Kehadiran Procurement Adalah Penting, Ini Alasannya

procurement adalah
procurement adalah

Procurement adalah kegiatan mencari dan membeli barang atau jasa untuk keperluan usaha. Dalam praktiknya, tindakan pengadaan atau pembelian harus melakukan negosiasi dan mengadakan tender.

Proses ini biasanya dilakukan oleh karyawan pada divisi pembelian. Divisi tersebut ada di mana-mana, seperti perusahaan konstruksi, perusahaan pertambangan, industri consumer goods, hingga perusahaan startup. Meski demikian tak ada sekolah atau mata kuliah khusus mengenai pengadaan barang atau jasa ini. Karena pembahasan procurement ada dalam ilmu Supply Chain Management (SCM).

Profesi Procurement

Procurement mungkin tidak sepopuler profesi Data Analyst atau Back-end Developer. Namun profesi ini sangat penting dalam kategori perusahaan di atas. Pasalnya, karyawan pengadaan ini akan membantu kebutuhan divisi lain dalam menjalankan kegiatan perusahaan.

Mengingat tak ada jurusan tentang pengadaan barang atau jasa ini, perusahaan yang membutuhkan tenaga ini memiliki kualifikasi pendidikan lulusan D3 atau S1 semua jurusan, menguasai Microsoft Office, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Kalau kamu baru saja lulus dan punya kualifikasi di atas, tak ada salahnya menjajal profesi ini. Karena procurement merupakan profesi menjanjikan, terlebih dengan perkembangan teknologi seperti saat ini. Sebagai pemula, kamu akan belajar banyak hal dan dapat mengikuti workshop dan sertifikasi SCM.

Lingkup Kerja

Pekerjaan procurement tidak berjalan sendiri. Lingkup kerja divisi pembelian pasti melibatkan divisi lain. Lingkup kerja procurement antara lain mengindentifikasi kebutuhan barang dan/atau jasa divisi lain, survei dan mencari pemasok potensial, membuat daftar vendor yang disetujui, menghubungi vendor yang tepat, negosiasi harga, membuat form, membayar barang dan/atau jasa yang dibeli, dan kegiatan yang menyertainya.

Memang, lingkup kerja procurement cukup banyak. Namun sebagai karyawan pemula, kamu bisa banyak belajar tentang procurement, serta menambah ilmu lain yang berhubungan dengan pembelian. Bukan tak mungkin kamu akan menjadi Head of Procurement dan menguasai dunia Supply Chain Manager.

Menguasai Keterampilan

Setiap profesi menuntut kemampuan tertentu. Hal itu juga berlaku pada procurement. Sebagai pegawai pemula yang terjun di bidang procurement, kamu punya waktu untuk belajar sekaligus menguasai keterampilan yang dibutuhkan. Keterampilan tersebut adalah mampu berkomunikasi dengan baik (lisan dan tulisan), jago negoisasi terutama soal menentukan harga beli, dapat menganalisis pra dan pasca melakukan pembelian, dan detail terhadap permintaan pembelian hingga barang datang.

Keterampilan lain yang tak kalah penting adalah time management, serta memiliki hubungan baik dengan pemasok atau vendor. Perlakukan mereka secara profesional ketika berbisnis dan kekeluargaan saat berada di luar. Namun keterampilan tersebut tak ada artinya, jika tidak diimbangi dengan integritas dan disiplin.

Selain procurement, ada pula divisi purchasing dan sourcing. Purchasing adalah proses memperoleh produk dan/jasa guna melancarkan kegiatan bisnis. Sedangkan sourcing adalah menyediakan produk dan/jasa utama yang dibutuhkan untuk menopang usaha berjalan lancar. Meski demikian tak semua perusahaan memiliki procurement, purchasing, dan sourcing. Walaupun lingkup kerjanya mirip satu sama lain, tergantung kebijakan perusahaan.

Jangan ragu untuk melakoni profesi ini. Seorang procurement adalah karyawan profesional yang berperan dalam memajukan perusahaan dan mampu beradaptasi terhadap hal baru termasuk perkembangan teknologi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait