Kenapa Investasi Saham Sekarang?

Ketika berbicara tentang investasi, maka generasi milenial di Indonesia berada pada taraf yang sangat mengkhawatirkan. Hampir 70% generasi milenial Indonesia tidak memiliki pengetahuan atau buta sama sekali tentang strategi investasi mereka. Ini tentunya memprihatinkan, mengingat bahwa investasi bukan hanya bisa menjadi asuransi di masa depan, namun juga bisa menjadi dana darurat untuk dipergunakan di masa sekarang.

Sebagai salah satu bentuk investasi yang cukup populer, bisa menjadi langkah awal yang bisa kamu tempuh untuk setidaknya mencicipi bagaimana cara investasi bekerja serta dinamika yang terjadi di dalamnya. Selain untuk asuransi dan dana darurat, lalu alasan apalagi yang mengharuskan kamu melakukan investasi saham sekarang?

Sebagai Bentuk Rasa Cinta Kepada Indonesia

Selain karena untuk investasi, terjun ke dunia saham atau bursa efek sekarang bisa mengharumkan nama baik Indonesia. Ini karena total kepemilikan saham yang ada di Indonesia masih didominasi oleh investor asing. Presentasenya pun tidak main-main, yaitu dikisaran perbandingan angka 60:40. Lalu apa hubungannya dengan membantu Indonesia? Dengan kamu berinvestasi saham, maka perbandingan 60:40 untuk investor asing bisa berubah, sehingga jika skenarionya investor asing menarik saham secara tiba-tiba, ekonomi Indonesia akan baik-baik saja.

Keuntungan Pribadi

Dua hal utama yang bisa kamu dapatkan dari investasi saham adalah capital gain serta pembagian dividen. Apa pengertian dari kedua istilah Ini? Capital gain atau keuntungan modal adalah keuntungan yang kamu peroleh dari selisih harga beli/jual di mana harga jual lebih tinggi dari harga beli. Sementara dividen adalah bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham, yang berasal dari keuntungan perusahaan.

Transaksi Yang Mudah

Kamu tentunya pernah melihat beberapa adegan film Hollywood yang membahas dunia saham. Terlihat simpel, bukan? Di dunia nyata, transaksi investasi saham relatif sama mudahnya. Pilihan pertama kamu bisa menelepon pihak broker yang bertugas untuk memperjualbelikan saham klien mereka. Namun, keberadaan internet membuat pilihan kedua relatif lebih populer, yaitu online trading yang hanya bermodalkan tetikus  (mouse komputer) dan papan ketik komputer kamu.

Sifat Yang Cair Dan Transparan

Sifat yang transparan membuat kamu lebih nyaman ketika melakukan transaksi, karena apa yang kamu lihat sama persis dengan orang lain lihat. Ini tentunya mempermudah kamu untuk menerapkan analisis ketika melakukan permintaan dan penawaran yang ada.

Alasan-alasan di atas bisa menjadi modal penting untuk mengubah sudut pandang kamu atau mengusir ketakutan tentang bagaimana investasi dan saham bekerja. Dengan kemudahan yang diberikan, maka sudah tidak ada alasan lagi kenapa kamu tidak mulai berinvestasi dari sekarang. Kamu bisa mengecek beberapa insight tentang dunia investasi dan saham di beberapa artikel yang telah kami publikasi. Selamat berinvestasi, ya!

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait