Ingin Menjual Emas Antam, Kapan Waktu yang Tepat?

Ingin Menjual Emas Antam, Kapan Waktu yang Tepat?
Ingin Menjual Emas Antam, Kapan Waktu yang Tepat?

Salah satu jenis investasi yang digemari masyarakat umum adalah dengan invetasi emas. Pasalnya, berinvestasi emas mudah dilakukan oleh mereka yang awam pada jenis instrumen lainnya.

Terlebih lagi, lembaga yang kemasyarakatan seperti Pegadaian juga mulai memperkenalkan tabungan emas. Di mana pelanggan pegadaian umumnya adalah kalangan masyarakat menengah bawah yang berminat pada transaksi beli dan jual emas antam.

Kelebihan Berinvestasi Emas

Emas memang dikenal sebagai simbol kekayaan, sehingga terdapat kepercayaan di tengah masyarakat, bahwa dengan memiliki emas orang akan merasa mampu dan bisa memberikan rasa aman secara finansial. Selain itu, ada beberapa hal lain yang menjadi kelebihan dalam berinvestasi emas.

a. Tidak Berisiko Tinggi

Nilai investasi emas tidaklah terlalu dipengaruhi dampak inflasi. Selain itu, kenaikan nilai emas juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan rupiah. Kerugian yang terjadi dengan berinvestasi emas termasuk rendah hingga menengah. Maka tidak akan sampai mengancam kekayaan seseorang. Namun, kenaikan emas yang cukup tinggi, menawarkan jumlah keuntungan yang menggiurkan. 

b. Hak Kepemilikan Seutuhnya

Hak kepemilikan atas emas utuh pada si pemilik, sehingga orang lain tidak berhak ikut campur atas keputusan untuk beli atau jual emas antam yang dimilikinya. 

c. Bebas Pajak

Sebagai salah satu komoditi bebas pajak, membuat emas memiliki peminat yang tinggi. Karena investasi bebas pajak menjadi daya tarik tinggi bagi masyarakat.

d. Merupakan Aset Nyata

Berbeda halnya dengan investasi lainnya yang  berupa angka, emas memiliki bentuk nyata berupa koin, batangan, atau perhiasan, sehingga mampu menjadi jaminan yang memiliki nilai.

e. Mudah Dicairkan

Pada saat dalam keadaan terdesak atau butuh uang mendadak, emas juga sangat mudah dicairkan. Bisa dengan digadaikan atau  jual emas antam di pusat jual beli emas yang sudah banyak tersebar.

Waktu yang Tepat Menjual Emas

Kebanyakan masyarakat membeli emas bertujuan sebagai investasi jangka panjang. Biasanya hanya sebagai persiapan untuk saat mendesak atau bahkan untuk diwariskan pada generasi berikutnya. Akan tetapi, sebagaimana jenis investasi lainnya, setiap investor tentu mengharapkan keuntungan.

Pada dasarnya, untuk mendapatkan keuntungan signifikan dari investasi emas, setidaknya seseorang harus menunggu 6 bulan hingga 1 tahun. Keuntungan optimal akan didapatkan dengan menunggu setidaknya 3 tahun sebelum jual emas antam miliknya kembali.

Kalau kamu sudah menyimpan emas selama 3 tahun, tentu sudah relatif aman buat kamu menjual emas tersebut. Terlebih lagi dengan akses informasi yang sangat mudah seperti sekarang ini, ada banyak akses untuk mengetahui saat yang tepat untuk menjual emas.

Ada beberapa cara untuk melihat apakah harga emas sedang naik atau turun. Diantaranya dengan menggunakan aplikasi yang tersedia untuk smartphone, dengan cek pegadaian setempat, atau membuka situs resmi PT. Antam. Di sana kamu akan mengetahui harga beli atau jual emas antam terbaru.

Faktor yang paling berpengaruh terhadap harga emas adalah nilai mata uang Dollar. JIka nilai mata uang Dollar sedang jatuh, maka itulah saat yang tepat untuk menjual investasi emas. Karena, pada saat nilai mata uang dollar merosot, harga emas justru akan naik dan tentunya menghasilkan imbal balik yang besar bagi investor emas.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.


Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait