Investor Agresif Adalah Pengambil Investasi High Risk High Return

Agresif Adalah
Agresif Adalah

Jika anda memiliki profil risiko agresif dalam melakukan investasi reksa dana, maka ada beberapa reksa dana yang sangat sesuai dengan tipe profil Anda. Selanjutnya seorang investor agresif adalah seseorang yang harus memahami bahwa investasi reksa dana jenis agresif adalah reksa dana yang memiliki nilai risiko tertinggi atau disebut dengan ‘high risk high return’. Ini bisa diartikan, dengan risiko yang tinggi investor agresif berpeluang untuk mendapatkan return (imbal balik) yang tinggi pula.

Reksa dana saham merupakan reksa dana yang melakukan investasi paling kecil 80 persen dari nilai aktiva dalam bentuk efek yang bersifat ekuitas. Karena bentuk investasinya dilakukan pada saham, maka risikonya lebih tinggi dari jenis reksa dana lainnya.

Seorang investor agresif adalah investor yang melakukan investasi reksa dana saham sebagian besar memiliki manajer investasi yang akan memberikan saran-saran untuk jangka waktu tidak kurang dari 5 tahun. Adapun tiga produk reksa dana saham yang memberi return tertinggi dalam jangka waktu 5 tahun terakhir antara lain :

1.   Sucorinvest Equity Fund

Sucorinvest Equity Fund merupakan reksa dana saham pemberi return tertinggi sepanjang 5 tahun terakhir di mana persentase imbal hasil yang diperoleh adalah 108,04 persen yang sangat cocok bagi Anda pemilik profil risiko agresif. Produk saham ini merupakan milik PT Sucorinvest Asset Management melantai di bursa efek pada tahun 2012. Hingga saat ini, Sucorinvest Equity Fund membukukan pengelolaan dana atau Asset Under Management (AUM) sebesar Rp974,28 miliar.

Sucorinvest Equity Fund mempunyai tujuan untuk mengoptimalisasikan nilai keuntungan dalam tenor yang cukup panjang dengan minimum 60 persen investasi saham dari seluruh ekuitas yang diinvestasikan di saham LQ 45.

Kebijakan investasi untuk Sucorinvest Equity Fund adalah 80 persen dalam ekuitas, 60 persen saham-saham LQ45, dan instrument pasar uang sebanyak 30 persen.

Untuk portofolio investasi Sucorinvest Equity Fund unggulan dalam lima tahun adalah :

a.   PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

b.   PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI)

c.   PT Bank Rakyat Indonesi (Persero) Tbk (BBRI)

d.   PT Gudang Garam Tbk (GGRM)

e.   PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).

2.   Simas Saham Unggulan                   

PT Sinarmas Asset Management sejak 2012 sudah mengelola dana Rp 2,23 triliun dengan return selama 5 tahun mencapai 68,78 persen. Simas Saham Unggulan juga memiliki tujuan dalam memperoleh pendapatan yang optimal dalam jangka panjang dengan tingkat fleksibilitas investasi yang tinggi.

Selain itu, Simas Saham Unggulan juga komit untuk mengurangi risiko dari jenis investasi portofolio efek yang terdiri dari efek bersifat ekuitas, efek bersifat utang dan/atau efek beragun aset serta instrumen pasar uang sesuai peraturan perundang–undangan yang berlaku. Ini membuat Sinar Saham Unggulan cocok bagi Anda pemilik profil risiko agresif.

Simas Saham Unggulan mempunyai kebijakan investasi minimum 80 peren dan maksimum 98 persen pada efek bersifat ekuitas. Selanjutnya dengan minimum 2 persen dan maksimum 20 persen pada Instrumen pasar uang, efek bersifat utang dan atau efek beragun aset.

Data yang diperoleh dari IDX menunjukkan bahwa per April 2019, Simas Saham Unggulan mengalokasikan 99,8 persen ke pasar saham dan hanya 0,2 persen ke pasar uang. Alokasi ini berubah dari posisi seblulan sebelumnya, yakni Maret 2019 dari 94,8 persen di saham dan 5,2 persen pasar uang.

Selanjutnya, portofolio investasi Sinar Saham Unggulan unggulan dalam lima tahun adalah :

a.   PT Bank BRISyariah Tbk (BRIS)

b.   PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)

c.   PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS)

d.   PT Urban Jakarta Propertindo Tbk (URBN)

e.   PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

3.   HPAM Ultimas Ekuitas 1

NAB/Unit HPAM Ultima Ekuitas 1 mempunyai tujuan untuk mendapatkan nilai pertumbuhan agresif yang optimal dalam jangka panjang dengan bentuk investasi yang dilakukan secara aktif pada saham-saham yang dijual dan dicatatkan dalam Bursa Efek. Ini mencakup utang, instrumen pasar uang, kas dan setara kas. Dalam lima tahun HPAM Ultimas Ekuitas 1 berhasil memperoleh return sebesar 59 persen.

Kebijakan investasi reksa dana ini adalah rentang 80 persen hingga 100 persen dalam ekuitas dan kisaran 0 persen hingga 20 persen dalam efek bersifat hutang dan instrumen pasar uang. Sehingga cocok bagi Anda pemilik profil risiko agresif.

Untuk portofolio investasi HPAM Ultima Ekuitas 1 unggulan dalam lima tahun adalah :

a.   PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA)

b.   PT AKR Corporindo Tbk (AKRA)

c.   PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA)

d.   PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT)

e.   PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

Bacaan menarik lainnya:

Tandelilin, Eduardus. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta.

Hidayat, Taufik. (2011). Buku Pintar Investasi Syariah. Jakarta Selatan: PT Transmedi


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait