Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menyewa Jasa Desain Rumah

Hal yang Haru Diketahui Sebelum Menyewa Jasa Desain Rumah
Hal yang Haru Diketahui Sebelum Menyewa Jasa Desain Rumah

Sebelum membangun rumah, tentunya kamu membutuhkan jasa desain rumah. Untuk membuat desain rumah, kamu tidak bisa melakukannya sembarangan. Sebab, rumah tersebut akan kamu tinggali dan bisa menjadi investasi. Rumah dengan desain yang baik, akan lebih nyaman untuk ditinggali. Selain itu, harga jualnya pun akan semakin tinggi. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu menyewa jasa desain rumah sebelum membangun rumah idaman.

Alasan Menggunakan Jasa Desain Rumah

Bagi sebagian orang, menggunakan atau menyewa jasa desain rumah bukanlah hal yang penting. Bukan hanya menambah biaya membangun rumah saja, tetapi juga ada biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar arsitek. Namun, ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan kamu mengapa jasa desain rumah sangat diperlukan.

a. Hasil Desain yang Bagus

Seorang arsitek pastinya memiliki pengetahuan soal mendesain rumah. Bukan hanya fungsinya, tetapi juga secara nilainya. Dengan menggunakan jasa arsitek untuk mendesain rumah, kamu bisa mendapatkan desain rumah yang memiliki nilai lebih.

b. Mengatur Tata Ruang yang Baik

Untuk membuat desain rumah, arsitek akan mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, sirkulasi udara atau cahaya yang masuk ke dalam rumah. Meskipun luas tanahnya tidak terlalu besar, arsitek bisa membantu kamu untuk mengatur atau menciptakan tata ruang yang luas dan lega.

c. Desain yang Modern dan Elegan

Seiring berjalannya waktu, desain rumah mengalami perkembangan yang pesat. Dengan menggunakan jasa desain rumah, kamu akan mendapatkan desain rumah yang modern dan elegan sesuai selera.

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menyewa Jasa Desain Rumah

a. Tarif atau Biaya Sewa Arsitek

Umumnya, biaya jasa arsitek akan dibedakan dari berbagai kategori, yaitu:

  • Jam konsultasi
  • Luas bangunan rumah
  • Jenis bangunan rumah
  • Persentase atau estimasi biaya konstruksi

Untuk mengetahui patokan tarifnya, kamu bisa menghubungi asosiasi profesi arsitek. Biasanya, ada biaya yang disepakati oleh arsitek di organisasi tersebut.

b. Asosiasi Arsitek yang Resmi

Sebaiknya, kamu mencari arsitek yang tergabung di dalam asosiasi resmi. Hal itu bertujuan untuk mengetahui tarif resminya. Selain itu, jika ada masalah atau hambatan, kamu bisa menghubungi asosiasi arsitek terkait. Tentunya, asosiasi tersebut akan membantu kamu dalam mencari solusi atas masalah yang terjadi.

c. Proposal Desain

Sebelum pembangunan rumah dilakukan, arsitek akan menunjukkan proposal desain atau gambar denah kepada kamu. Namun, desain dalam proposal tersebut belum sepenuhnya benar. Kamu juga bisa memberikan pendapat atau masukan. Sebetulnya, kamu harus memberikan masukan. Sebab, rumah tersebut akan dihuni oleh kamu dan keluargamu, sehingga semua desain ataupun spesifikasi harus sesuai dengan keinginanmu. Arsitek juga bisa merevisi proposal desain yang sudah disetujui sebelumnya. Revisi tersebut akan dilakukan sesuai dengan persetujuan dari kamu.

d. Kontrak Masa Kerja

Setelah proposal desain tersebut disetujui oleh kamu, maka selanjutnya adalah menyetujui kontrak kerja. Dalam perjanjian tersebut, nantinya ada biaya arsitek dan hak kewajiban dari masing-masing pihak. Kontrak ini biasanya disediakan oleh arsitek. Maka dari itu, kamu harus membacanya dengan cermat. Jangan sampai ada yang terlewatkan.

e. Menghubungi Pihak Kontraktor

Biasanya, arsitek akan mencarikan kontraktor untuk membangun rumah kamu. Mereka sudah memiliki jaringan bisnis sendiri. Kamu pun bisa mencari kontraktor sendiri. Jika kamu minta dicarikan kontraktor, pastikan meminta data mengenai kontraktor tersebut. Lihatlah rekam jejak proyek yang sudah dikerjakan beserta hasilnya. Jangan lupa juga untuk mendiskusikan biayanya. 

f. Proses Pembangunan

Meskipun sudah dikerjakan oleh arsitek dan kontraktor, namun kamu harus melihat proses pembangunannya. Tujuannya adalah untuk memastikan pembangunan dapat berjalan lancar. Kamu juga bisa berkomunikasi dengan tukang bangunannya di lokasi proyek. Dari situlah, kamu bisa mengetahui soal pembangunan dan harga-harga materialnya. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

g. Masa Retensi atau Garansi

Arsitek dan kontraktor akan memberikan masa retensi sesuai pembangunannya. Masa retensi mirip dengan garansi saat kamu membeli gadget. Pada umumnya, masa retensi akan diberikan selama tiga bulan. Garansi tersebut meliputi atap bocor, tembok retak, engsel rusak, dan lainnya. Kamu bisa tanyakan masa retensi tersebut ke arsitek sebelum menandatangani surat kontrak.

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum membangun rumah. Sebab, urusan rumah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jasa desain rumah memang disediakan oleh Pemerintah. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa kualitas arsitek tersebut memang baik.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait