Jangan Salah Ambil, Ini 5 Rekomendasi Jurusan Kuliah IPA

jurusan kuliah ipa
jurusan kuliah ipa

Memilih jurusan perguruan tinggi usai lulus dari SMA adalah hal penting, jangan sampai kamu salah memilih jurusan perguruan tinggi yang tidak sesuai dengan bakat dan minat kamu, sehingga terhambat ditengah jalan. Bagi kamu yang ingin memilih jurusan kuliah IPA, beberapa jurusan di perguruan tinggi dalam disiplin ilmu sains bisa kamu ambil, namun tidak menutup kemungkinan jika kamu ingin mengambil jurusan lain yang tidak berkaitan dengan IPA.

Jika kamu penasaran, simak 5 rekomendasi jurusan kuliah IPA yang bisa kamu ambil untuk melanjutkan studi kamu, antara lain :

Jurusan MIPA (Matematika dan IPA)

Jika kamu jago dalam berhitung dan ingin mengambil jurusan kuliah IPA, maka fakultas MIPA bisa kamu jadikan referensi. MIPA memiliki pembagian jurusan lagi, yakni ilmu matematika, ilmu kimia, ilmu fisika dan ilmu biologi. Umumnya lulusan fakultas MIPA memiliki peluang besar menajdi seorang guru atau pengajar, pertambangan dan perminyakan untuk tingkat sarjana. Untuk tingkat magister kamu akan berkesempatan menjadi seorang ilmuan atau dosen.

Teknik Sipil

Jurusan teknik sipil tidak jauh dengan jurusan kuliah IPA, dimana teknik sipil juga mengedepankan perhitungan yang super teliti. Teknik sipil umumnya akan mempelajari ragam teknik rancang bangungan dan ditargetkan menjadi seorang arsitek.

Oleh sebab itu, perhitungan yang matang akan sangat dibutuhkan karena kelak ini akan berkaitan dengan bangunan yang menaungi banyak orang. Prospek kerja seorang sarjana teknik sipil adalah menjadi seorang civil engineer, kontraktor dan arsitek.

Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Teknik Industri

Teknik elektro juga merupakan satu dari sekian banyak jurusan kuliah IPA yang bisa kamu ambil untuk melanjutkan studi kamu. Disiplin ilmu yang akan kamu pelajari dalam jurusan teknik elektro adalah elektronika, sehingga jika kamu tamat nanti umumnya kamu akan menjalani profesi seperti operator / vendor teknisi, sistem kelistrikan bangunan dan sistem telekomunikasi.

Sedangkan untuk teknik mesin, akan mempelajari disiplin ilmu yang berkaitan dengan mesin atau motor, misalkan saja kecerdasan buatan. Selanjutnya tamatan teknik mesin akan berprofesi sebagai mechanical engineering, perancang kecerdasan rovotic dan lain sebagainya.

Teknik Industri akan mempelajari berbagai macam pengolahan industri, misalkan saja pengolahan limbah atau pengolahan industri budiaya kelapa sawit. Umumnya tamatan teknik industri akan bekerja di pengolahan-pengolahan industri pabrik, manufaktur, makanan dan minuman.

Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Jurusan kuliah IPA selanjutnya adalah ilmu computer dan teknik informatika. Dua jurusan ini memiliki banyak peluang di dunia kerja. Apalagi saat ini perkembangan dan inovasi teknologi tiada hentinya. Bagi tamatan ilmu computer dan teknik informatika memiliki peluang untuk berkarir di bidang IT, Maintenance, Web Developer dan lain sebagainya.

Jurusan Kedokteran dan Farmasi

Jurusan Kuliah IPA selanjutnya adalah jurusan kedokteran, meskipun merupakan jurusan perkuliahan yang prestigious, namun ujian masuk jurusan kedokteran tidak semudah yang kamu bayangkan biaya perkuliahannya juga tidak murah. Namun dibalik itu semua ada tujuan mulia yang ingin dicapai seorang dokter. Untuk tamatan kedokteran tingkat sarjana akan berprofesi sebafai dokter umum, sedangkan untuk melanjutkan tingkat magister maka ada beberapa jurusan yang bisa diambil seperti dokter anak, dokter kandungan, dokter ascetic dan lain sebagainya.

Nah, untuk jurusan farmasi sudah pastilah kamu akan berbaur dengan ragam bahan kimia di laboratorium untuk meracik sebuah obat. Lulusan jurusan farmasi akan berkerir dibidang apoteker, pekerja di pabrik obat atau meracik obat pesanan dokter.  


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait