Jenis dan Cara Membuat Portofolio Adalah Seperti Ini

portofolio adalah
portofolio adalah

Portofolio adalah sebuah bentuk lampiran yang kerap kali diminta oleh perusahaan saat kamu melamar kerja dalam sebuah perusahaan atau instansi. Lampiran ini dibuat untuk memberikan pertimbangan kepada perusahaan perekrut terkait dengan kapasitas, kualifikasi dan kemampuan yang kamu miliki.

Pada dasarnya portofolio berbeda dengan curriculum vitae (cv) atau daftar riwayat hidup dimana kebanyakan orang suka menyalah artikan. Portofolio lebih berkaitan kepada posisi pekerjaan yang kamu bidik dalam perusahaan, dimana dalam portofolio akan tercantum hasil karya yang pernah kamu buat. Jenis portofolio juga dibedakan menjadi dua jenis, yakni portofolio lamaran kerja dan portofolio desain.

Portofolio Lamaran Kerja

Ketika Bersinggungan dengan lamaran kerja, portofolio adalah salah satu yang banyak dilampirkan dalam proses seleksi lamaran kerja. Perusahaan akan meminta portofolio kamu untuk menambah penilaian perusahaan akan skill kamu. Portofolio lamaran kerja, umumnya berisikan data diri secara singkat, pendidikan, penghargaan, pengalaman kerja dan tujuan kamu melamar ke perusahaan.

Untuk beberapa bidang, kamu ingin melamar kerja sebagai seoran penulis, maka dalam portofolio, kamu bisa menuliskan beberapa contoh tulisan kamu yang paling membanggakan atau mendapat penghargaan, pujian dan lain sebagainya.

Portofolio Desain

Dalam portofolio desain, kamu bisa menambahkan lampiran desai yang pernah kamu buat. Portofolio desain juga tidak memiliki aturan penulisan yang baku dan lebih kepada bentuk kreatif kamu. Portofolio desain umumnya digunakan bagi kamu yang melamar pekerjaan di bidang seni seperti desain grafis atau animator.

Dalam portofolio yang kamu buat, hasil desain yang pernah dipublish atau menjadi kebanggaan dalam perjalanan karir kamu, bisa ditampilkan dalam portofolio kamu. Tatalah beberapa bentuk hasil desain kamu semenarik mungkin dalam satu portofolio untuk menarik minat perusahaan terhadap kamu.

Nah, selanjutnya kamu bisa mulai membuat portofolio. Jika kamu masih bingung, bagian dalam portofolio adalah seperti ini.

Membuat Daftar Isi

Portofolio tak ubahnya seperti dokumen yang berisikan pencapaian dan prestasi yang pernah kamu raih. Maka dari itu, dalam membuat daftar isi portofolio, kamu perlu mempermudah perusahaan secara sistematis dalam melihat karya-karya yang pernah kamu buat. Daftar isi akan memudahkan perusahaan dalam medapatkan informasi kamu dengan mudah.

Melampirkan CV atau Resume

Meskipun merupakan sebuah hal yang berbeda, namun jika kamu diminta untuk melampirkan portofolio, maka kamu perlu mencantukan daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (cv) dalam portofolio kamu. Hal ini dilakukan agar perekrut dapat lebih mudah melihat resume kamu sembari melihat hasil karya yang pernah kamu buat.

Menuliskan Motivasi, Tujuan dan Pencapaian

Salah satu hal terpenting dalam pembuatan portofolio adalah dengan menuliskan tujuan dan pencapaian. Tujuan dan pencapaian sangat penting agar perusahaan mengetahui visi dan misi karyawannya kedepan. Dalam penulisan tujuan, akan dibagi dua yakni tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang.

Menuliskan Keterampilan dan Pengalaman

Keterampilan dan pengalaman adalah hal yang teramat penting karena dari apa yang kamu tulis perusahaan bisa mempertimbangkan apakah kamu merupakan kandidat yang sesuai dan cocok untuk perusahaan atau tidak.

Dalam menuliskan keterampilan dan pengalaman, kamu dapat menambahkan keunggulan kamu dalam pekerjaan untuk lebih meyakinkan perusahaan. Misalkan keahlian desain apa saja yang kamu miliki.

Contoh Hasil Karya, Pencapaian dan Penghargaan

Dalam portofolio hasil karya yang kamu cantumkan adlaah hasil karya yang menurut kamu merupakan yang terbaik selama kamu menjalani karir. Selain itu, tuliskan pencapaian kamu selama bekerja sebelumnya ataupun penghargaan yang kamu dapatkan karena prestasi kamu. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait