Teknologi

Inovasi Belajar Saat Pandemi, Kamu Bisa Belajar di Sini

Inovasi kelas online

Ajaib.co.id – Pandemi COVID-19 berkepanjangan memaksa kita untuk tetap di rumah saja. Namun,  berada di rumah saja bukan berarti kamu berhenti berbuat sesuatu yang bermanfaat. Jika kita amati, justru banyak kreativitas dan inovasi yang bermunculan selama pandemi.

Musisi yang kehilangan panggung mulai berpentas secara virtual, transaksi jual-beli sehari-hari juga dilakukan secara online, hampir semua orang bekerja dari rumah, hingga sekolah dan kuliah pun dilakukan dengan inovasi pembelajaran daring.

Tuntutan menjaga jarak selama pandemi membuat dunia pendidikan mau tidak mau melakukan inovasi dalam kegiatan belajar-mengajar. Perubahan yang paling jelas adalah tidak adanya tatap muka langsung dan tergantikan dengan teknologi. Para siswa dan guru kini harus berjibaku dengan ponsel dan komputer selama jam pelajaran untuk pembelajaran jarak jauh.

Layanan berkirim pesan, rapat video, hingga penyimpanan cloud jadi akrab ditemui sehari-hari. Mau tak mau, literasi digital pun meningkat seiring dengan terbiasanya masyarakat dengan teknologi digital.

Mumpung saat ini kamu bisa belajar secara online, kamu juga harus membuat inovasi, minimal untuk dirimu sendiri. Inovasi seperti apakah itu? Untuk membantu supaya rebahanmu lebih berfaedah, coba cek gagasan baru dari kursus atau kuliah online.

Bingung untuk pilih program atau mata kuliah yang tersedia? Atau malah ingin dapat cara baru untuk mengejar cita-cita meraih ilmu dari para praktisi terbaik di Indonesia dan luar negeri? Apa saja alternatif situs dan lembaga yang menyediakan layanan pembelajaran online?

Coursera

Kalau kamu masih bingung dan perlu mempertimbangkan banyak pilihan, coba kunjungi situs Coursera. Di dalamnya, kamu bisa menemukan berbagai kursus, sertifikasi, hingga program kuliah sarjana maupun pascasarjana yang dapat dilakukan secara online.

Setiap program di Coursera akan diajarkan oleh pengajar yang berkualitas dari universitas maupun perusahaan kelas dunia. Program ini tentu sangat membantu bagi kamu yang ingin kuliah atau belajar ke luar negeri tetapi terkendala protokol lintas negara akibat pandemi.

Program-program yang ditawarkan di Coursera meliputi:

  • Kursus online berdurasi 4-6 minggu bersertifikat.
  • Proyek terpandu secara online dan bersertifikat untuk mempelajari keterampilan maupun piranti industri spesifik.
  • Spesialisasi untuk menguasai keterampilan karier spesifik berdurasi 4-6 minggu bersertifikat.
  • Sertifikasi profesional agar siap kerja dalam waktu kurang dari satu tahun, bersertifikat.
  • MasterTrack Certificate, yakni program pembelajaran berbasis modul online dari program pascasarjana.
  • Kuliah online dari universitas kelas dunia dengan pembelajaran fleksibel berdurasi 1-4 tahun untuk memperoleh gelar sarjana maupun master.

Lengkap bukan? Biaya masing-masing program bervariasi, mulai dari $39 (Rp571.000) untuk kursus online hingga minimal $9.000 (Rp132.000.000) untuk kuliah online.

Kalau biaya-biaya tersebut masih terasa memberatkan, kamu bisa ikut program-program gratis yang ditawarkan Coursera, lho. Jadi, pantau terus situsnya, ya.

Udemy

Di Udemy, kamu bisa ambil kursus di berbagai bidang, misalnya pengembangan web, seluler, dan game, kewirausahaan, analisis dan kecerdasan bisnis, pemasaran digital, desain grafis dan ilustrasi, sertifikasi TI, fotografi, musik, dan sebagainya. Kamu akan belajar dari instruktur ahli melalui video, slide, teks, dan sumber belajar lainnya.

Kamu bisa mulai kursus dan menjalaninya kapan saja kamu mau tanpa tenggat waktu untuk menyelesaikannya. Setelah menyelesaikan kursus, kamu juga akan memperoleh sertifikat. Bedanya, sertifikat ini sekadar pernyataan bahwa kamu telah menyelesaikan kursus karena Udemy bukanlah institusi terakreditasi.

Kursus di Udemy ditawarkan dengan harga terjangkau mulai dari Rp199.000. Ada jaminan uang kembali dalam 30 hari dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Harga terjangkau plus dapat diakses sewaktu-waktu dan seumur hidup, benar-benar pilihan menarik, bukan?

IndonesiaX

Penyedia kursus online buatan anak bangsa ini juga menawarkan berbagai kursus dari universitas, institusi dan praktisi. IndonesiaX punya tujuan mulia untuk memperluas akses masyarakat akan pendidikan dan keterampilan hidup berkualitas dengan perangkat sistem manajemen belajar yang canggih. 

Karena merupakan buatan Indonesia, sistem pembelajaran pun ditujukan khusus untuk masyarakat Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dengan demikian, IndonesiaX dapat mewujudkan visi pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat ke pelatihan bersertifikat dan pendidikan yang terbaik.

Bidang-bidang kursus yang bisa kamu ikuti meliputi: 

  • Ekonomi dan keuangan
  • Humaniora
  • Kesehatan
  • Ilmu sosial
  • Bisnis dan manajemen
  • Lingkungan
  • Ilmu komputer
  • Teknik
  • Hukum
  • Komunikasi
  • Ilmu energi dan bumi
  • Manajemen bencana

Kamu bisa dapat ilmu langsung dari pakar-pakar ternama di bidangnya, seperti Rhenald Kasali dan Wishnutama. Selain itu, ada juga para akademisi dari universitas terkemuka Indonesia serta praktisi dari perusahaan-perusahaan besar yang namanya sudah tidak asing lagi di telingamu. Menariknya, kamu bisa akses semuanya secara gratis.

Selain dari situs-situs di atas, kamu juga bisa ikut kuliah, seminar, kursus, atau sertifikasi secara online langsung di berbagai kampus di seluruh Indonesia. Namun, program kuliah online ini belum tersedia untuk semua universitas maupun bidang studi. Kamu harus menelusuri satu per satu program studi di universitas yang kamu inginkan untuk melihat fasilitas yang mereka berikan.

Atau, kamu bisa mencoba belajar di Universitas Terbuka (UT). Jauh sebelum tren belajar online marak karena pandemi, sebenarnya Indonesia sudah punya Universitas Terbuka yang menjalankan perkuliahan online. Universitas Terbuka juga merupakan universitas negeri, lho.

Universitas ini sudah berdiri sejak 1984 dengan empat fakultas, yakni Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kamu bisa memilih program diploma, sarjana, magister, bahkan doktor.

Namun, belum semua fakultas menawarkan program perkuliahan online. Saat ini, fakultas yang menyediakan layanan perkuliahan online adalah Manajemen, Matematika, Pendidikan Matematika, dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan.

Biaya kuliah di Universitas Terbuka juga sangat terjangkau, hanya Rp1-3 jutaan per semester. Biaya lainnya pun masih sangat murah dibandingkan universitas negeri maupun swasta lainnya.

Belajar investasi pun bisa dilakukan secara online, misalnya di Sekolah Pasar Modal yang diadakan rutin oleh Bursa Efek Indonesia. Kamu bisa belajar investasi saham hingga praktik langsung dengan membuka rekening efek dan melakukan transaksi. Pembelajaran online ini pun tidak dipungut biaya melainkan hanya setoran awal pembuatan rekening efek untuk praktik transaksi saham.

Setelah paham bertransaksi saham, kamu bisa coba unduh aplikasi Ajaib untuk memudahkanmu dalam berinvestasi saham. Kamu bisa pantau perkembangan saham setiap hari hanya lewat aplikasi. Kalau kamu belum berani bertransaksi saham secara langsung, kamu bisa investasi reksa dana yang juga dapat dilakukan dengan aplikasi Ajaib.

Kemajuan zaman semakin banyak memberikan kemudahan. Jangan sampai kehilangan kesempatan, ya!

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait