5 Investasi yang Menguntungkan dan Wajib Dicoba di Tahun 2019

5 Investasi yang Menguntungkan dan Wajib Dicoba di Tahun 2019

Saat ini, masyarakat Indonesia semakin menyadari pentingnya investasi yang menguntungkan. Banyak yang mencari apa investasi terbaik untuk mereka. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia secara tahunan mencapai sebesar 5,06% pada kuartal pertama 2018. Hal ini disumbang oleh pertumbuhan investasi. Tren berinvestasi pada tahun 2018 terus mengalami peningkatan dan bahkan diminati oleh masyarakat di Tanah Air.

Investasi di Indonesia meningkat pada kuartal pertama 2017 sebesar 1,53% menjadi 2,54% pada kuartal pertama 2018. Sumbangannya pun naik dari 2,45% pada kuartal keempat 2017. Nah, jika kamu penasaran dengan apa saja investasi yang menguntungkan di tahun 2019, simak selengkapnya di bawah ini yuk!

Tanah dan Properti

Investasi ini selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya dan kemungkinan untuk turun sangat kecil. Investasi ini bisa dikatakan akan selalu mengalami kenaikan terus selama demand masih tinggi dan berdampak terhadap harga yang akan semakin tinggi. Jika kamu memiliki properti berupa rumah, maka rumah tersebut bisa dijadikan tempat usaha seperti kos-kosan. Ditambah lagi dengan memaksimalkan kos tersebut untuk membuat usaha lainnya seperti laundry, catering, dan warung sembako.

Emas

Investasi emas atau logam mulia masih menjadi investasi yang cukup banyak diminati di Indonesia. Terlebih lagi investasi ini merupakan aset yang mudah dijual atau diuangkan. Jika pilihannya antara menabung di Bank atau emas, pilihlah emas. Tabungan paling tepat untuk menjaga harta. Namun perlu diperhatikan juga, emas merupakan investasi jangka panjang, jadi jangan berharap kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Saham

Ini jadi investasi terbaik selanjutnya. Saham adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan dari suatu badan usaha. Investasi ini bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang. Jika kamu berinvestasi saham secara langsung kamu juga bisa dikatakan sebagai pemilik dari perusahaan tersebut. Tetapi, porsi kepemilikannya juga sesuai dengan investasi yang kamu lakukan di perusahaan tersebut. Hal yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin membeli saham adalah memerhatikan jenis saham yang harus kamu pilih. Karena, untuk investasi ini akan ada saatnya naik dan turun. Kamu harus pandai membaca kondisi tersebut.

Investasi Obligasi

Surat utang atau yang biasa dikenal dengan obligasi adalah instrumen investasi yang juga diperdagangkan di pasar sekunder Bursa Efek Indonesia (BEI). Meski demikian, tingkat pamornya tidak seperti investasi saham atau pun investasi lainnya. Tetapi, investasi obligasi masih memiliki peminat dalam dunia pasar modal. Di sisi lain, investasi obligasi merupakan investasi yang dapat meraup keuntungan yang menjanjikan tetapi tingkat risikonya sangat minim.

Peer-to-Peer Lending (P2P Lending)

Berinvestasi di P2P Lending menjadi salah satu alternatif investasi terbaik yang ada saat ini. Dengan berinvestasi di P2P Lending, kamu dapat memiliki imbal hasil atau return yang lebih besar dan aman. Misalnya, dengan berinvestasi di P2P Lending Akseleran, kamu bisa memperoleh rata-rata imbal hasil sebesar 18%-21% per tahun. Investasi di sini juga menawarkan tingkat keamanan tinggi karena lebih dari 99% nilai portofolio pinjaman para pelaku usaha yang meminjam di platform Akseleran memiliki agunan.

Tak perlu khawatir, semua investasi yang kamu jalankan akan membuahkan hal baik kok. Asalkan kamu harus ingat dan ketahui apa yang benar-benar mendalami investasi tersebut. Jangan sampai salah langkah ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait