Jangan Disepelekan, Ini Peran Teamwork dalam Bisnis

peran teamwork
peran teamwork

Dalam bisnis, peran teamwork sangatlah penting dan bahkan bisa dikatakan maju atau tidaknya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh teamwork yang ada di dalamnya. Semakin baik teamwork yang terbentuk maka akan semakin luas juga peluang sukses yang dimiliki perusahaan tersebut.

Begitupun sebaliknya. Meskipun begitu, membentuk teamwork yang baik bukanlah perkara mudah karena tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena kuncinya terletak pada kepercayaan antar anggota tim.

Seperti hubungan lainnya, apabila kepercayaan sudah terbentuk maka kolaborasi yang terjalin pasti akan semakin kuat. Selain itu harus menyatukan berbagai macam sifat dan karakter dari setiap individu yang berbeda agar menjadi satu tujuan yang sama.

Oleh sebab itu tidak jarang juga pemimpin perusahaan sering mengadakan gathering bersama untuk meningkatkan dan mengakrabkan antar personal karyawan agar kerjasama terjalin. Tapi sebenarnya apa sih peran teamwork untuk perusahaan?

Meningkatkan Efisiensi Kerja

Sebuah tim tentu saja harus memahami target dalam kelompok dan memiliki satu visi yang sama ketika bekerja. Jika itu sudah tercipta maka dapat terjalin kerja sama yang baik sehingga efisiensi kerja meningkat.

Setiap individu juga akan menjalankan fungsinya secara bersamaan sesuai dengan tanggung jawab yang ditujukan pada masing-masing orang sehingga pekerjaan yang dapat lebih cepat untuk diselesaikan.

Banyak Ide Kreatif

Masing-masing orang di dalam tim tentu saja memiliki berbagai macam pemikiran yang berbeda dan bahkan dari background yang berbeda pula. Sehingga kamu dan teman-teman satu tim kamu akan saling berkomunikasi untuk bertukar pikiran dan kreativitas akan terbangun karena terdapat diskusi untuk membahas berbagai macam ide-ide yang menarik.

Kamu bisa menemukan ide-ide yang terbaik, paling kreatif dan tentu saja inovatif sehigga akhirnya dapat mencptakan solusi yang tepat secara bersama-sama.

Beban Kerja Berkurang

Bekerja dalam tim tentu saja melakukan pekerjaan secara bersama-sama. Suatu pekerjaan jika dikerjakan secara bersama-sama hasilnya akan lebih terasa mudah. Meskipun, setiap orang memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing sesuai yang sudah diperintahkan atasan.

Namun, ketika bekerja di dalam teamwork maka semua anggota tim akan saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama.

Kamu juga bisa membagikan beban kerja kamu dan memberikan bantuanmu pada anggota tim lainnya. Kesampingkan kepentingan pribadi untuk kepentingan bersama agar visi tercapai. Terlebih jika sedang berada di masa sulit, adanya teamwork membuatmu merasa tidak sendirian. Karena akan ada rasa mengandalkan satu sama lain dan saling menguatkan.

Kamu tidak perlu merasa kewalahan dalam menyelesaikan pekerjaan. Kamu juga bisa mengambil keputusan yang benar di saat stress melanda dan tidak perlu khawatir karena akan ada orang yang selalu bisa diajak berdiskusi bersama mengatasi masalah.

Memberikan Benefit Kepada Perusahaan

Kolaborasi tim yang baik tentu saja akan memberikan benefit dan manfaat positif bagi perusahaan. Kerjasama tim yang baik akan meningkatkan produktivitas kerja. Karena, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipai dalam pekerjaan sesuai dengan keteramilannya.

Selain itu sebuah proyek yang dikerjakan secara bersama-sama juga akan lebih cepat selesai. Target perusahaan akan cepat tercapai sehingga berdampak pada kemajuan perusahaan.

Setelah mengetahui peran teamwork dalam sebuah bisnis dan perusahaan, tentu saja kamu juga harus mengetahui bagaimana caranya untuk membangun teamwork yang baik. Dimulai dari menyatukan tujuan yang ingin dicapai, menumbuhkan kebersamaan dan kepercayaan dalam tim, meningkatkan rasa empati, saling berbagi cerita, hingga melakukan perbaikan dan evaluasi secara berkala.

Tentu saja dalam teamwork harus ada pihak yang bersedia untuk memulai sesuatu duluan atau berinisiatif. Kamu bisa loh menjadi pihak tersebut dengan melakukan komunikasi yang transparan.

Sehingga karyawan lain dalam tim pun pelan-pelan merasa ringan dan santai ketika menyampaikan pendapat atau masukkan untuk kemajuan tim kamu.

Selain itu komunikasi yang transparan juga didukung dengan adanya sistem manajemen yang baik. Sehingga tim kamu akan kompak dan sehati agar mencapai sebuah tujuan yang sama.

Menghindari ego dan saling menghargai kepentingan bersama juga penting. Agar semua pekerjaan dapat selesai dengan maksimal dalam waktu yang cepat dan sesuai dengan harapan yaitu memenuhi target perusahaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait