Kapan Harus Pindah Tempat Kerja Untuk Memaksimalkan Penghasilan?

Dibandingkan dengan orang tua kita yang biasanya tetap dalam pekerjaan sepanjang hidup mereka, generasi milenial cenderung terus berpindah-pindah. Data menunjukkan bahwa berganti pekerjaan pada waktu yang tepat bisa menjadi langkah cerdas di mana pun Anda berada dalam karir.
 
Terkadang meninggalkan pekerjaan sebelum Anda mencapai batas 18 bulan dipandang tidak terlalu baik. Jadi Anda mungkin harus bertahan lebih lama dari itu jika Anda tidak ingin dilihat sebagai karyawan yang berubah-ubah. Tetapi selain jangka waktu yang, ada faktor-faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum meninggalkan pekerjaan Anda saat ini. Berikut adalah daftar cara mengatur waktu untuk mengganti pekerjaan Anda untuk memaksimalkan penghasilan Anda.
 
# Saat Kenaikan Gaji Cukup Tinggi
 
Sebelum Anda mulai menulis surat pengunduran Anda, pastikan pekerjaan yang Anda akan ambil akan meningkatkan gaji Anda cukup signifikan untuk membuatnya layak untuk diambil pada situasi kerja yang sama sekali baru untuk Anda. Beberapa pakar menyarankan untuk tidak mengganti pekerjaan kecuali Anda mendapat peningkatan 30 persen. Tapi persentase ini tidak bisa ditetapkan pada setiap pekerjaan.
 
Tiga faktor utama yang digunakan perusahaan dalam menentukan tawaran pekerjaan dan membayar kenaikan adalah: Berapa banyak pendapatan yang Anda dapatkan saat ini? Berapa rata-rata pendapatan pasaran dari pekerjaan yang sama? Bagaimana performa Anda dalam wawancara?
 
# Saat Pasar Menunjukkan Anda Dibayar Rendah
 
Meskipun Anda telah puas dengan pendapatan Anda saat ini, selama beberapa tahun terakhir pasar mungkin telah berubah tanpa Anda sadari. Karyawan yang telah berada di posisi yang sama selama 10 tahun memang mendapatkan kenaikan tahunan, tetapi mereka tidak mengetahui bahwa seseorang yang baru lulus dari perguruan tinggi bisa mendapatkan gaji lebih banyak daripada mereka.
 
Itu sebabnya penting untuk melacak apa yang terjadi di pasar. Jika Anda dibayar kurang, mungkin saatnya membawa bakat Anda ke tempat lain. Gunakan situs-situs untuk melihat berapa gaji pasaran di tingkat pekerjaan Anda. Lalu, ketika tiba saatnya untuk melakukan negosiasi, Anda sudah dibekali dengan data tentang berapa banyak Anda ingin digaji.
 
# Saat Anda Dapat Mengumpulkan Grafik Keberhasilan
 
Tentu, Anda dapat berbicara tentang bagaimana Anda membantu perusahaan Anda saat ini menumbuhkan laba, tetapi menunjukkan hasilnya dapat memiliki efek yang jauh lebih kuat pada gaji yang ditawarkan kepada Anda. Jika Anda dapat mengukur pencapaian Anda, Anda akan berada pada posisi yang lebih baik untuk benar-benar melobi untuk kenaikan gaji.
 
Perusahaan berasumsi jika Anda bisa melakukan sesuatu sekali, Anda bisa melakukannya lagi. Dengan menunjukkan kepada calon atasan bagaimana Anda menciptakan nilai kepada perusahaannya, mereka bisa mengimbangi biaya gaji Anda dan Anda akan menempatkan diri Anda pada posisi untuk dapat meminta dan mendapatkan lebih banyak uang.
 
# Ketika Anda Sudah Mendapatkan Bonus Anda
 
Jika perusahaan Anda memberikan bonus setahun sekali di bulan Februari, pergi di bulan Januari berarti Anda akan kehilangan bonus tersebut. Kecuali jika kenaikan gaji Anda akan secara signifikan lebih besar dari bonus Anda, masuk akal untuk bertahan di posisi Anda saat ini sampai setelah bonus Anda turun.
 
# Saat Anda Berhasil Mendapatkan Promosi
 
Lamar pekerjaan Anda saat Anda sudah mendapatkan promosi. Anda akan mendapatkan tawaran baru berdasarkan dari gaji promosi Anda. Tetapi bersiaplah untuk menjelaskan mengapa Anda pergi setelah mendapatkan promosi karena kesetiaan Anda akan ditanyakan. Banyak penjelasan yang bisa dilakukan, misalnya Anda merasa Anda tidak bisa tumbuh lagi. Tetapi pastikan Anda bisa memastikan bahwa pewawancara akan mempercayai Anda.
 
Pikirkan waktunya tepat untuk mulai mencari padang rumput yang lebih hijau (dan bayaran yang lebih baik. Lihat pekerjaan apa yang tersedia sekarang yang dapat membantu Anda mengambil langkah berikutnya. Sebelum Anda memutuskan untuk segera pindah, periksalah daftar di bawah ini untuk memastikan kelancaran perpindahan Anda.
 
# Jangan Mengundurkan Diri Sampai Anda Mendapat Surat Tertulis
 
Jangan mengajukan pengunduran diri Anda, kecuali jika Anda mendapatkan konfirmasi tertulis bersama dengan soft copy surat penawaran yang sebenarnya. Meski begitu, mundur hanya jika Anda memutuskan untuk menerimanya. Konfirmasi tertulis akan memungkinkan Anda untuk keluar dengan risiko minimal.
 
# Berpisah Dengan Baik
 
Meninggalkan perusahaan dalam kondisi tidak baik dapat menjadi bencana bagi karier Anda. Cobalah untuk berpisah dengan atasan Anda dengan kondisi yang menyenangkan. Persiapkan dokumen serah terima resmi untuk karyawan baru yang akan menggantikan Anda. Tetap di sana sampai orang baru cukup terlatih, bahkan jika itu berarti memperpanjang periode pindah Anda satu atau dua minggu.
 
# Pahami Kompensasi Baru Anda Sepenuhnya
 
Di atas kertas, Anda mungkin melihat kompensasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan gaji Anda saat ini. Namun kenyataannya, gaji Anda mungkin jauh lebih sedikit. Perusahaan yang berbeda memiliki cara yang berbeda dalam menghitung benefit. Sementara beberapa perusahaan menghitung semua biaya yang terkait dengan mempertahankan Anda, termasuk tunjangan seperti asuransi kesehatan atau kontribusi dari bonus. Perusahaan baru Anda mungkin tidak memberikan tunjangan sebanyak perusahaan lama Anda. Pahami semua potongan dan gaji aktual yang akan Anda dapatkan sebelum menerima tawaran.
 
# Pertahankan Kebiasaan Menabung
 
Terlepas dari kenaikan yang Anda dapatkan, tabungan bulanan Anda harus tetap sebagai persentase dari total gaji. Jika Anda belum melakukannya sampai sekarang, buat dana darurat terlebih dahulu. Jika Anda menyimpan 30% dari gaji Rp 10 juta saat ini per bulan, dan gaji bulanan baru Anda adalah Rp 20 juta, Anda harus berakhir dengan menghemat Rp 6 juta dari pada 3 juta.
 
Mengganti tempat Anda bekerja bisa menjadi salah satu batu loncatan untuk gaji Anda. Tetapi, sebelum Anda terburu-buru memutuskan untuk pindah, perhatikan kembali hal-hal di atas agar Anda yakin bahwa pekerjaan baru Anda sesuai dengan keputusan Anda untuk pindah ke lingkungan yang sama sekali baru.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait