Fakta Penting Saham EXCL yang Harus Kamu Ketahui

Fakta Penting Saham EXCL yang Harus Kamu Ketahui
Fakta Penting Saham EXCL yang Harus Kamu Ketahui

Perusahaan operator telekomunikasi seluler merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan layanan untuk pengguna telepon seluler. Di mana operator akan memberikan sebuah kartu SIM kepada pelanggan yang nantinya harus dimasukkan ke dalam ponsel agar dapat mengakses layanan internet dan jaringan.

Seperti diketahui setidaknya ada beberapa jaringan seperti 2G, 3G, 4G, dan paling terbaru adalah layanan 5G. Yang mana, untuk layanan 5G baru hanya beberapa negara yang sudah bisa menggunakannya, sebut saja Tiongkok, Korea Selatan, dan Amerika. Sayangnya, Indonesia belum memiliki infrastruktur jaringan yang mumpuni untuk menggunakan layanan 5G ini.

Di Indonesia, setidaknya ada sejumlah perusahaan operator seluler yang menyediakan layanan internet seperti Telkomsel, XL, dan Indosat merupakan penyedia jaringan seluler terbesar di Indonesia. Di mana ketiga operator raksasa di Indonesia, kini sudah menjadi perusahaan publik yang sahamnya dapat dimiliki oleh publik.

Namun, pada kesempatan kali ini Ajaib ingin memberikan sedikit informasi perihal kepemilikan saham yang dimiliki oleh salah satu operator seluler tersebut, yaitu saham EXCL (XL Axiata Tbk).

Sejarah Singkat PT. XL Axiata Tbk (EXCL)

Sebelum menjadi PT XL Axiata Tbk seperti sekarang, nama perusahaan yaitu PT Excelcomindo Pratama Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan telekomunikasi seluler pertama di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1989, dan kini melakukan re-branding logo dan nama menjadi XL Axiata.

Kapan IPO Saham EXCL Dilakukan?

IPO saham EXCL pertama kali ditawarkan di bursa saham pada 29 September 2005 dengan persentase saham sebesar 20,13% dengan jumlah saham 1.427.500.000. 

Harga Saham Perdana senilai Rp2.000 per saham dan berhasil mengumpulkan dana investor sebesar Rp2.855.000.000.000.

Harga Saham EXCL Saat Ini

Harga saham EXCL saat ini berkisar Rp3.390-Rp3.540 per saham dengan jumlah yang beredar mencapai 10.687.960.423. Market cap dari saham EXCL mencapai Rp37,19 triliun, dengan pencapaian ini, saham EXCL ini menduduki peringkat 2 dari 6 perusahaan sejenis. Sedangkan, peringkat 32 dari 649 (keseluruhan perusahaan).

Pembagian Dividen Tunai Saham EXCL

Setelah memutuskan melantai di bursa saham pada 2005, XL Axiata Tbk (EXCL) pernah membagikan dividen tunai kepada pemegang saham di 2007, 2010, 2011, 2012, 2013. Dividen tunai yang dibagikan pada tahun 2013 senilai Rp 64 per saham yang sudah disepakati melalui Rapat Pemegang Umum Pemegang Saham (RUPS).

Kinerja XL Axiata Tbk (EXCL) 

Pada kuartal 1 2019, EXCL sukses meraup laba bersih Rp57,19 miliar, laba bersih ini naik 270,64% dari periode kuartal 1 2018 senilai Rp15,43 miliar. Selain itu, pendapatan perusahaan berkode saham EXCL ini mengalami kenaikan sebesar 8,36% menjadi Rp5,96 triliun di kuartal 1 2019 dibandingkan kuartal 1 2018 senilai Rp5,5 triliun.

Apa kamu memiliki cita-cita memiliki saham milik XL Axiata Tbk ini? Poin-poin di atas merupakan sedikit banyaknya gambaran terkait latar belakang perusahaan swasta pertama di bidang operator seluler di Indonesia tersebut. Yang mana, bisa menjadi referensi bagi kamu jika kamu tertarik ingin menggelontorkan dana yang dimiliki untuk membeli saham EXCL. Kapan lagi punya saham di perusahaan yang memiliki reputasi mentereng?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Buat Deposit Pertama Sekarang
Artikel Terkait