Banking

Ganti Kartu ATM dengan Kartu Ber-Chip, Lebih Aman

Ganti Kartu ATM

Ajaib.co.id – Kamu tergolong Milenial yang mobile-apps savvy, atau card savvy? Jawabannya, buka dompetmu. Jika kartu debit ATM-mu mulus, berarti kamu termasuk hobi belanja online dan aktif menggunakan m-banking atau digital banking.

Tapi kalau agak kumal, berarti kamu hobi  bertransaksi offline di berbagai gerai dan beraktivitas perbankan via mesin ATM, sehingga perlu disiplin ganti kartu ATM, agar terhindar dari kerepotan.

Jarang sekali ada pengguna kartu debit ATM yang rajin memeriksa kodisi kartu ATM miliknya. Selama masih bisa dimasukkan ke mesin ATM untuk ambil cash, transfer dan bayar via swipe di mesin EDC counter favorit, maka kartu dianggap aman, dan enggakperlu ganti kartu ATM.

Kartu ini adalah fasilitas untuk mempermudah transaksi perbankan di luar kantor bank. Jadi, ironis kalau malah bikin susah. Telusuri artikel Ajaib ini lebih memahami kartu debit ATM-mu.

2 Alasan untuk Segera Ganti Kartu ATM

1. Alasan Keamanan

Sejak 5 tahun lalu, Bank Indonesia telah mengeluarkan ketentuan kepada seluruh bank di Indonesia untuk mengeluarkan kartu debit ATM menggunakan chip yang berstandar National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS), seperti tertuang pada Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/51/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu debet ATM yang diterbitkan di Indonesia.

Salah satu alasan mengapa nasabah harus mengganti kartu debit ATM lamanya yang berteknologi magnetic stripe ke versi baru yang menggunakan chip adalah faktor keamanan. Kartu debit ATM berbasis chip relatif lebih aman dari modus penipuan atau pencurian data nasabah dan transaksi melalui teknik skimming, dibanding pendahulunya.

Tentunya ini meningkatkan ketenangan hati dan kenyamanan nasabah beraktivitas perbankan. Jika kamu melakukan penggantian ini sebelum batas expire date kartumu, maka bank tidak akan mengenakan biaya penggantian.

2. Alasan Masa Kedaluwarsa

Saat kamu sedang buru-buru ingin menuntaskan transaksi pembayaran via kartu debit ATM setelah antrean mengular di kasir hypermart langgananmu, pasti luar biasa frustasi rasanya jika mesin EDC menolak kartu debit ATM kamu, padahal kamu yakin saldo masih menggunung dan PIN terinput dengan benar. Insiden ini memang bisa terjadi jika masa berlaku kartumu expired.

Kartu debit ATM idealnya memang diganti sebelum masa berlakunya berakhir (valid thru), karena jika sudah terburu lewat, beberapa bank akan mengenakan biaya penggantian. Tapi meskipun begitu, hal ini tetap akan lebih menguntungkan untuk kamu lakukan karena akan melancarkan semua transaksi kartu debit ATM-mu.

Ganti Kartu ATM Magnetic Stripe dengan Chip Sebelum Kedaluwarsa

Jika kamu sudah menyadari pentingnya mengawasi masa berlaku demi kelancaran transaksi kartu debit ATM-mu, sekarang buka dompet dan cek tanggal valid thru kartumu. Kalaupun masa berakhirnya masih lama, jangan tunda, tetaplah segerakan proses penggantiannya. Karena dengan begitu kamu akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yakni kelancaran dan keamanan transaksi.

Berikut ini adalah prosedurnya ganti kartu ATM sebelum expired:

1.   Kunjungi kantor cabang bank kamu yang terdekat.

2.   Bawa kartu debit ATM yang lama.

3.   Bawa e-KTP, SIM atau Paspor.

4.   Bawa buku tabungan dari rekening yang sama dengan kartu debit ATM-mu.

5.   Siapkan biaya penggantian kartu dalam bentuk cash, ataupun di dalam rekening yang bersangkutan yang nilanya antara Rp10.000 hingga Rp25.000.

6.   Ambil nomor antrean di Customer Service (CS) setibanya kamu di bank.

7.   Begitu giliranmu dipanggil, utarakan niatmu untuk melakukan penggantian kartu debit ATM lama dengan yang baru kepada petugas Customer Service.

8.   Isi formulir yang disediakan oleh petugas Customer Service dan tandatangani.

9.   Biasanya petugas Customer Service akan memberikan dua pilihan untuk kartu baru ber-chip, yaitu yang mencantumkan nama lengkap dan yang tidak. Kartu yang bernama memerlukan waktu penyiapan beberapa hari, sementara yang tidak bernama bisa langsung jadi dan kamu bawa.

10. Petugas Customer Service akan langsung memproses permintaan penggantian kartu debit ATM sesuai dengan pilihanmu, dan memberikan kartu debit ATM baru ber-chip kepada kamu.

11. Petugas Customer Service akan memintamu untuk menandatangani dan men-set PIN baru untuk kartu debit ATM kamu menggunakan mesin EDC yang ada di mejanya. Setting PIN kartu debit ATM ber-chip melalui mesin EDC bukan lagi dengan cara swipe (gesek), melainkan dengan cara dip (celup/tanam) pada slot EDC.

12. Kamu dilarang memberitahukan PIN kartu Debit ATM-mu ke pihak manapun, bahkan petugas Customer Service bank tersebut, demi keamanan. Namun, pastikan kamu menghafal nomor PIN baru tersebut untuk mencegah terjadinya pemblokiran kartu ATM akibat lupa PIN sebanyak tiga kali saat bertransaksi di mesin ATM.

13. Setelah PIN kartu baru ter-setting, petugas Customer Service bank akan memberitahukan jika ada biaya penggantian, yang bisa kamu bayar langsung dari meja petugas Customer Service, tanpa harus antre di Teller.

14. Saat proses sudah selesai dan kartu debit ATM baru (yang tidak bernama) sudah diaktivasi, petugas Customer Service akan menyerahterimakan kartu tersebut, dan langsung bisa kamu gunakan. Bagi kartu yang bernama, bisa kamu ambil beberapa hari kemudian, sesuai ketentuan bank tersebut.

15. Untuk mengonfirmasi kelancaran fungsinya sebelum terburu pergi jauh, kamu disarankan untuk menguji fungsi kartu debit ATM ber-chip baru itu di mesin ATM yang ada di kantor cabang bank tersebut, atau banking hall terdekat. Jika bermasalah, segeralah kembali ke petugas Customer Service untuk penanganannya. Apabila kartu Debit ATM baru ber-chip milikmu itu berfungsi dengan baik, maka kamu sudah bisa bebas membawanya bersamamu.

Ayobuka dompet dan cek lagi tanggal valid thru kartu debit ATM kamu ya. Ganti kartu ATM lama kamu sebelum terburu terjebak bahaya skimming ataupun kerepotan saat bertransaksi di counter dan mesin ATM.

Ganti juga instrumen investasi yang melambatkan kinerja portofolio investasimu dengan platform investasi yang berintegritas seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam satu aplikasi, biaya beli saham sampai dengan 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.

Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor Milenial karena telah mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintechnew Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.

Artikel Terkait