Jual-Beli Bitcoin di Indonesia Sudah Legal, Begini Aturannya

cara daftar vip bitcoin indonesia

Sejak muncul pada 2009, bitcoin hingga saat ini masih tetap populer, begitu pula di Indonesia. Hal itu disebabkan nilai tukarnya yang fluktuatif, dan harganya juga selalu meningkat setiap tahunnya.

Nilai bitcoin juga pernah meroket, dan mengalahkan nilai emas pada saat itu. Kehadiran mata uang virtual (bitcoin) di Indonesia, memang sudah disetujui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas (Bappebti).

Namun, Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih melarang penggunaan mata uang kripto sebagai alat pembayaran di Indonesia. Uang digital ini bukan termasuk golongan produk keuangan.

Mengenal Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang hanya hadir di dunia maya. Selain bitcoin, ada juga ethereum, ripple, litecoin, dogecoin, mrai, dan lainnya.

Harga bitcoin pernah mencapai lebih dari Rp266.000.000 per keping dalam kurun waktu empat tahun. Pada 2010, harga bitcoin dipatok sebesar Rp451 per kepingnya.

Dengan nilai mata uangnya yang tinggi, tentunya banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi bitcoin.

Bitcoin Sudah Legal di Indonesia

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Bappebti telah memberikan kepastian hukum mengenai bitcoin di Indonesia.

Dengan begitu, kamu bisa melakukan transaksi jual-beli bitcoin dan emas digital secara resmi di Indonesia. Transaksi tersebut harus dilakukan di bursa berjangka yang ada di Indonesia.

Sebagai informasi, bursa berjangka merupakan tempat jual-beli kontrak berjangka komoditi yang harganya sudah disepakati. Artinya, bitcoin dan mata uang digital lainnya dikategorikan sebagai komoditas.

Bappebti mengeluarkan empat peraturan yang melegalkan perdagangan bitcoin dan emas digital di Indonesia, yaitu:

  • Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.
  • Peraturan Bappepti No 3 Tahun 2019 tentang Komoditi yang Dapat Dijadikan Subjek Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah atau Kontrak Derivatif Lainnya yang Diperdagangkan di Bursa Berjangka.
  • Peraturan Bappepti No 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.
  • Peraturan Bappepti No 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka

Empat aturan tersebut merupakan bentuk tindakan dari Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Perdagangan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.

Peraturan tersebut dibuat agar bisa memberikan ruang untuk mengembangkan usaha inovasi komoditas digital, sektor digital, dan memberikan kepastian serta perlindungan hukum bagi masyarakat, dan lainnya.

Selain itu, aturan ini juga membahas tentang ketentuan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terhadap terorisme.

Kelebihan Bitcoin

  1. Transaksi bitcoin dapat dilakukan di lintas wilayah dan benua. Tidak terikat aturan perbankan dan negara.
  2. Layanan transaksi dengan biaya yang rendah.
  3. Aman dan efisien. Modus penipuan dan pemalsuan uang tidak akan dialami oleh pengguna.
  4. Transparan. Seluruh informasi mengenai bitcoin bisa dilihat oleh semua pengguna.
  5. Tidak terkena inflasi.
  6. Tidak harus menyertakan identitas pribadi.

Kelemahan Bitcoin

  1. Kehadiran bitcoin sebagai alat pembayaran masih belum bisa diterima.
  2. Nilainya fluktuatif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu jumlah bitcoin yang tersebar, jumlah penggunanya lebih sedikit dibanding trader, berita, hingga peretasan.
  3. Software bitcoin belum bisa digunakan, sehingga bisa mengalami perubahan.
  4. Menjadi peluang bagi pelaku kejahatan atau orang yang tidak ingin membayar pajak.
  5. Mudah hilang akibat kesalahan manusia (human error), seperti hard disk tempat menyimpan bitcoin.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait