Saham

Inilah Keuntungan Membeli Saham di Luar Negeri

Ajaib.co.id – Berinvestasi saham di luar negeri memang menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Sebab, banyak keuntungan membeli saham di luar negeri yang didapatkan.

Namun, pastinya terdapat berbagai risiko yang harus dicegah supaya kamu tidak mengalami kerugian. Sebagian besar investor mengatakan, bahwa harga saham luar negeri cukup mahal. Apalagi, jika dibandingkan dengan harga saham di Indonesia.

Tak heran, banyak investor yang memilih untuk membeli saham di Indonesia. Hal itu dikarenakan mereka hanya memiliki dana terbatas.

Mahal atau tidaknya harga saham luar negeri, sebetulnya membeli saham di luar negeri tidak sulit dilakukan. Bahkan, kamu hanya perlu memiliki software trading online dengan pedoman jual dan beli saham.

Sebagian besar broker saham di luar negeri tidak menerima nasabah di luar negaranya. Namun, masih ada juga broker yang menerima nasabah dari luar negaranya. Sayangnya, beberapa situs broker saham diblokir oleh Kominfo.

Hal itu disebabkan Indonesia ingin mendukung broker lokal yang membayar pajaknya kepada negara. Sementara untuk broker luar negeri, tidak membayar pajak secara instansi.

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah keuntungan membeli saham di luar negeri:

Mengapa Harus Berinvestasi Saham?

Jika kamu ingin membeli saham, maka harus mengetahui tentang saham lebih dalam lagi. Berikut ini adalah alasannya:

Kepemilikan di Perusahaan

Saat kamu membeli saham, maka sama dengan membeli sebuah perusahaan. Nilai dari saham tergantung kinerja perusahaannya.

Tidak Dapat Diprediksi

Investor saham tidak selalu bertindak sesuai perkiraan saat ada berita mengenai perusahaan. Kondisi umum tersebut memang sangat menambah beban kinerja saham.

Jangka Panjang

Saat kamu membeli saham, nantinya tidak akan pernah tahu bagaimana hasil investasinya nanti. Saat kamu menjual saham, maka akan mengetahui keuntungan dan kerugiannya.

Keuntungan Membeli Saham di Luar Negeri

Jika kamu ingin membeli saham di luar Indonesia, maka akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Berikut ini adalah penjelasannya:

Mengetahui Kondisi Perekonomian Dunia

Jika ingin berinvestasi saham, tentunya kamu harus melakukan riset terlebih dahulu.

Kamu harus melakukan riset bagaimana kondisi perekonomian di luar negeri. Hal itu akan membuat kamu bisa memahami bagaimana kondisi ekonomi di seluruh dunia.

Menyimpan Hasil Investasinya

Jika kamu ingin melakukan withdraw dari hasil investasi saham di luar negeri, maka biayanya bakal cukup mahal.

Tentunya, hal tersebut membuat kamu agak malas untuk melakukan withdraw jika belum terlalu membutuhkannya. Mau tidak mau, kamu harus menyimpan hasil investasinya.

Memiliki Kesempatan dari Kenaikan Nilai Dolar

Saat mata uang dolar mengalami kenaikan, maka kamu juga akan mendapatkan apresiasi. Semakin tinggi nilai mata uang dolar, maka semakin besar juga keuntungan yang didapatkan.

Menjadi Pemilik Saham

Jika berinvestasi saham di luar negeri, maka kamu akan menjadi pemilik saham perusahaan global yang memiliki reputasi baik.

Misalnya, McDonald’s, Starbucks, dan masih banyak lainnya.

Bisa Membeli Fractional Share

Uniknya, jika kamu membeli saham di NYSE, NASDAQ, maka kamu bisa membeli fractional unit atau per lembar sahamnya saja.

Misalnya, kamu membeli 0,21 lembar saham AAPL. Jika membeli saham melalui Bursa Efek Indonesia (BEI), maka minimum pembeliannya adalah 100 lembar.

Pembelian fractional unit ini memudahkan investor ritel yang memiliki dana investasi terbatas.

Broker Saham Luar Negeri Terbaik di Indonesia

Berinvestasi saham di luar negaramu bukan tindakan ilegal, kemudian masih banyak warga Indonesia yang menanam modalnya di luar Indonesia.

Berikut ini adalah daftar broker saham luar negeri yang menerima nasabah dari Indonesia:

eToro

eToro merupakan broker saham yang sangat cocok untuk investor pemula. Saat kamu membeli saham perusahaan melalui eToro, maka akan mendapatkan dividen.

Namun, tidak banyak pilihan saham yang disediakan oleh eToro, yakni hanya 2.000 saham saja.

Interactive Brokers

Interactive Brokers merupakan broker luar negeri yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia untuk berinvestasi.

Misalnya, NASDAQ, S&P, dan bursa Eropa seperti Jerman, Inggris, dan Prancis. Interactive Brokers adalah dealer resmi dan terdaftar di FINRA.

Saxo Bank

Saxo Bank juga menerima nasabah dari Indonesia. Broker saham ini menyediakan berbagai jenis investasi, seperti saham, bonds, ETF, dan produk lainnya.

Broker yang satu ini juga menyediakan saham dan ETF dari berbagai bursa saham di dunia.

Membeli Saham Luar Negeri Sama dengan Saham Lokal

Buat kamu yang ingin berinvestasi saham, sebaiknya memilih perusahaan lokal terlebih dahulu. Sebab, masih banyak saham perusahaan lokal yang menawarkan keuntungan di setiap produknya.

Artinya, memilih saham perusahaan lokal juga tidak menghasilkan banyak keuntungan. Apalagi, jika kamu adalah investor pemula yang ingin mencoba instrumen investasi.

Saham merupakan nilai dari suatu perusahaan per lembarnya dan bisa diperjualbelikan di bursa saham.  Aktivitas dari membeli dan menjual saham terbagi menjadi jangka panjang dan jangka pendek.

Jika kamu memilih jangka panjang, maka akan disebut sebagai investor. Namun, jika kamu memilih jangka pendek, maka akan disebut sebagai trading saham.

Selain itu, kamu juga harus membuka rekening saham. Artinya, kamu mendaftarkan atau membuat akun baru sesuai dana yang dimiliki.

Kamu bisa membuka rekening saham melalui broker di perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas merupakan perantara bagi mereka yang ingin berinvestasi saham.

Itulah tadi penjelasan keuntungan membeli saham di luar negeri. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar jika berinvestasi saham di luar negeri.

Artikel Terkait