Kenapa Generasi Millennials Wajib Berinvestasi Reksa Dana?

Berinvestasi dalam reksa dana dengan bantuan penasihat keuangan online menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Berinvestasi tidak lagi hanya untuk orang kaya dan keajaiban dari bunga majemuk (compounding interest) kini telah menjadi rahasia umum.
Sebagian besar millennials di Indonesia telah tumbuh secara eksponensial dan semakin banyak pengetahuan tersedia melalui internet. Hal ini membuat sebagian besar telah menjadi proaktif dalam kondisi keuangan mereka. Ada banyak pilihan ketika berhadapan dengan investasi, beberapa contohnya adalah surat berharga bank, utang/obligasi, ekuitas/saham, real estat/properti, emas, dll.
Karena berinvestasi sekarang semuanya sudah tersedia dalam genggaman gadget Anda, reksa dana tentunya merupakan pilihan terbaik bagi orang biasa yang tidak ingin secara aktif memperhatikan tentang investasi mereka. Sebelum kita mencari lebih dalam mengapa produk investasi ini merupakan produk yang tepat, penting untuk mengetahui apa itu reksa dana terlebih dahulu.
Apa itu Reksa Dana?
Reksa dana adalah produk investasi yang mengurangi risiko bagi investor dengan melakukan diversifikasi ke berbagai macam aset investasi seperti saham, obligasi, dan deposito. Karena reksa dana dikelola oleh manajer investasi yang sudah professional dan pengalaman, bisa dikatakan investasi reksa dana merupakan produk terbaik bagi generasi millennials yang baru ingin mencoba berinvestasi.
Apa Berbagai Manfaat Reksa Dana?
Reksa Dana memiliki banyak faktor yang menjadikannya pilihan investasi yang optimal:
# Risiko Rendah Melalui Diversifikasi
Pertama dan terpenting, reksa dana menawarkan diversifikasi portofolio yang lebih tinggi daripada opsi investasi lainnya. Ini adalah kunci semua investor berapa pun skala investasinya. Diversifikasi adalah alat penyeimbang yang meminimalkan risiko bagi investor, sementara pada saat yang sama meningkatkan ROI. Ini berarti memiliki serangkaian risiko rendah hingga sekuritas berisiko tinggi atau membeli saham dari berbagai sektor ekonomi seperti ritel dan industri untuk saling mengimbangi. Ini secara efektif memberikan dampak positif bagi setiap elemen portofolio Anda pada total investasi Anda.
# Mudah Untuk Memulai
Banyak kegelisahan seputar investasi dan itu bisa menjadi pengalaman luar biasa dalam menyortir banyaknya informasi yang tersedia. Mereka yang kurang memiliki pengetahuan, pengalaman, atau waktu dapat dengan mudah menggunakan manajer investasi. Keahlian mereka mengurangi kecemasan dan risiko yang paling utama bagi investor. Seseorang tidak lagi perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar untuk mendapatkan hasil investasi yang berlimpah.
# Tidak Diperlukan Jumlah Uang yang Besar
Dalam hal investasi seperti real estat atau emas, sejumlah besar uang awal merupakan prasyarat, dan oleh karena itu untuk waktu yang lama investasi tidak dapat diakses oleh kalangan anak muda ataupun millennials. Hal tersebut tentu tidak berlaku untuk Reksa Dana, di mana dana minimum yang diperlukan tidak sebesar itu, cukup dengan 10,000 Rupiah saja Anda sudah dapat memulai. Karena jumlah minimal inilah pada akhirnya dana kelolaan akan bertambah dari waktu ke waktu, dan hal ini merupakan keuntungan bagi mereka yang mulai sejak dini.
# Pengembalian Investasi Lebih Dapat Diprediksi
Kinerja historis Reksa Dana dapat diakses oleh siapa saja. Kinerja reksa dana saham terbaik dapat dilihat, dianalisis, dan diprediksi. Konsistensi mereka dapat diukur selama periode dengan kondisi pasar buruk, selama inflasi dll dan dipilih dengan tepat. Oleh karena itu Reksa Dana memiliki potensi pengembalian yang lebih tinggi dan paling cocok untuk mereka yang memiliki toleransi risiko yang lebih rendah.
Dengan mempercayakan manajer investasi untuk mengelola uang Anda, Reksa Dana sangat efektif, berisiko rendah, opsi investasi pengembalian tinggi yang harus dipertimbangkan kebanyakan orang terutama generasi millennials!
Share to :
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com