Cryptocurrency

Faktor Penting Transaksi Bitcoin Selain Kurs BTC ke Rupiah

Ajaib.co.id – Bitcoin (BTC) adalah mata uang kripto (Cryptocurrency) yang dibuat pada tahun 2009 oleh orang yang tidak dikenal menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Proses transaksinya dilakukan tanpa perantara – artinya, tanpa bank!

Bitcoin kini menjadi salah satu aset investasi, pasarnya disebut “bitcoin exchange” di sini orang dapat membeli atau menjual bitcoin menggunakan mata uang yang berbeda. Bitcoin kini telah diperdagangkan di berbagai negara, dan Indonesia termasuk salah satunya.

Bitcoin meroket di tahun 2017, harganya mendekati USD20.000. Padahal saat bitcoin pertama kali meluncur, nilai tukar atau kurs BTC ke rupiah Indonesia sekitar Rp451 per keping. Pertumbuhan BTC sangat cepat, sehingga banyak yang tergiur untuk terjun di dalam dunia Bitcoin.

Apakah kamu termasuk salah satu yang tertarik untuk melakukan transaksi Bitcoin? Jika iya, kamu harus perhatikan hal berikut ini sebelum membeli maupun menukar BTC ke rupiah.  

Kredibilitas Penyedia Jasa

Ketika kamu memilih jasa pembelian dan penukaran yang harus kamu perhatikan adalah kredibilitas penyedia jasa. Karena bisa saja setelah kamu melakukan transfer Bitcoin kepada wallet penyedia jasa, mereka akan menipumu dengan berbagai alasan klasik.

Apalagi, jika penyedia jasanya tidak mencantumkan alamatnya, maka bisa saja terjadi penipuan, karena wallet Bitcoin berbasis blockchain bersifat anonim (tidak terlacak dan tidak terdeteksi). Kamu bisa melihat referensi dari beberapa forum-forum Bitcoin di Indonesia untuk mengetahui kredibilitas penyedia jasa jual beli Bitcoin.

Nilai Tukar (Kurs BTC ke Rupiah)

Kamu harus memastikan kembali nilai tukar yang sebenarnya, karena bisa saja kurs BTC ke rupiah yang kamu dapatkan akan berbeda jauh. Secara otomatis hal tersebut akan memberikan kerugian bagi kamu.

Namun, jangan percaya juga dengan nilai tukar yang terlalu tinggi, karena bisa jadi informasi tersebut digunakan untuk menipu. Sebaiknya cek dahulu di website-website penyedia pergerakan harga Bitcoin secara live seperti pada Tradingview.com, Investing.com, dan sebagainya.

Layanan Transaksi

Setelah kamu mengetahui berapa nilai kurs BTC ke rupiah, dan cocok dengan nilainya, hal berikut yang harus kamu perhatikan adalah jam layanan transaksi.

Lebih baik memilih yang mempunyai layanan 24/7, artinya tidak ada jam atau hari libur untuk pelayanan transaksinya. Situs-situs yang memiliki jam layanan seperti itu adalah Bitcoin.co.id , Triv.co.id, dsb. 

Kecepatan Proses Transaksi

Semakin cepat transaksi diproses, berarti semakin serius pelayanan yang diberikan. Jika ada penundaan yang terlalu lama tanpa konfirmasi, Exchanger (Bursa atau Pasar Bitcoin) seperti itu harus diwaspadai karena bisa jadi ke depannya penipuan akan terjadi.

Tempat untuk Membeli Bitcoin Secara Aman

Membeli Bitcoin tidak semudah yang diperkirakan banyak orang karena umurnya yang tergolong masih baru atau muda dan juga terkendala beberapa tuntutan peraturan dari undang-undang di suatu negara. Namun, sejumlah opsi kini terus meningkat.

Semua orang dapat memilih opsi pembelian mata uang kripto ini sesuai dengan kebutuhan mereka, beberapa di antaranya bahkan tidak memerlukan akses ke internet atau dompet BTC. Berikut tempat transaksi Bitocin.

Bursa Pertukaran (exchange)

Tempat yang paling mudah dimana kamu bisa membeli bitcoin khususnya di Indonesia adalah lewat Bursa Pertukaran Kripto. Kamu bisa membeli Bitcoin dan kripto di Bursa Pertukaran yang sudah ada ini di Indonesia misalnya Indodax, Triv dan Luno.

Peer 2 Peer (P2P)

Jika kamu tipe orang yang lebih suka untuk merahasiakan transaksi Bitcoinmu, tidak ingin berurusan dengan komplikasi perbankan dan kebetulan tinggal di kota, bertransaksi secara tatap muka dengan para penjual lokal akan menjadi cara termudah untuk membeli Bitcoin.

Di antara banyak situs web dan forum, Forum Bitcoin Indonesia adalah platform paling populer di Indonesia untuk memfasilitasi transaksi semacam itu dan juga menyediakan layanan escrow untuk melindungi kedua belah pihak.

Kartu Hadiah atau Voucher

Membeli voucher dari mitra bisnis bursa (misal, di salah satu mitra Indodax), caranya masuk ke salah satu bursa pertukaran Bitcoin tempat beberapa penjual menerima voucher dan selesaikan pembeliannya di sana.

ATM

ATM Bitcoin ini baru muncul di kota-kota di Amerika dan Eropa Bahkan ada juga di Bali, Indonesia. Mesin-mesin ATM ini katanya membebankan komisi tiga hingga delapan persen di atas harga bursa pertukaran normal, namun poin lebihnya ATM ini akan memberikan pengguna pengalaman membeli Bitcoin yang paling privasi.

Investment Trust

Investment trust adalah bentuk investasi kolektif di mana uang investor dikumpulkan bersama dari penjualan sejumlah saham tetap, yang dikeluarkan oleh perwalian ketika diluncurkan.

Jadi selain nilai kurs BTC ke rupiah, kamu juga harus memperhatikan faktor-faktor penting lainnya. Agar transaksi kamu aman. Karena investasi Bitcoin ini riskan akan penipuan (scaming) dan belum ada payung hukum di Indonesia yang melindungi.

Maka dari itu kamu harus sering membaca informasi di forum-forum mengenai Bitcoin agar terhindar dari kasus penipuan atau bisa memilih jenis investasi lainnya.

Bacaan menarik lainnya:

Berentsen, A. F. S. ( 2018, First Quarter). A short introduction to the world of cryptocurrency. Retrieved from Federal Reserve Bank of Louis Review: https://doi.org/10.20955/r.2018.1-16


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait