Ingin Membeli Mobil? Inilah Pertanyaan Yang Harus Anda Jawab

Pilihan model dan opsi pembiayaan yang menarik membuat pembelian mobil tampak mudah dan menyenangkan. Tetapi apakah Anda membuat keputusan yang cerdas secara finansial? Berikut adalah 6 pertanyaan yang harus Anda jawab untuk memastikan pembelian mobil Anda dilakukan dengan cermat.
 
# Apakah Anda Siap Menghadapi Beban Keuangan Untuk Membayar Pinjaman Mobil?
 
Sebagian besar dari Anda mungkin akan menggunakan pinjaman mobil untuk membiayai pembelian kendaraan Anda. Penting bagi Anda untuk memahami tekanan keuangan yang mungkin dimiliki cicilan. Ini semua lebih penting jika ini adalah pertama kalinya Anda mengambil beban pinjaman yang signifikan. Jika Anda membayar cicilan lain, maka pastikan bahwa Anda tidak membayar lebih dari 40% dari pendapatan bersih Anda terhadap semua cicilan yang digabungkan.
 
# Apakah Anda Siap Untuk Membayar Biaya Perawatan Mobil Anda?
 
Mobil tidak seperti sepeda motor dalam hal biaya servis. Biaya perawatan mobil rata-rata bisa naik tiga kali lipat dari biaya perawatan sepeda motor. Apalagi jika Anda menambahkan biaya bahan bakar. Pastikan Anda siap untuk biaya-biaya ini yang setidaknya dapat meningkatkan pengeluaran bulanan Anda untuk perjalanan.
 
# Apakah Mobil Bekas Lebih Masuk Akal untuk Keuangan Anda?
 
Pertimbangan alternatif lain untuk membeli mobil bekas dibandingkan membeli mobil baru. Terkadang, kita cenderung menganggap mobil sebagai aset. Mobil sebenarnya adalah liabilitas, dan Anda harus berusaha memastikan bahwa itu bukan liabilitas yang mahal.
 
Mobil bekas umumnya lebih murah saat Anda membelinya, tetapi bisa menjadi lebih banyak kedepannya karena butuh biaya servis yang lebih besar. Pastikan Anda telah melakukan pemeriksaan menyeluruh saat membeli mobil bekas. Jika Anda jarang menggunakan mobil, membeli mobil bekas lebih masuk akal.
 
# Apakah Anda Bermaksud Menjual Mobil Anda Suatu Hari Nanti?
 
Jika Anda membeli mobil baru, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah Anda bermaksud untuk menggantinya pada titik tertentu? Mobil dan merek tertentu memiliki nilai jual kembali yang lebih baik yang berguna nantinya.
 
Ini juga menyiratkan bahwa semakin Anda merawat mobil Anda, semakin baik nilai yang Anda dapatkan saat menjualnya. Rawat juga dokumen mobil Anda, karena dokumen yang hilang dapat membuat penjualan menjadi masalah besar.
 
# Apakah Anda Mempertimbangkan Setiap Biaya, Termasuk Asuransi?
 
Biaya utama yang harus Anda perhitungkan adalah biaya pembelian mobil. Jumlah uang pada kertas daftar harga belum tentu harga yang Anda bayar. Sebelum Anda meninggalkan rumah, cari tahu harga untuk mobil yang ingin Anda beli. Hati-hati ketika membagikan detail Anda. Dengan membagikan detail Anda dengan pihak ketiga, Anda sering mengirimkan email dari layanan pembuatan prospek.
 
Asuransi dan biaya tambahan seperti untuk sistem audio yang ingin Anda pasang atau sensor alat bantu parkir, semua harus diperhitungkan. Perusahaan mobil mungkin menjual mobil dengan sistem audio yang terpasang tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih bagus, bersiaplah untuk biaya yang harus Anda keluarkan. Anda dapat merapikan mobil Anda sesuka Anda, tetapi bersiaplah untuk biayanya.
 
# Berapa lama untuk melunasi mobil?
 
Jawabannya di sini semua tergantung pada jangka waktu pinjaman, yang bisa sesingkat dua tahun atau selama enam atau tujuh. Secara umum, Anda juga dapat menegosiasikan suku bunga yang lebih rendah jika Anda memperpendek jangka waktu. Pembayaran bulanan Anda akan lebih tinggi, tetapi Anda akan membayar lebih sedikit.
 
Jika Anda membelinya dengan pinjaman, cari suku bunga yang diiklankan yang mendekati nol persen. Tingkat bunga aktual Anda akan bervariasi, berdasarkan skor kredit dan sejarah, tetapi Anda ingin membayar sesedikit mungkin. Tidak ada jaminan kapan penawaran terbaik akan muncul, jadi pertimbangkan untuk berbicara dengan beberapa dealer dan tetap mengetahui tawaran khusus yang diiklankan begitu Anda tahu mobil mana yang ingin Anda beli.
 
Di samping membeli rumah, kendaraan biasanya merupakan pembelian terbesar kedua yang akan dilakukan seseorang seumur hidup. Sangat mudah untuk bersemangat ketika disajikan kesempatan untuk membeli mobil baru. Kadang-kadang orang menjadi sangat emosional dalam euforia proses pembelian mobil, mereka cenderung membuat beberapa keputusan yang sangat buruk. Dealer dan salesman mereka sangat menyadari hal ini, dan akan memangsa kelemahan ini untuk mengisi kantong mereka.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait