muda tetap tak bergeming.

Padahal saat ini sudah banyak program yang memudahkan anak muda untuk membeli saham yang aman dan menguntungkan. Sebut saja salah satunya gerakan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu menabung saham bertajuk Yuk Nabung Saham. Dengan program ini, anak muda diajak menyisihkan sedikit uangnya tiap bulan untuk membuka rekening saham.

Dana ini kemudian bisa digunakan untuk membeli saham pilihan sebagai aset investasi. Kamu tak perlu uang ratuan juta untuk masuk dalam pasar saham. Cukup dengan modal Rp100.000 saja sudah bisa menjadi salah satu investor pasar modal.

Jika sewaktu-waktu butuh dana darurat, kamu juga bisa menjual saham milikmu. Adapula solusi berupa membeli saham melalui fintech alias teknologi keuangan digital yang sangat ramah anak muda. Misalnya dengan investasi reksa dana saham yang dikelola oleh manajer investasi. Kamu cukup memilih aplikasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Ajaib untuk mulai berinvestasi saham.

Beragam cara bisa dilakukan selama kamu punya keinginan. Sayangnya masih banyak milenial yang tak punya keinginan untuk mulai berinvestasi saham. Banyak yang terus menunda investasi sampai usianya dirasa cukup matang. Padahal kamu sebaikanya berinvestasi sedini mungkin.

Salah satu alasa utama kenapa investasi saham harus dilakukan sekarang juga adalah karena instrumen investasi ini memberikan hasil terbaik dalam jangka panjang. Saham memberikan return terbaik jika disimpan dalam masa minimal 5 tahun. Bayangkan jika kamu investasi sekarang, paling tidak ketika masuk masa pensiun kamu sudah punya simpanan dari sedikit uang yang kamu sisihkan sekarang.

4 Alasan Kenapa Investasi Saham Tak Boleh Kamu Tunda

Ketika berbicara tentang investasi, maka generasi milenial di Indonesia berada pada taraf yang sangat mengkhawatirkan. Hampir 70% generasi milenial Indonesia tidak memiliki pengetahuan atau buta sama sekali tentang strategi investasi mereka. Ini tentunya memprihatinkan, mengingat bahwa investasi bukan hanya bisa menjadi asuransi di masa depan, namun juga bisa menjadi dana darurat untuk dipergunakan di masa sekarang.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahkan mencatat jika literasi pasar modal di Indonesia hanya mencapai 4%. Hal ini tentu kurang optimal apalagi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Jumlah investor saham juga masih sangat sedikit apabila dibandingkan dengan negara tetangga.

Sebagai salah satu bentuk investasi yang cukup populer, saham bisa menjadi langkah awal yang bisa kamu tempuh untuk setidaknya mencicipi bagaimana cara investasi bekerja serta dinamika yang terjadi di dalamnya. Memang tingkat kesulitannya cukup tinggi namun ini jelas bukan alasan kenapa investasi saham tidak kamu coba saat masih muda.

Sebagai generasi yang internet savvy, kamu jelas bisa mencari referensi sebanyak mungkina agar bisa mengambil startegi investasi yang bijak. Selain itu, ketika masih muda jelas adalah alasan tepat karena risikonya tidak sebesar ketika nanti misalnya kamu sudah lebih tua.

Uang yang kamu miliki juga lebih leluasa apabila dimabfaatkan untuk investasi saham. Selain untuk asuransi dan dana darurat, lalu alasan apa lagi yang jadi jawaban kenapa investasi saham sekarang?

1. Sebagai Bentuk Rasa Cinta Kepada Indonesia

Selain karena untuk investasi, terjun ke dunia saham atau bursa efek sekarang bisa mengharumkan nama baik Indonesia. Ini karena total kepemilikan saham yang ada di Indonesia masih didominasi oleh investor asing. Presentasenya pun tidak main-main, yaitu dikisaran perbandingan angka 60:40.

Lalu apa hubungannya dengan membantu Indonesia? Dengan kamu berinvestasi saham, maka perbandingan 60:40 untuk investor asing bisa berubah, sehingga jika skenarionya investor asing menarik saham secara tiba-tiba, ekonomi Indonesia akan baik-baik saja.

2. Keuntungan Pribadi

Dua hal utama yang bisa kamu dapatkan dari investasi saham adalah capital gain serta pembagian dividen. Apa pengertian dari kedua istilah Ini? Capital gain atau keuntungan modal adalah keuntungan yang kamu peroleh dari selisih harga beli/jual di mana harga jual lebih tinggi dari harga beli. Sementara dividen adalah bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham, yang berasal dari keuntungan perusahaan.

3. Transaksi Yang Mudah

Kamu tentunya pernah melihat beberapa adegan film Hollywood yang membahas dunia saham. Terlihat simpel, bukan? Di dunia nyata, transaksi investasi saham relatif sama mudahnya. Pilihan pertama kamu bisa menelepon pihak broker yang bertugas untuk memperjualbelikan saham

klien mereka. Namun, keberadaan internet membuat pilihan kedua relatif lebih populer, yaitu online trading yang hanya bermodalkan tetikus (mouse komputer) dan papan ketik komputer kamu.

4. Sifat Yang Cair Dan Transparan

Sifat yang transparan membuat kamu lebih nyaman ketika melakukan transaksi, karena apa yang kamu lihat sama persis dengan orang lain lihat. Ini tentunya mempermudah kamu untuk menerapkan analisis ketika melakukan permintaan dan penawaran yang ada.

Alasan-alasan di atas adalah sedikit latar belakang kenapa investasi saham harus segera kamu mulai. Pemahana ini menjadi modal penting untuk mengubah sudut pandang kamu atau mengusir ketakutan tentang bagaimana investasi dan saham bekerja. Dengan kemudahan yang diberikan, maka sudah tidak ada alasan lagi kenapa kamu tidak mulai berinvestasi dari sekarang.

Kamu bisa mengecek beberapa insight tentang dunia investasi dan sahamdi beberapa artikel yang telah kami publikasi. Selamat berinvestasi, ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait