Ini Cara Bayar Pajak Online untuk Badan Usaha

cara bayar pajak online
cara bayar pajak online

Artikel ini akan membahas mengenai cara bayar pajak online untuk badan usaha. Bagi kamu yang memiliki badan usaha, harus mengetahui cara melakukan pembayaran secara online untuk melaporkan SPT Tahunan.

Sebagian besar orang sudah tahu, bahwa membayar pajak kini bisa dilakukan secara online. Sebelumnya, kamu harus membayar pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) secara langsung.

Dengan adanya aplikasi e-Filing, kamu bisa melaporkan SPT Tahunan dengan lebih mudah dan praktis. Kamu tidak perlu melaporkan pajak ke KPP.

Cara membayar secara online pun bisa dilakukan di mana saja, asalkan adanya internet yang memadai. Dengan begitu, kamu hanya perlu menyiapkan laptop atau smartphone.

Saat ingin mendirikan atau memiliki bisnis, kamu membutuhkan NPWP Badan atau NPWP perusahaan yang akan dibangun. Dengan mengetahui cara bayar pajak online, kamu bisa belajar untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

Sebelum mengetahui cara bayar pajak online, kamu harus mengetahui e-Filing terlebih dahulu. Berikut ini adalah penjelasannya:

Pengertian e-Filing Pajak

e-Filing berfungsi sebagai sistem online untuk melaporkan pajak tahunan agar memudahkan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajibannya.

Setiap informasi dan data yang diisi melalui e-Filing, akan dijamin kerahasiannya dengan kode EFIN untuk syaratnya.

EFIN berfungsi sebagai alat autentikasi (pembuktian) untuk setiap transaksi elektronik melalui e-Filing SPT yang akan dienkripsi. Sehingga, kerahasiaan informasi kamu akan terjamin.

Sebelum memulai transaksinya, kamu harus mengaktifkan EFIN terlebih dahulu.

Syarat Registrasi e-Filing Pajak

  • Melakukan registrasi untuk mengakses dan menggunakan layanan e-Filing.
  • Mengaktifkan kode EFIN sebagai syarat registrasi di KPP terdekat.
  • Mengisi formulir permohonan aktivasi EFIN.
  • Mengajukan permohonan yang dilakukan sendiri, dan tidak dapat diwakilkan.
  • Hanya dapat mengajukan satu kali permohonan untuk menggunakan layanan e-Filing.

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, maka kamu harus mengisi data registrasi dengan melalui tahapan berikut ini:

  1. Mengunjungi situs resmi DJP Online.
  2. Memasukkan NPWP dan kode EFIN yang sudah diperoleh dari KPP, kemudian nantinya akan diverifikasi.
  3. Secara otomatis, nama kamu akan muncul. Jangan lupa periksa informasi tersebut apakah sudah sesuai dengan identitas.
  4. Masukkan e-mail aktif kamu, nomor HP, dan membuat password dengan kombinasi angka dan huruf. Selanjutnya, klik simpan.
  5. Aktivasi e-mail yang dikirim melalui e-mail. Kemudian, buka link yang sudah dicantumkan di e-mail tersebut. Setelah itu, e-Filing sudah siap digunakan.

Cara Bayar Pajak Online untuk Badan Usaha

Sementara itu, untuk melakukan pelaporan SPT Badan Usaha melalui e-Filing, kamu harus memperhatikan beberapa hal.

Ada beberapa jenis pelaporan untuk kategori SPT Tahunan Badan Usaha. Bagi wajib pajak Badan Usaha, formulir yang akan digunakan adalah SPT 1771 dan berbagai dokumen lainnya.

Berikut ini adalah tahapan membayar pajak online untuk Badan Usaha:

  • Sebelum mengisi formulir, kamu harus login di akun pada halaman utama DJP Online.
  • Memilih e-Filing agar bisa masuk ke halaman utama layanan e-Filing. Setelah itu, pilih “Buat SPT” untuk melakukan laporan pajak.
  • Melengkapi pertanyaan dan mengikuti tahapan memilih jenis formulir yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, wajib pajak Badan Usaha termasuk ke dalam kategori formulir SPT 1771.
  • Melengkapi formulir dan pertanyaan yang diberikan sesuai kondisi.
  • Sebelum mengirim SPT, kamu harus mengisi kode verifikasi yang dikirim melalui e-mail.
  • Selanjutnya, kamu hanya perlu klik ‘Tombol Kirim SPT’.

Demikian penjelasan mengenai membayar pajak secara online untuk Badan Usaha. Setelah mengetahui langkah dan cara di atas, maka kamu hanya perlu mengikuti metode di atas.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait