Milenial, Perencanaan Keuangan

13 Aplikasi Pinjaman Online Tepercaya di Tahun 2019

Jelang Tahun Baru 2020, kebutuhan kamu pasti melonjak, baik itu untuk merayakan Natal hingga berpesta di Tahun Baru. Uang tentu menjadi sumber dana paling penting untuk merayakan dua hari besar yang bakal berlangsung selama sepekan itu. Jika kamu tidak punya uang, pinjaman uang online menjadi solusinya loh.

Sebab, dibandingkan dengan meminjam uang di bank, pinjaman online menawarkan proses yang jauh lebih cepat dan mudah. Mengadopsi perkembangan teknologi informasi, saat ini pinjaman dapat diajukan melalui aplikasi di smartphone-mu. Sehingga, calon debitur tak perlu beranjak dari rumah atau mengantre yang lama di bank.

Namun di balik kemudahannya, pinjaman online juga memiliki sejumlah kekurangan. Salah satunya, pengenaan bunga pinjaman. Jika KTA pada bank konvensional biasanya menerapkan bunga cicilan per bulan, pinjaman online umumnya mematok bunga secara harian.

Untuk membantu kamu terhindar dari jasa peminjaman online bodong, ini ada lima aplikasi pinjaman online tepecaya di tahun 2019.

Kredivo

Kredivo merupakan kartu kredit digital pertama yang bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan dana darurat untuk belanja atau membayar transaksi terlebih dahulu. Kredivo bisa kamu gunakan untuk transaksi online di merchant e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Tiket.com, JD.id, Blibli, dan masih banyak lagi. Bedanya, di Kredivo ini, kamu bisa mendapatkan limit kredit hingga Rp30 juta dalam 5 menit. Dan jika kamu melakukan pelunasan dalam 30 hari setelah pencairan, kamu tidak akan dikenakan bunga sama sekali.

Akulaku

Akulaku adalah layanan pinjaman online yang bisa kamu guanakan hingga 24 jam, sehingga kapanpun kamu butuhkan, jam berapapun kamu mencari dana, Akulaku bisa membantu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa bisa mendapatkan pinjaman uang tunai mulai dari Rp 1 juta rupiah hingga Rp 2 juta rupiah dengan jangka waktu pengembalian hingga 40 hari! Ketika pinjaman kamu disetujui, Akulaku akan mengirimkan dana yang ingin kamu pinjam hanya dalam waktu 5 menit.

Selain itu, pada 2019 lalu, Akulaku melakukan perkembangan produknya. Kini, cara kerja Akulaku menjadi lebih mudah, di mana kamu bisa mengajukan limit kredit pinjaman dengan memberikan data dan dokumen yang diminta dalam persyaratan yang ditentukan. Setelah limit tersebut disetujui, kamu bisa menggunakan limit tersebut ke dalam tiga produk Akulaku yaitu:

a. KTA Kilat: pinjaman dana tunai yang bisa kamu terima hanya dalam 5 menit

b. Akulaku Pay: cicilan tanpa kartu kredit, yang bisa kamu gunakan untuk belanja online. Kini bisa dipakai di beberpa ecommerce seperti Shopee, JD.id, Bukalapak, Blibli.

c. Akulaku Kredit: alat pembayaran kredit dengan melakukan scan barcode di merchant yang bekerja sama dengan Akulaku.

Dana Bijak

Butuh pinjaman yang langsung cair dalam 24 jam? Mungkin aplikasi Dana Bijak bisa jadi salah satu alternatif buat kamu. Di mana, aplikasi ini menawarkan pinjaman dengan proses cepat tanpa memerlukan jaminan. Persyaratan untuk mengajukan pinjaman di sini pun mudah, mulai dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang bisa dibuktikan melalui KTP atau identitas resmi lainnya, berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, Usia 21 sampai 55 tahun, Penghasilan rata-rata per bulan Rp2.500.000 yang dibuktikan dengan melampirkan slip gaji, memiliki rekening tabungan bank atas nama pribadi, dan memiliki e-mail pribadi

Dengan melakukan pinjaman di sini, kamu bisa melakukan pinjaman hingga 30 hari untuk nasabah baru dan bisa hingga 90 hari untuk nasabah lama. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pelayanan maksimal hingga 24 jam. Untuk persetujuan nasabah lama, kamu juga bisa mendapatkan potongan biaya layanan, waktu pinjam yang lebih lama, dan uang pinjaman yang lebih besar.

Kredit Pintar

Kredit Pintar adalah pinjaman online yang menyediakan layanan pinjaman tanpa syarat slip gaji untuk kamu yang membutuhkan dana darurat. Dengan pinjaman tanpa jaminan ini, kamu bisa mendapatkan dana dengan hanya bermodalkan KTP dan ponsel saja.

Sebelumnya, kamu perlu mengisi data pribadi di aplikasi ini. Kemudian, tunggu proses verifikasi mengenai datamu selesai dan dana akan langsung cair ke rekeningmu. Melalui Kredit Pintar, pengajuan pinjamanmu tidak akan dipungut biaya apapun.

Kamu juga bisa memilih jenis pinjaman dengan tenor 14 hari, 30 hari, hingga 3 bulan sesuai dengan kebutuhanmu.

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan Kredit Pintar adalah: KTP dan Rekening Bank atas namamu. Syarat pengajuannya adalah seorang WNI; berusia 18-21 (jika belum menikah); berusia 22-60 (jika sudah menikah) dan berdomisili di Indonesia.

Kreditcepat

Ketika kamu tidak berdomisili di area Jabodetabek, kamu tetap bisa melakukan pengajuan kredit tunai di aplikasi Kreditcepat. Hanya dengan melampirkan formulir aplikasi dan upload foto dokumen yang dibutuhkan melalui website, kamu bisa mendapat dana tambahan yang kamu butuhkan hanya dalam waktu 24 jam.

Di mana pun kamu berada, setelah aplikasi diajukan dan dokumen diterima, pihak Kreditcepat akan melakukan verifikasi data dengan langsung menghubungi kamu. Kemudian, kamu cukup menlakukan transfer biaya verifikasi, dan uang akan dikirim ke rekening bank kamu secepatnya.

Bukan hanya kemudahan dalam pengajuannya, kamu juga bisa melakukan pembayaran cicilan dengan mudah dan nyaman melalui internet banking, ATM, atau teller bank.

TunaiKita

TunaiKita adalah produk pinjaman online tanpa jaminan dan syarat. Aplikasi ini salah satu fintech yang memberikan pinjaman perorangan.

Syarat untuk pengajuannya adalah seperti: WNI, usia 21-60 tahun, memiliki KTP dan NPWP, memiliki rekening bank lokal dan berdomisili di area Jabodetabek. Dokumen yang diperlukan, yakni KTP, data pribadi, data pekerjaan, akun Facebook, dan verifikasi video.

Di aplikasi TunaiKita tidak ada permintaan slip gaji sebagai syarat pinjaman. Jumlah pinjamannya berkisar antara Rp1.000.000 sampai Rp1.500.000, dengan minimum tenor pinjaman 10 hari dan maksimum 30 hari.

Tunaiku

Tunaiku adalah salah satu lembaga keuangan yang menyediakan produk pinjaman tanpa jaminan dan kartu kredit. Untuk mendapatkan pinjaman secara online hanya dengan lewat aplikasi, kamu hanya perlu menyiapkan KTP.

Tanpa perlu memberikan slip gaji, kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp20 juta dengan jangka waktu cicilan hingga 20 bulan, dan tanpa biaya tersembunyi.

Persyaratan untuk mengajukannya pun cukup standar, seperti usia 21-55 tahun; WNI; memiliki Rekening Bank; memiliki Pekerjaan atau pendapatan, dan tinggal atau bekerja di Area Layanan seperti JABODETABEK, Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik.

Digibank KTA Instant

Banyak orang yang butuh dana saat itu juga dan tidak bisa lagi menunggu proses yang lama. Nah, jika kamu termasuk salah satu di antara mereka, kamu bisa melakukan pinjaman di Digibank KTA Instant. Aplikasi bank yang satu ini bisa memberikan dana pinjaman dengan jangka waktu yang cukup panjang dengan syarat yang mudah. Hanya dengan pendapatan minimal 3 juta per bulan, kamu bisa mengajukan pinjaman hingga 3 tahun. Keunggulan utamanya, kamu bisa mengetahui apakah pinjaman disetujui atau ditolak hanya dalam 60 detik saja. Jadi bisa dibilang, aplikasi ini tidak PHP ya, alias Pemberi Harapan Palsu.

FinMas

FinMas menawarkan bunga yang cukup rendah dibanding bunga pinjaman di pasaran. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan pinjaman dengan jumlah kecil jangka pendek, hingga 2,5 juta dan bisa dicairkan ke rekening hanya dalam waktu 24 jam. Dengan syarat minimal gaji Rp2 juta per bulan, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman di FinMas. Selain pinjaman, Finmas juga menyediakan fitur PayLater dan Installment yang mempermudah kamu dalam membeli pulsa dan membayarnya dalam jangka waktu 30 hari tanpa bunga. Sedangkan Installment di FinMas bisa memberikan bunga 0%.

Pinjam Gampang

Pinjam Gampang merupakan aplikasi pinjaman online 24 jam.Di aplikasi satu ini, kamu tidak perlu menyerahkan dokumen berbentuk kertas. Cukup ikuti petunjuk pada halaman aplikasi dan siapkan KTP serta kartu bank sebelum mengajukan permohonan. Jumlah pinjamannya adalah Rp600.000 hingga Rp5.000.000 dengan jangka waktu pinjaman 7 hari dan 14 hari lamanya.

Persyaratannya seperti, Warga Negara Indonesia, usia di atas 21 tahun, mempunyai sumber pendapatan yang stabil, serta domisili di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bekasi, Tangerang, Bogor, dan Tangerang Selatan.

Julo

Julo merupakan solusi pinjaman uang secara online tanpa jaminan dan kartu kredit. Aplikasi ini bisa kamu gunakan ketika kamu sulit mendapatkan pinjaman uang tunai lewat bank. Untuk meminta pinjaman dana, kamu hanya perlu mendownload aplikasi ini, kemudian mengajukan pinjaman dengan mengisi data pribadi kurang dari 5 menit, serta menunggu proses verifikasi yang cepat. Hanya dengan waktu maksimal 28 jam dari proses verifikasi, kamu bisa langsung mendapatkan dana tunai yang kamu butuhkan dengan cepat.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan ketika kamu membutuhkan dana mulai dari Rp500 ribu hingga Rp8 juta, dengan suky bunga rendah hanya 0,33%/hari. Selain itu, waktu pembayaran pada aplikasi ini bisa disesuaikan dengan keinginan kamu, mulai dari cicilan per hari, 1 bulan, hingga dengan 6 bulan.

DanaRupiah

Mencairkan dana tunai dengan modal KTP dan rekening bank juga bisa kamu lakukan di aplikasi Dana Rupiah. Aplikasi fintech ini menawarkan plafon pinjaman mulai dari Rp400.000 sampai Rp8.000.000 dengan tenor mulai dari 21 hingga 90 hari.

Dana Rupiah mematok suku bunganya sebesar 1 persen per hari. Sebagai contoh, jika kamu meminjam uang sebesar Rp1.000.000 dengan tenor 30 hari, maka total pengembalian yang perlu dibayarkan adalah sebesar Rp1.300.000.

Untuk mencegah debitur lupa membayar, Dana Rupiah akan mengirimkan pesan pengingat pembayaran melalui SMS saat tanggal jatuh tempo. Persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman di Dana Rupiah cukup mudah, selain harus WNI juga harus sudah berusia di atas 18 tahun.

Cashwagon

Butuh liburan tapi tidak punya tabungan? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Cashwagon yang memiliki proses mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Meski begitu, dana yang ditawarkan Cashwagon tidak bisa banyak seperti aplikasi pinjaman uang lainnya. Di sini, kamu hanya bisa mendapatkan pinjaman antara Rp 500.000 sampai Rp 5 juta dengan tenor 10 sampai 40 hari.

Namun, ekunggulannya adalah Cashwagon memiliki program bebas biaya untuk pinjaman pertama, dan tidak akan dikenakan bunga alias bunga 0% dengan waktu pinjaman dengan tenor 10 hari. Jadi, buat kamu yang butuh dana dalam jumlah kecil dan waktu singkat, ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Itulah beberapa aplikasi pinjaman online yang bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin melakukan proses pengajuan pinjaman kapan dan di mana saja. Namun, sebelum kamu mengambil pinjaman, pastikan kamu memilih aplikasi yang telah terdaftar di OJK untuk menghindari kecurangan atau penipuan.

Selain itu, jangan pernah melakukan pinjaman yang berlebih dan tidak sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan pernah tergiur juga dengan aplikasi pinjaman online yang memberikan iming-iming pencairan dana lebih cepat, karena biasanya ini akan menjerumuskan kamu ke bunga ataupun denda yang jumlahnya selangit.

Selain pinjaman online, ketika kamu butuh dana dengan cepat, sebenarnya kamu bisa menggunakan kartu kredit atau mengajukan kredit tanpa agunan. Namun, kelemahan kartu kredit biasanya hanya bisa kamu gunakan untuk membeli barang dan tidak bisa kamu dapatkan dalam bentuk tunai, dan jika ingin menarik tunai kamu justru akan dikenakan biaya yang cukup besar. Sedangkan KTA biasanya juga menjadi alternatif, namun perlu diperhatikan juga lembaga atau bank yang menyediakan layanan ini, jangan mudah percaya dengan iming-iming manis didepannya. Untuk program KTA sendiri, biasanya kamu bisa melunasi pinjaman dengan jangka waktu yang lebih lama, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 20 bulan, hingga 3 tahun, semuanya tergantung lembaga yang kamu gunakan.

Maraknya aplikasi pinjaman online ini terkadang juga membuat banyak orang tergiur dan tidak melihat kemungkinan ke depannya, seperti bagaimana jika telat bayar, berapa cicilan yang harus dibayarkan, dan sebagainya. Jadi, ketika kamu ingin melakukan pinjaman, pastikan kamu memerhatikan semua itu ya.

Selain itu, jaga baik-baik KTP, tanda tangan, dan juga data diri kamu, karena saat ini sedang marak penipuan yang mengatasnamakan diri kamu dan meminta data diri. Jadi, cermatlah mulai sekarang untuk hindari kerugian di masa depan.

Bacaan menarik lainnya:

MUI, D. (2014). Himpunan Fatwa Keuangan Syariah.Jakarta: Erlangga

Afrizawati. M. (2016). Pengantar Perbankan. Palembang: Penerbit CitraBooks.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait