Harga Emas Perhiasan Hari Ini, Naik atau Turun? Cari Tahu di sini!

Harga Emas Perhiasan Hari Ini, Naik atau Turun? Cari Tahu di sini!
Harga Emas Perhiasan Hari Ini, Naik atau Turun? Cari Tahu di sini!

Harga emas perhiasan hari ini naik atau turun? Itu sebuah pertanyaan yang mungkin tercetus di benak kita semua ketika ingin berinvestasi emas, utamanya perhiasan. Sebagai salah satu instrumen investasi yang populer, harga emas penting untuk diketahui agar investasi emas yang dijalankan berjalan mulus tanpa kendala.

Perhiasan emas bukan hanya mempunyai ‘tugas’ untuk mempercantik diri, tapi juga sebagai bentuk investasi atau dana darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Jadi, penting bagi kamu bukan hanya untuk memilih model perhiasan emas yang sesuai dengan karakter, namun juga lebih jeli dan rutin mengecek harga emas perhiasan hari ini naik atau turun. Lalu apa saja faktor yang berpengaruh besar kepada harga emas perhiasan hari ini naik atau turun? Berikut beberapa diantaranya.

Penawaran dan Permintaan

Faktor penentu harga emas yang pertama adalah penawaran dan permintan. Ini adalah salah satu prinsip ekonomi dasar yang memengaruhi harga segala komoditas. Ketika permintaan emas tinggi namun persediaan emas sedikit, maka harga emas cenderung naik, sementara jika skenario dibalik, maka harga akan cenderung menurun. Karena harga emas perhiasan akan ditentukan oleh kedua hal ini, maka penting bagi kamu untuk menyadari faktor yang satu ini.

Kondisi Pasar

Faktor kedua yang memengaruhi harga emas adalah kondisi pasar. Keadaan politik dan ekonomi membentuk kondisi pasar, yang pada akhirnya memengaruhi harga emas. Contoh kasusnya adalah ketika masa Great recession yang terjadi pada tahun 2008. Di masa itu, harga emas perhiasan melambung tinggi sampai mencapai US$1,917 per ons atau jika dikonversi menjadi rupiah bisa seharga Rp17 juta.

Penyusutan nilai mata uang

Harga emas juga bisa dipengaruhi oleh penyusutan nilai mata uang. Hal ini terjadi ketika mata uang sebuah negara kehilangan nilai dengan 1 atau 2 mata uang asing. Inflasi dan kebijakan keuangan adalah 2 hal utama yang sering menyebabkan harga emas perhiasan hari ini naik atau turun.

Memahami faktor yang menyebabkan harga naik atau turun sekali lagi, penting bagi kamu yang ingin investasi emas. Dengan memahami faktor-faktor yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa lebih percaya diri ketika nantinya berinvestasi emas dan memahami keadaan sekitar, sehingga kelak kamu tidak akan ceroboh dalam investasi logam mulia yang satu ini. Perkaya pengetahuan kamu tentang investasi emas dan investasi lainnya dengan berkunjung ke blog Ajaib Indonesia.

Jika kamu mau coba investasi yang lebih menguntungkan, kamu bisa coba investasi Reksa dana dan saham di Ajaib.co.id. Di sini, kamu bisa memulai investasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasimu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait