Saham

Ini Kelebihan Buka Rekening di Most Mandiri Sekuritas

most mandiri

Ajaib.co.id – MOST Mandiri adalah aplikasi investasi online dengan beragam varian instrumen. Selain itu, produk anak perusahaan Bank Mandiri ini juga dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan investor. Mulai dari informasi pasar terbaru, training secara online dan offline dan riset harian maupun analisa saham untuk investasi.

Investasi saham saat ini menjadi jauh lebih mudah dengan adanya teknologi. Termasuk berupa aplikasi investasi yang mudah dijumpai dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Aplikasi ini sendiri bukannya pemain baru dalam dunia investasi.

Biasanya aplikasi online tersebut merupakan produk dari perusahaan sekuritas kenamaan. Misalnya seperti PT Mandiri Sekuritas memiliki Mandiri Sekuritas Online Trading (MOST) sebagai inovasi digitalnya.

Perusahaan ini sendiri memiliki izin pialang saham melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No. 12 Tahun 1992 dan izin penjamin emisi melalui SK Bapepam No. 13 Tahun 1992. Selainn itu, PT Mandiri Sekuritas terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keberadaannya legal dan terpercaya.

Dengan menggunakan aplikasi MOST kamu bisa ikut bertransaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI) kapan saja hanya lewat ponselmu. Namun kamu tetap kamu memenuhi sejumlah syarat yang umum diberlakukan ketika ingin menjadi investor saham.

Salah satu syarat yang harus kamu penuhi saat ingin berinvestasi saham yaitu punya rekening efek di perusahaan sekuritas. Pasalnya, ada banyak perusahaan sekuritas yang bikin bingung mana yang lebih baik dan menguntungkan. Tenang dan jangan cemas, karena ada Mandiri Sekuritas yang bisa jadi pilihan tepat dan populer untuk membuka rekening efek.

Kamu bisa langsung membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk betransaksi lewat aplikasi ini. Hanya saja, Mandiri Sekuritas mensyaratkan calon investor untukmemiliki rekening tabungan pribadi di Bank Mandiri.

Most Mandiri ini memungkinkan kamu untuk berinvestasi secara online dengan menggunakan aplikasi. Kamu bisa menginvestasikan dana ke pasar modal, mulai dari jual beli saham, reksa dana, hingga obligasi. Most Mandiri ini sangat relevan bagi siapa saja yang mau melakukan investasi saham, namun tidak memiliki waktu banyak untuk memantau dan mengelola dana investasinya.

Nah, dengan adanya aplikasi Most ini, para investor bisa memantau dan mengelola investasinya secara online, dimana pun dan kapan pun. Layanan online Most sendiri bisa diakses melalui smartphone, website, dan aplikasi. Bagi investor yang punya mobilitas tinggi disarankan untuk menggunakan aplikasinya agar memudahkan dalam kegiatan berinvestasi.

Di dalamnya aplikasinya sendiri sudah terdapat informasi detail yang berkaitan dengan jual beli saham di pasar modal Indonesia, seperti trading ideas, pergerakan pasar secara real time. Selain itu, terdapa pula hasil riset yang dapat mendukung analisa dan strategi investor, dan informasi lain yang bisa jadi acuan untuk bertransaksi.

Selain yang disebutkan tadi, masih ada beberapa kelebihan lain yang harus kamu ketahui dari Mandiri Sekuritas. Apa saja kelebihannya? Simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan Memiliki Rekening Efek di MOST Mandiri Sekuritas

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat kita semakin dimudahkan dalam menjalani kehidupan, termasuk kegiatan investasi. Dengan adanya internet, investasi bisa dilakukan secara online dengan mudah dan praktis. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Most Mandiri.

Buat yang belum tahu, Most Mandiri merupakan layanan transaksi efek yang dilakukan secara online untuk memudahkan investor bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Lewat aplikasi ini ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Mandiri Sekuritas, diantaranya adalah:

  • Keamanan terjamin karena terenkripsi SSL
  • Dapat diakses melalui website, smartphone, serta PC/laptop.
  • Memberikan informasi saham secara real time.
  • Mendapatkan daily trading ideas dari pakarnya secara gratis
  • Untuk nasabah yang masih pemula akan mendapatkan training gratis tentang pasar modal.
  • Bebas biaya bulanan dan potongan administrasi.

Jika kamu sudah mulai tertarik untuk bergabung ke Mandiri Sekuritas, segera langsung registrasi. Bingung gimana caranya? Simak langkah-langkahnya dengan baik di bawah ini.

Cara Membuka Rekening Efek Online di Mandiri Sekuritas

Tak ada syarat yang aneh-aneh untuk bisa membuka rekening efek di Mandiri Sekuritas. Cukup dengan menyiapkan beberapa dokumen yang diminta, dan prosesnya juga tidak ribet.

Sementara dokumen yang harus kamu siapkan untuk membuka rekening efek adalah:

  • Kartu identitas (KTP)
  • NPWP
  • Cover buku tabungan
  • Kartu nama
  • Foto diri

Dokumen tersebut kamu siapkan dalam bentuk format digital. Caranya mudah, kamu bisa memfoto dokumennya lalu nanti diupload. Jika sudah kamu siapkan semua, selanjutnya adalah proses registrasi. Biar tidak bingung, kamu ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka situs www.most.co.id.
  2. Kemudian pilih menu ‘Registrasi’ di bagian atas situsnya.
  3. Selanjutnya akan muncul formulir pembukaan rekening efek. Kemudian isi dengan data diri, pekerjaan, dan lain-lain.
  4. Jika sudah mengisi semua formulirnya, upload file dokumen yang sudah di foto tadi.
  5. Terakhir, klik media untuk melakukan panggilan video atau video call. Lalu klik ‘Submit’.

Setelah langkah-langkah di atas kamu selesai lakukan, selanjutnya menunggu untuk dihubungi petugas untuk melakukan verifikasi. kamu akan ditanyai beberapa hal terkait pengecekan kelengkapan dokumen.

Belum selesai sampai disitu, karena nanti petugas dari Mandiri Sekuritas akan melakukan verifikasi lewat video call. Setelah itu, form pembukan rekening efek akan dikirimkan ke email kamu. Jika kamu sudah mendapatkan emailnya, cetak dokumen FPRE dan MTBI dengan kertas berukuran A4. Beri tanda tangan di atas materai.

Lalu masukkan dokumen yang telah kamu tanda tangani ke dalam amplop cokelat untuk dikirimkan ke cabang Mandiri Sekuritas. Jangan lupa untuk memastikan alamat kantor cabangnya tertera dengan jelas.

Berapa Deposit Awal yang Dibutuhkan Untuk Membuka Rekening Efek Mandiri?

Setelah rekening efek kamu siap, langkah berikutnya adalah menyetorkan dana sebagai deposit awal ke rekening efek. Jika dulu nasabah baru diminta menyetor deposit sebesar Rp 10 juta, sekarang kamu bisa menyetor dana awal sebesar minimal Rp 3 juta.

Nominal tersebut dirasa tak terlalu memberatkan, terutama untuk kamu yang sudah berpenghasilan. Sebab nantinya kamu sendiri yang akan menikmati keuntungannya.

Fee Jual Beli Saham Menggunakan Most Mandiri

Setiap kali melakukan kegiatan jual beli saham, biasanya kamu akan dikenakan biaya atau fee dari perusahaan sekuritas. Nah, bila kamu menggunakan Most Mandiri untuk transaksi jual beli saham biayannya sebesar:

  • Biaya beli atau Buy sebesar 0,18%
  • Biaya jual atau Sell sebesar 0,28%

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa biaya atau fee ini bisa sewaktu-waktu berubah tergantung dari kebijakan perusahaan Mandiri Sekuritas. Maka dari itu, pantau terus informasinya melalui aplikasi Most di smartphone kamu.

Buka Rekening di MOST Mandiri Sekuritas Kini Hanya Perlu Waktu 10 Menit Saja

Minat investasi masyarakat kini semakin meningkat. Sementara itu, penyedia layanan jual beli saham juga semakin banyak. Karena itu Mandiri Sekuritas terus menghadirkan inovasi bagi calon investornya. Salah satunya dengan proses pembukaan rekening yang semakin mudah dan cepat.

Proses pembukaan rekening efek di Mandiri Sekuritas hanya butuh waktu 10 menit dari sebelumnya memakan waktu satu hari kerja. Pembukaan rekening efek online di Mandiri Sekuritas semakin cepat karena menggunakan teknologi baru dengan pendekatan machine learning.

Beberapa teknologi terbaru yang digunakan Mandiri Sekuritas adalah pemindai teks atau optical character recognition (OCR) dan facial recognition. Layanan pembukaan rekening efek di MOST secara online ini dapat dilakukan menggunakan smartphone dengan tiga langkah.

Pertama, mengisi data diri, kemudian mengunggah dokumen yang diperlukan seperti KTP, swafoto dengan KTP, dan NPWP. Terakhir, melakukan tanda tangan digital untuk pembukaan rekening investasi dan rekening efek.

Adapun, peningkatan ini dilakukan untuk memfasilitasi investor ritel Mandiri Sekuritas yang mayoritas melakukan transaksi secara digital. Apalagi, 60% investor ritel Mandiri Sekuritas berada pada segmen usia muda, antara 20-30 tahun. Generasi milenial yang berinvestasi melalui layanan digital, memiliki karakter digital minded, efisien, dinamis, dan ingin serba cepat. Karakter seperti ini perlu difasilitasi, sehingga Mandiri Sekuritas pun meningkatkan layanannya.

Data Mandiri Sekuritas mencatat, sepanjang kuartal I 2020 terdapat 126.000 investor individu atau retail, naik 26% dari kuartal I 2019 yang sebesar 100.000 investor. Dari total investor tersebut, 80% bertransaksi secara digital melalui aplikasi MOST Mandiri.

Artikel Terkait