Saham, Teknologi

Fitur di Aplikasi Data Saham Indonesia, Apa Saja?

Aplikasi Data Saham Indonesia

Ajaib.co.id – Melakukan investasi saham artinya harus bisa mengelola dana dengan baik agar bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Selain itu, kamu juga harus mampu membaca berbagai data saham agar tepat dan bijak mengambil keputusan. 

Beberapa data yang perlu dimengerti dengan baik di antaranya laporan keuangan perusahaan, berita ekonomi global maupun lokal terkait bisnis dan perusahaan yang sahamnya kamu beli, dan tentunya data saham itu sendiri.

Salah satu cara mudah mengakses berbagai data bagi pemain saham adalah dengan mengunduh aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu aplikasi data saham yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi Data Saham Indonesia.

Aplikasi Data Saham Indonesia adalah aplikasi yang memang didesain untuk membantu kamu sebelum mengambil keputusan saat melakukan transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI)/Indonesia Stock Exchange (BEI/IDX). Aplikasi ini dibuat oleh Kajo Kangin Studio sejak tahun 2015 dan sudah diunduh lebih dari 8.000 kali di Google Play Store.

Aplikasi Data Saham Indonesia rupanya masih menjadi favorit bagi pemain saham hingga bisa meraih rating 4.7 dari ulasan di Google Play Store. Hampir semua ulasan menyebutkan bahwa aplikasi ini bisa membuat penggunanya memantau pergerakan saham incaran, praktis dan informatif, bahkan tak jarang pengguna menyatakan ingin upgrade aplikasi menjadi versi premium.

Apa saja fitur yang ada di Aplikasi Data Saham Indonesia ini? Mengapa kehadirannya bisa sangat membantu para pemain saham Indonesia? Redaksi Ajaib merangkum beberapa fiturnya melalui artikel berikut.

1. Data Saham BEI Real Time

Data saham adalah elemen terpenting yang harus dimengerti pemain saham jika ingin melakukan keputusan. Data indeks harga saham secara real time ini biasanya muncul dalam bentuk grafik, baik grafik garis, grafik batang, maupun grafik lilin yang berisikan harga pembukaan, harga penutupan, serta harga tertinggi dan terendah/open-high-low-close-volume (OHLCV).

Periode data saham yang dimiliki aplikasi Data Saham Indonesia ini adalah end of day dan intraday dalam rentang 1 jam, 30 menit, 15 menit, 5 menit, dan 1 menit.

2. Rasio Fundamental

Data berikutnya yang bisa diakses di aplikasi Data Saham Indonesia adalah rasio fundamental saham. Rasio fundamental ini digunakan untuk menentukan saham yang ingin dijual atau dibeli dengan cara menganalisis kondisi fundamental perusahaan.

Apa saja rasio fundamental inti yang disediakan oleh aplikasi ini? Berikut daftarnya.

●       Earning Per Share (EPS)

●       Price to Book Value

●       Dividen

●       Current Ratio

●       Debt to Total Asset Ratio (DAR)

●       Debt/Equity Ratio (DER)

●       Return on Assets (ROA)

●       Return on Equity Ratio (ROE)

●       Gross Processing Margins (GPM)

●       Operating Margin (OPM)

●       Net Profit Margin (NPM)

●       Payout Ratio

●       Yield

3. Sinyal Beli & Jual

Sinyal beli & jual adalah sebuah sistem yang dibuat berdasarkan data teknikal. Berikut adalah beberapa data teknikal yang jadi landasan sinyal di aplikasi Data Saham Indonesia.

●       Moving Average (MA)

●       Relative Strength Index (RSI)

●       Stochastic Oscillator

●       StochRSI

●       MACD

●       Average True Range (ATR)

●       Average Directional Index (ADX)

●       CCI

●       Ultimate Oscillator

●       Rate of Change (ROC)

●       WilliamsR

4. Bandarmology

Bandarmology adalah analisis lanjutan dari analisis teknikal yang biasa digunakan dalam pembuatan keputusan jual dan beli saham. Walau sebutannya bandar, bandarmology bukanlah pengendali harga dan penguasa pasar.

Bandarmology yang ada di dunia saham artinya market maker yang punya dana besar sehingga bisa jadi acuan pergerakan pasar.

Kalkulasi bandarmology di aplikasi Data Saham Indonesia bisa memberikan indikator movement, value, dan volume melalui 2 pola analisa. Pola analisa tersebut adalah top 5 broker net transaction dan foreign net transaction.

5. Berita Investasi & Pasar Saham

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemain saham harus sangat akrab dengan berbagai berita investasi dan pasar saham karena akan sangat menentukan keputusan yang bisa menguntungkan.

Perusahaan berstatus Tbk yang sudah masuk bursa berkewajiban untuk memberikan dan menyediakan informasi berupa Fakta Material yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 31 Tahun 2015.

Fakta Material yang dimaksud adalah informasi relevan mengenai peristiwa, kejadian, atau fakta yang dapat mempengaruhi efek saham yang harus disampaikan sesegera mungkin pada masyarakat paling lambat pada akhir hari kerja ke-2.

Beberapa informasi yang masuk dalam kategori Fakta Material adalah berita penggabungan usaha, pemisahan usaha, peleburan usaha, atau pembentukan usaha patungan, pembelian atau pengajuan saham perusahaan yang dinlainya material.

Kemudian terkait pengajuan tawaran untuk pembelian Efek perusahaan lain, perubahan tahun buku Emiten atau Perusahaan Publik, perubahan kegiatan usaha Emiten atau Perusahaan Publik oleh regulator terkait, dan berbagai jenis informasi lainnya.

Nah, informasi-informasi yang sangat penting untuk pengambilan keputusan ini diperbarui secara berkala di aplikasi Data Saham Indonesia. Tentunya akan sangat memudahkan karena tidak harus melakukan pencarian manual untuk berita yang sangat penting.

6. Portofolio & Account Management

Portofolio saham adalah adalah kumpulan aset saham yang dimiliki perorangan atau perusahaan yang harus dikelola untuk mencapai tujuan investasi. Portofolio ini akan terbentuk dari capital (modal), objective (tujuan), dan risk (risiko).

Portofolio saham penting untuk menentukan hasil yang diinginkan agar investasi berjalan optimal. Nah, aplikasi Data Saham Indonesia punya fitur untuk membuat portofolio berikut pengelolaanya yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi penggunannya.

Itu dia beberapa fitur yang dimiliki aplikasi Data Saham Indonesia. Selain aplikasi tersebut, kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi trading lainnya yang sudah tersedia di Google Play Store, salah satunya adalah Ajaib.

Ajaib kini punya fitur jual dan beli saham, loh! Kelebihan jual dan beli saham di aplikasi ini adalah semuanya bisa dilakukan secara online sehingga hemat waktu dan menawarkan biaya transaksi lebih murah hingga 50%.

Selain itu, Ajaib juga punya beberapa fitur yang akan sangat memudahkan mulai dari kategorisasi pergerakan indeks saham terpopuler dari 9 sektor saham dan tentunya fitur berita dan informasi investasi yang sangat penting.

Artikel Terkait