Ingin Mendapatkan Penghasilan dari YouTube? Begini Caranya

penghasilan dari Youtube
penghasilan dari youtube

Penghasilan dari YouTube bisa dibilang cukup besar. Namun tentu harus ada hal-hal yang kamu lakukan agar bisa mendulang keuntungan dari platform milik Google tersebut. Seperti apa caranya? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Sebagian besar browser internet menganggap YouTube sebagai tempat membuang-buang waktu. Baik itu menonton klip konyol atau video musik terbaru.

Bagi yang lain, ini adalah tempat untuk mengunggah dan membagikan video dari konser, acara yang layak diberitakan atau bahkan acara keluarga dengan teman online. Grup yang lebih kecil menganggap YouTube sebagai bagian sentral dari strategi pendapatan online mereka.

Mendapatkan penghasilan dariYouTube itu mudah, tetapi menghasilkan uang besar dengan satu platform ini juga bisa menjadi sebuah tantangan, karena banyak yang mengadu nasibnya dari satu platform berbagi video ini dan beradu kreatifitas.

Berikut adalah beberapa cara kerja penghasilan dari YouTube dan cara memulai menghasilkan uang melalui platform ini. Yuk simak cara-caranya:

Aktifkan AdSense untuk YouTube di Akunmu

Dua langkah pertama dalam menghasilkan pendapatan online dengan YouTube adalah membuka akun dan mengaktifkan monetisasi akun. Mengaktifkan monetisasi memerlukan penerimaan pedoman periklanan YouTube dan menghubungkan ke akun AdSense untuk pembayaran.

Mengaktifkan iklan di video YouTube, kamu diharuskan menyetujui pembagian pendapatan iklan Google untuk YouTube. Ada pemisahan 45/55 untuk semua pembuat konten, jadi Google menyimpan 45 persen dari semua iklan YouTube di video kamu, dan kamu mendapatkan 55 persen sisanya. Pembagian ini umum diterapkan di sistem Google.

Unggah Video dan Promosikan

Untuk mendapatkan penghasilan dari video, kamu harus memposting video terlebih dahulu di akun YouTube kamu. Kamu dapat membuat dan mengedit video kamu terlebih dahulu menggunakan program pengeditan seperti Adobe Premier atau Apple iMovie.

Kamu juga dapat mengunggah video mentah dari ponsel atau komputer kamu dan menggunakan editor video YouTube. Setelah video kamu terpublikasi, kamu perlu orang-orang untuk menontonnya.

Promosikan konten kamu di jejaring sosial, ke keluarga dan teman, di blog, dan outlet digital apa pun yang memungkinkanmu untuk dapat menjangkau lebih banyak orang. Lebih banyak penonton berarti lebih banyak uang di saku kamu.

Pada 2013, biaya rata-rata per seribu tayangan (Cost Per Mille) untuk YouTube adalah $ 7,60. CPM (biaya per seribu) adalah istilah industri yang mewakili pendapatan per seribu tayangan.

Pada 2013, penghasilan rata-rata untuk setiap pembuat konten YouTube adalah $ 7,60 per setiap seribu tayangan. Video dengan 500 penayangan akan menghasilkan sekitar $ 3,80.

Video seperti Gangnam Style dengan satu miliar penayangan akan menghasilkan $ 7,8 juta. Beberapa video menghasilkan tingkat yang lebih tinggi atau lebih rendah dari rata-rata tergantung pada konten video.

Video yang berisi musik berhak cipta tidak menghasilkan pendapatan untuk pembuat video, dan beberapa topik mungkin tidak menarik pengiklan. Orang lain memiliki daya tarik yang kuat dari pengiklan dan menaikkan CPM masing-masing kontennya.

Jika kamu kesulitan mendapatkan tampilan, cobalah untuk menjadi kreatif di mana kamu membagikan video kamu. Menargetkan audiens dengan minat pada jenis konten kamu, bekerja lebih baik daripada mencoba menarik audiens umum.

Sehingga kamu dapat menemukan hasil yang lebih baik dari grup atau forum Facebook tentang topik tertentu. Pastikan juga untuk mengatur pengaturan saluran individual kamu sehingga jika satu video menjadi populer, penonton dapat dengan mudah menemukan video terkait yang kamu buat.

Dapatkan Bayaran Dari AdSense

Setelah menautkan akun AdSense ke akun YouTube, kamu akan menerima kredit untuk setiap penghasilan bulanan video. Setelah kamu mengumpulkan $ 100 dalam pendapatan, Google akan mengeluarkan pembayaran ke rekening bank kamu.

Kamu dapat memilih untuk dibayar melalui setoran langsung (tidak tersedia di semua negara). Setoran langsung adalah metode tercepat dan tidak ada biaya. Jika kamu berlokasi di Amerika Serikat dan menghasilkan lebih dari $ 600 per tahun, Google akan mengeluarkan formulir 1099.

Apa pun itu, kamu diharuskan membayar pajak penghasilan atas penghasilan kamu.

Di kebanyakan kasus, iklan AdSense dari Google tidak akan berjalan jika channel yang kamu miliki tidak memenuhi syarat untuk dimonetasi. Seperti memiliki minimal jumlah subscriber dan jumlah jam waktu tonton yang telah dihasilkan dari video-video yang telah kamu buat. Kamu harus rajin untuk membuat konten dan menarik minat khalayak umum untuk bisa memenuhi syarat-syarat tersebut dan mengaktifkan akun AdSense milikmu.

Intinya Tentang Menghasilkan dari YouTube

Individu dan bisnis menghasilkan ratusan jutaan rupiah melalui iklan YouTube, tetapi ada risiko menggunakan platform yang dikendalikan oleh perusahaan lain. Tidak hanya ada kemungkinan bahwa perubahan dalam algoritma pencarian Google dapat membuat atau memutus lalu lintas video, tetapi Google juga mengambil potongan besar 45 persen dari pendapatan dari iklan video.

Namun demikian, YouTube adalah platform besar dan mesin pencari terbesar kedua di dunia setelah Google, yang memasukkan video YouTube dalam hasil pencarian. Jika manfaat menjangkau pemirsa YouTube yang besar lalu ada Google yang menangani bagian yang paling padat untuk membangun jaringan iklan lebih besar daripada biaya dan risiko, platform ini adalah sumber yang bagus untuk mengubah video menjadi uang tunai.

Tidak ada yang tidak mungkin jika kamu menekuni YouTube sebagai salah satu sumber utama untuk mencari uang atau sekadar membagikan karyamu dan memuaskan rasa kreatifmu. Dalam banyak kasus yang terjadi, YouTube dijadikan alat untuk menyalurkan karya dan kreatifitas, namun melupakan sisi keuntungan secara materiil yang didapatkan. Jika tahu begini, apakah kamu tertarik untuk bisa membuat video, bersenang-senang, dan mendapatkan penghasilan dari YouTube? Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait