Saham

Ini Cara Beli Saham Perusahaan Untuk Investor Pemula

cara beli saham perusahaan

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang masih dalam usia produktif, tentu sudah harus memikirkan tabungan dan mulai berinvestasi demi masa depan. Salah satu caranya adalah dengan menjadi investor saham atau berinvestasi saham. Sebagai investor pemula yang baru terjun ke dunia investasi saham, wajib untuk tahu cara beli saham perusahaan yang aman. Investasi saham ini risikonya tinggi, maka dibutuhkan pengetahuan luas dan keputusan yang tepat agar bisa menghasilkan untung di masa depan.

Kenapa investasi saham risikonya tinggi? Karena ada capital loss yang menyebabkan investor bisa mengalami kerugian besar. Di samping itu, investor juga bisa mendapat keuntungan sampai 20 persen atau lebih. Kalau untungnya sebesar itu, siapa yang tidak tergoda!

Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, dalam artikel ini diajak mengetahui dan memahami cara beli saham perusahaan yang aman untuk investor pemula.

Pilih Perusahaan Sekuritas yang Biaya Transaksinya Kecil

Masing-masing perusahaan sekuritas atau broker menetapkan biaya transaksi yang berbeda kepada investor. Maksudnya adalah saat ingin investasi saham, maka kamu diharuskan untuk membuka rekening efek (rekening dana nasabah) terlebih dahulu. Perusahaan perusahaan sekuritas ini akan memfasilitasi kamu ketika membuka rekening efek.

Setelah itu kamu wajib untuk top-up uang ke rekening efek tersebut. Dengan menggunakan uang itu, kamu sudah bisa membeli saham-saham yang kamu mau secara online. Lalu, biaya transaksi sendiri yaitu biaya atas pembelian dan penjualan saham. Biaya inilah yang jadi sumber pemasukan perusahaan sekuritas atau broker.

Ada sekuritas yang menerapkan biaya 0,15 persen dari pembelian dan 0,27 penjualan. Makin kecil biaya transaksinya, pastinya investor semakin diuntungkan. Meski begitu, bukan berarti sekuritas dengan biaya transaksi besar tidak layak untuk dibeli sahamnya. Mungkin saja pelayanan yang mereka berikan kepada nasabahnya lebih baik.

Jangan Terlalu Pelit dan Jangan Berlebihan

Sebagian besar orang masih banyak yang ragu untuk berinvestasi saham. Mereka takut kehilangan uang yang sudah diinvestasikan ataupun rugi besar. Namun, tak perlu khawatir karena kamu bisa memulainya dengan bujet minim. Bahkan ada beberapa saham yang harganya Rp100 perak per lembar.

Perlu diketahui juga bahwa dalam transaksi saham dikenal dengan satuan lot. Satu lot terdiri dari 100 lembar saham. Jadi, jika harga per lembarnya Rp100, maka dikalikan 100 menjadi Rp10.000. Tetapi, apakah dengan modal minim bisa untung berlipat-lipat seperti crazy rich? Pastinya tidak, karena semua yang menguntungkan punya risiko. Salah satu tips cara beli saham perusahaan yang bijak adalah dengan menyisihkan 10% dari tabungan atau gajimu per bulan. Top up dana setiap bulan dari penghasilanmu setiap bulan untuk membeli saham.

Dengan dana yang besar, kamu pun akan cuan besar. Namun, jangan sampai kamu menggunakan semua uangmu hanya karena ingin untung besar. Sebab ada kalanya harga saham turun, sehingga kamu bisa mengalami kerugian yang besar juga. Kuncinya bagi investor pemula adalah kesabaran. Rugi itu wajar dalam investasi saham, tapi yang terpenting jangan sampai kerugian itu membuatmu jadi miskin.

Pilih Saham Blue Chip atau LQ45

Bursa Efek Indonesia (BEI) selalu mengeluarkan yang namanya indeks saham. Indeksi ini merupakan ukuran statistik untuk melihat pergerakan pergerakan harga dari kumpulan saham-saham, yang telah dipilih sesuai kriteria tertentu. Tahun 2019 lalu, BEI mengumumkan ada 22 indeks saham. Kalau kamu bingung, kamu bisa memilih saham-saham yang tergabung dalam indeks LQ45.

Saham yang ada dalam indeks tersebut punya likuiditas sangat tinggi dan secara fundamental kinerja perusahaannya pun baik. Kumpulan saham yang tergabung dalam indeks tersebut biasanya disebut dengan blue chip. Dengan kamu memilih saham blue chip, ini adalah cara beli saham perusahaan yang aman.

Daripada kamu pusing-pusing pelajari sana-sini ataupun terus-terusan meminta saran, lebih baik masuk dalam indeks saham yang satu ini saja. Namun, sebelum itu alangkah baiknya kamu mengenal apa itu saham blue chip dan LQ45.

Tentukan Metode Investasi Saham

Saham itu pergerakan nilainya sangat dinamis, sehingga setiap hari nilainya bakal mengalami perubahan (naik-turun) dan perlu perhatian dari kamu sebagai investor. Dalam dunia investasi saham ada dua metode yang harus kamu pilih, yaitu trading saham atau investasi saham.

Trading saham ini dilakukan para trader yang ingin mencari keuntungan dalam waktu yang relatif singkat diantara naik dan turunnya harga. Sementara investasi saham, kamu menyimpan saham untuk jangka waktu yang lama dan mendapatkan keuntungannya di kemudian hari. Tentukan pilihanmu sekarang sesuai dengan kepribadian dan keinginan.

Analisis Kondisi Perusahaannya

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempelajari dan menganalisis bagaimana kondisi perusahaannya, mulai dari latar belakang hingga perkembangan bisnisnya. Jangan lupa pertimbangkan faktor eksternalnya (isu politik) juga yang bisa memberikan dampak terhadap nilai perusahaan tersebut.

Jika kamu sudah yakin dengan pilihanmu, kamu bisa mulai membeli sahamnya melalui aplikasi atau mendatangi kantor sekuritas tersebut.

Beli Saat Harga Turun

Mulailah membeli saham yang harganya sedang turun. Sebab suatu saat harganya akan kembali naik dan kamu pun bisa menerima keuntungan secara maksimal. Belilah di sektor yang berbeda-beda, seperti perbankan, properti ataupun consumer goods.

Cara beli saham perusahaan yang satu ini untuk berjaga-jaga jika salah satu harga sahammu sedang turun, kerugiannya bisa ditutupi dengan saham lain.

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, I., & Hadi, Y. L. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait