Ini Faktor-faktor yang Pengaruhi Harga Emas 24 Karat

Emas 24 karat dari Antam (PT Aneka Tambang Antam) adalah langganan para investor emas untuk berinvetasi. Menjadi salah satu pemasok emas utama dalam investasi emas membuat harga emas 24 karat milik Antam kerap menjadi tolok ukur yang bisa dipercaya.

Harga dari logam mulia ini tentunya terus mengalami perubahan setiap harinya. Kadang bisa naik sangat tinggi dan jarang sekali bisa turun drastis. Lalu sebenarnya, faktor apa saja yang memengaruhi harga logam mulia ini dan kenapa faktor-faktor ini sangat berpengaruh terhadap harganya secara keseluruhan?

Naiknya Permintaan Industri Terhadap Emas

Harga emas 24 karat bisa dipengaruhi oleh industri. Seperti yang kamu ketahui, emas bukanlah produk yang hanya digunakan oleh banyak orang secara langsung ataupun untuk berinvestasi. Namun, emas juga digunakan oleh berbagai industri besar, seperti perhiasan, medis hingga elektronik.

Ini mengapa, harga emas 24 karat bisa sangat terpengaruh jika industri yang telah disebutkan di atas terus meningkatkan permintaan kepada emas. Dan layaknya hukum ekonomi dasar, maka harga emas 24 karat di lapangan bisa semakin mahal karena kelangkaan.

Teknik Penimbunan

Faktor kedua yang bisa membuat harga emas 24 karat naik-turun adalah teknik penimbunan. Teknik penimbunan ini biasanya ada karena pasar emas dunia dimonopoli dan kembali lagi ke hukum ekonomi dasar, jika permintaan semakin naik, maka harga emas 24 karat bisa dimahalkan demi memperoleh keuntungan.

Isu Global

Nilai dari emas juga bisa terpengaruh oleh isu global. Dalam investasi saham, kamu mungkin mengenal analisis fundamental yang fokus kepada hal-hal di luar saham itu sendiri. Termasuk gejolak politik, kerusuhan hingga perang.

Contoh yang paling anyar adalah pada krisis ekonomi 1998 21 tahun lalu. Saat itu, ekonomi Indonesia yang kacau balau membuat harga komoditi melonjak tinggi.

Inflasi

Karena masih merupakan produk, maka emas 24 karat dipengaruhi juga oleh inflasi. Dalam ilmu ekonomi, inflasi berarti jumlah persentase yang menunjukkan kenaikan harga jasa atau barang secara umum. Biasanya faktor yang memengaruhinya adalah daya konsumsi masyarakat yang meningkat, likuiditas pasar yang tinggi hingga distribusi barang yang mandek.

Beberapa faktor tersebut adalah yang menyebabkan inflasi terjadi, dan inflasi membuat harga emas naik-turun.

Nilai emas milik Antam atau milik perusahaan manapun bisa terpengaruh oleh beberapa faktor di atas, karena investasi emas masih berada dalam lingkup ekonomi dan finansial. Selain pengetahuan tentang harga emas 24, kamu juga harus memahami aspek lain dalam investasi emas. Untuk memperlancar jalan kamu, silakan kunjungi blog milik Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait