Investasi Reksa Dana dan Cara Jitunya untuk Pemula

investasi reksa dana
investasi reksa dana

Buat kamu para pemula yang ingin investasi reksa dana tak perlu takut. Jika tahu cara jitunya, maka berinvestasi bisa jadi hal yang menyenangkan. Apa saja itu?

Buat para pemula, terumata mahasiswa ataupun yang baru bekerja masih memiliki ego tinggi dan semangat menggebu-gebu. Begitu pun pada saat berinvestasi, kebanyakan dari mereka terlalu fokus pada imbal hasilnya saja sehingga bukannya untung tapi malah buntung.

Pemikiran seperti itu kurang tepat, karena investasi bukanlah perjudian berdasarkan insting semata tapi ada ilmu di dalamnya. Selain bisa membuat kamu semakin kaya, kamu pun bisa lebih cerdas dalam mengelola keuangan dari berinvestasi. Investasi reksa dana merupakan cara termudah dan murah yang memberikan keuntungan cukup baik, cocok untuk yang baru belajar investasi.

Kenali Apa Itu Reksa Dana

Seperti ada peribahasa “tak kenal, maka tak sayang”. Tanpa mengenalnya lebih dulu, akan sangat sulit mengambil keputusan. Kebanyakan orang yang belum tahu bahwa investasi reksa dana adalah yang paling mudah dijalankan oleh pemula. Maka, tidak heran jika masih banyak yang enggan untuk berinvestasi karena takut merugi ataupun resikonya.

Reksa dana merupakan wadah untuk dana investasi yang dikumpulkan dari masyarakat. Selanjutnya dana itu akan diinvestasikan dan kemudian secara profesional dikelola oleh manajer investasi ke dalam berbagai instrumen pasar keuangan.

Bagaimana Cara Kerja Reksa Dana

Sebelum kamu mulai investasi reksa dana, pahami dulu cara kerjanya. Salah satu kelebihan dari reksa dana ini yaitu adanya verifikasi dari investasimu, yang nantinya dana yang telah kamu investasikan akan dipecah atau dibagi ke dalam beberapa instrumen. Jadi, dengan kata lain investasi tersebut tidak hanya disimpan dalam satu perusahan, melainkan di beberapa perusahaan.

Selain itu, reksa dana juga memberikan return yang cukup besar dalam setahunnya dan sangat mudah untuk diakses. Hal ini dikarenakan reksa dana punya cakupan yang luas, sehingga kamu pun harus mampu menggali informasi sebaik mungkin. Lihat dari kinerja jangka pendeknya berdasarkan nilai rating reksa dana tersebut. Disarankan untuk memilih reksa dana dengan jangka waktu paling lama, karena selama rentan waktu itu kamu bisa melihat konsistensi kinerjanya.

Tujuan Berinvestasi

Ada satu hal yang harus kamu pikirkan sebelum berinvestasi, yaitu apa tujuan kamu? Kenapa memilih reksa dana? Seperti kata perencana keuangan bernama Ligwina Hananto, investasi itu ibaratkan memilih jalan tol. Namun, kita harus tahu kemana arah tujuannya.

Jika kamu ke Bogor, jangan sampai malah memilih melalui tol Cikampek. Ini adalah masalah mendasar dari investor pemula, bahwa mereka tidak atau belum tahu tujuan keuangannya untuk apa. Tiba-tiba langsung pilih investasi reksa dana.

Seringkali orang bertanya reksa dana apa yang paling bagus, yang bisa mendapatkan untung besar tapi resiko rendah atau aman. Pertanyaan tersebut tidak salah tapi kurang tepat! Mengapa? Jika kamu sendiri tidak tahu tujuan untuk berinvestasi dan hanya melihat dari sisi keuntungannya saja, maka tidak akan ada artinya. Maknanya akan sama dengan kamu menabung di rekening bank.

Oleh karena itu, pikirkan dengan matang dan tetapkan tujuan kamu melakukan investasi. Apakah untuk dana pendidikan, dana darurat, dana rumah impian, dll.

Macam-Macam Reksa Dana

Perlu kamu tahu bahwa ada empat macam reksa dana yang bisa dipilih sebagai alat investasi. Mau tahu apa saja? Ini dia keempat macamnya.

Reksa Dana Pasar Uang

Disini investasi kamu akan dialokasikan ke deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), serta bisa juga ke obligasi. Reksa dana pasar uang ini memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun dan cenderung aman. Akan tetapi karena resikonya rendah, maka keuntungan yang dihasilkan pun relatif kecil.

Reksa Dana Campuran

Reksa dana ini punya resiko yang cukup tinggi, karena menggunakan sejumlah aturan di dalamnya. Namun, reksa dana campuran juga memberikan keuntungan yang besar. Meskipun demikian, kamu tetap disarankan untuk berhati-hati dalam memilih produk investasi reksa dana supaya tidak mengalami kerugian.

Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap berarti dana yang diinvestasikan akan ditempatkan 80% ke obligasi. Akan tetapi keuntungan yang didapat nantinya bisa lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 10% setiap tahunnya.

Reksa Dana Proteksi

Hampir sama dengan reksa dana pendapatan tetap, namun sesuai namanya reksa dana ini mengalokasikan sebagian dana kamu ke obligasi sekaligus memberikan perlindungan. Reksa dana proteksi resikonya relatif lebih rendah daripada reksa dana saham dan campuran.

Gunakan Reksa Dana Online

Buat para pemula bisa melakukan investasi reksa dana pada platform online. Ada beberapa keunggulan kamu berinvestasi reksa dana secara online, diantaranya adalah:

  • Prosesnya mudah dan cepat hanya dari handphone atau laptop.
  • Selain mudah, prosesnya juga murah. Tidak ada biaya transaksi (fee 0%) dan minimum transaksinya pun terjangkau, mulai dari Rp100 ribu. Bahkan sekarang ada yang bisa dengan Rp10 ribu.
  • Salah satu platform online yang menawarkan investasi reksa dana adalah Ajaib. Disini kamu bisa berinvestasi reksa dana dengan modal yang minim. Selain itu, ada pembelajaran mengenai reksa dana yang bisa kamu baca-baca agar bisa mendulang keuntungan.

Sudah Siap Berinvestasi Reksa Dana?

Setelah kamu paham dengan instrumen investasi yang dipilih, kamu jadi mengerti apa yang harus dilakukan. Kendati kamu masih pemula, dengan cara-cara diatas kamu jadi percaya diri untuk memulai investasi. Jangan biarkan uangmu hanya mengendap di bank, tetapi kembangkan untuk bisa menghasilkan keuntungan salah satunya dengan investasi reksa dana.

Bacaan menarik lainnya:

Sharpe, W. F. (1966). Mutual Fund Performance. The Journal of Business. Vol. 39. 119-138


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait