Blockchain Info, 5 Startup Blockchain yang Ada di Indonesia

Info Blockchain

Bagi para penggiat mata uang digital, Blockchain info adalah hal yang masih teramat sulit ditemui di Indonesia. Penyebabnya adalah masih terbatas jumlah peminatnya sehingga informasi soal ini juga sangat terbatas. Padahal sebenarnya cryptocurrency sangat menjanjikan di masa depan sehingga ada baiknya mengenal lebih jauh soal sistem mata uang digital ini.

Blockchain identik dengan mata uang digital Bitcoin yang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Padahal sebenarnya Blockchain tidak melulu soal Bitcoin, namun juga banyak mata uang digital lainnya. Masih banyak masyarakat yang salah tangkap soal info Blockchain sehingga belum memahami benar konsepnya.

Sistem Blockchain dianggap inovasi karena tidak menggunakan pihak ketiga sehingga bisa memangkas biaya transaksi. Catatan setiap transaksi disebar secara terbuka di komputer yang terkait dengan jaringan mata uang digital yang bersangkutan. Karena itu, Blockchain dianggap bisa mengubah pola transaksi di masa mendatang dan gaya hidup kita. 

Dapatkan Blockchain Info dengan Mengenal 5 Startup ini

Layanan berbasis Blockchain sendiri kini semakin berkembang di seluruh dunia. ndPerkembangnya juga merambah hingga ke Indonesia. Peminat mata uang digital sendiri di Indonesia cukup banyak dan jumlahnya semakin meningkat.

Selain itu, Bitcoin sebagai salah satu produk Blockchain yang paling populer, kini sudah legal di Indonesia. Hanya saja legalitasnya terbatas hanya sebagai komoditas di pasar keuangan saja dan bukan sebagai alat pembayaran. Karena itu, masih perlu dikonversikan menjadi mata uang rupiah baru bisa dijadikan alat pembayaran.

Tren positif ini juga didukung ada berdirinya sejumlah startup berbasis Blockchain di Indonesia. Paling tidak saat ini ada sejumlah startup berbasis Blockchain yang sudah cukup punya nama di Indonesia. Ajaib akan menjelaskan lima perusahaan berbasis teknologi yang menawarkan sistem Blockchain sebagai layanannya. Perusahaan tersebut antara lain:

1. Blockchain Zoo

Perusahaan yang berbasis di Bali ini menawarkan jasa dan workshop bagi perusahaan yang ingin menerapkan Blockchain dalam bisnisnya. Hal ini juga termasuk training menyeluruh untuk pelaksanannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing klien.

Berbagai hal yang diajarkan antara lain antifraud, compliance, bussiness progress, supply chain, termasuk melacak transaksi di dark web. Startup yang mengembangkan bisnisnya di seluruh wilayah Asia Tenggara ini menyebutkan saat ini paling tidak sudah melayani 30 klien dalam berbagai skala sejak didirikan tahun 2017.

2. Corechain

Startup lokal ini memberikan layanan untuk masalah sistem Blockchain mulai dari pengembangan, operasional, hingga soal keamanannya. Perusahaan ini menyediakan diri sebagai operator sistem Blockchain bagi perusahaan yang ingin mengadopsi cara ini tanpa repot melakukan pengadaan SDM.

Keunggulannya adalah sistem yang open platform sekaligus private sehingga keamanannya terjamin. Paling tidak perusahaan ini sudah menjadi mitra dari PT Antam Indonesia dan PT Pos Indonesia khususnya untuk mengembangkan layanan remitansi digital.

3. Block Tech

Block Tech menyediakan layanan pengembangan dan consulting untuk sistem berbasis Blockchain. Skala perusahaan ini juga sudah sangat luas, karena meliputi berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Perusahaan ini juga dikenal karena progresnya dalam menciptakan lingkungan Blockchain di kawasan Asia Tenggara di berbagai bidang.

Selain itu, salah satu yang paling dikenal adalah penyediaan coworking space bernama blockchain space bermitra dengan Unionspace. Ruang kerja tersebut dimaksud sebagai wadah bagi pihak yang ingin mendaparkan info Blockchain lebih banyak dan ikut berpartisipasi mengembangkannya.

4. Indodax

Startup berbasis Blockchain tertua di Indonesia adalah Indodax. Perusahaan ini berdiri pada 2013. Layanannya berupa marketplace tempat trasaksi digital aset yang dijual maupun dibeli. Sejumlah mata uang digital yang diperdagagangkan antara lain, Bitcoin, Dash, Ethereum, dan Litecoin.

5. TokoCrypto

Startup Blockchain ini berdiri pada tahun 2017 dan menjadi salah satu platform exchange yang lahir dari sekumpulan pegiat kripto dengan tingkat percaya diri yang tinggi untuk membantu mengaplikasikan teknologi Blockchain dan dapat digunakan oleh masyarakat umum. Startup ini terus mempromosikan asset kripto ke kota-kota lainnnya di seluruh Indonesia secara agresif.

Perusahaan ini juga responsif dengan menyediakan diri sebagai marketplace mata uang digital yang terus bermunculan. Saat ini paling tidak sudah ada 1,2 juta pengguna dengan nilai transaksi per hari hingga lebih dari 100 miliar. Indodax juga berpartisipasi mengembangkan Blockchain dengan seminar rutin yang diadakannya. 

Kelima korporasi rintisan tersebut adalah perusahaan berbasis Blockchain yang sudah eksis di Indonesia. Layanan yang diberikannya tentu merupakan angin segara bagi pelaku transaksi mata uang digital di Indonesia. Harapannya bukan saja start up rajin memberikan Blockchain Info di masyarakat luas namun juga sanggup meningkatkan perkembangannya di level lebih baik.

Bacaan menarik lainnya:

European Central Bank. (2012). Virtual Currency Schemes. Germany: European Central Bank.
Suparmono, Gatot. (2014). Hukum Uang Di Indonesia. Bekasi: Gramata Publishing


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait