Investasi Syariah

Daftar Saham Blue chip Syariah yang Paling Direkomendasikan

Daftar Saham Blue chip Syariah yang Paling Direkomendasikan

Ajaib.co.id – Memilih saham blue chip syariah tentu bisa berdasarkan analisis fundamental suatu perusahaan seperti laporan keuangan. Lalu, apa saja daftar saham blue chip syariah ini?

Di dalam dunia investasi saham dikenal istilah saham blue chip yang merupakan jenis saham dengan kapitalisasi pasar melebihi Rp10 triliun. Selain itu, perusahaan dengan saham yang dikategorikan blue chip ini memiliki produk-produk yang sudah dikenal dan diterima pasar khususnya masyarakat.

Tidak heran jika saham blue chip merupakan saham yang paling direkomendasikan untuk dibeli secara jangka panjang. Bagi kamu yang tertarik berinvestasi saham, namun cukup selektif dengan hukum syariah yang ditetapkan, saham blue chip ini juga ada yang dikategorikan saham syariah.

Saham blue chip syariah ini tersedia di bursa saham yang bisa dipilih sesuai dengan prospek pergerakan saham ke depan. Untuk mengetahui saham perusahaan mana yang masuk ke dalam kategori saham syariah, indeks saham syariah yang dibuat oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) jawabannya.

Melalui Jakarta Islamic Index atau JII dan Jakarta Islamic Index 70, kamu bisa menemukan berbagai jenis saham termasuk saham blue chip syariah yang tentu menerapkan hukum syariah. Akan tetapi, tidak semua jenis saham blue chip syariah yang tersedia mampu terus menghasilkan keuntungan besar.

Ada juga beberapa saham blue chip yang turun dan bergerak naik sedikit pada waktu tertentu. Dikatakan baik dan menjadi rekomendasi untuk dipilih tentu karena saham tersebut menunjukan performa yang baik meliputi income atau pendapatan, net income, profit per tahun, tingkat likuiditas saham, dan pergerakan grafik saham per lembarnya yang meningkat terus.

Nah, berikut ini beberapa daftar saham blue chip syariah yang direkomendasikan karena performanya selama lima tahun ke belakang sangat baik. Tentunya bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin membeli saham blue chip syariah terbaik di tahun 2020.

Saham Charoen Pokphand Indonesia Tbk

Saham blue chip syariah berikutnya adalah Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Perusahaan dengan kode saham CPIN ini bergerak di sektor produksi pakan ternak dan budidaya ayam. Di mana, Charoen berhasil mencatatkan kapitalisasi pasar mencapai Rp84,45 triliun. Sedangkan pada 2018, perusahaan ini berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp53,9 triliun.

Hal ini jelas merupakan peningkatan yang baik di setiap tahunnya. Di samping itu, saham CPIN juga masuk ke dalam daftar indeks LQ 45 dengan saham yang likuid. Bagi kamu yang ingin membeli saham CPIN, kamu bisa membelinya dengan harga per lembar saham sebesar Rp4.370. tentunya harga saham ini akan kembali meningkat sesuai pergerakan sentimen pasar.

Saham Telekomunikasi Indonesia Tbk

Perusahaan Telekomunikasi Indonesia atau Telkom merupakan perusahaan yang bergerak di sektor telekomunikasi dengan potensi sangat baik ke depan. Dalam lima tahun terakhir, pendapatan atau income Telkom terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini bisa dilihat dari tahun 2014 ke 2018, Telkom mengalami peningkatan dari segi pendapatan.

Dari segi saham, Telkom berhasil mencapai kapitalisasi pasar hingga Rp382,82 triliun. Ditambah saham Telkom masuk ke dalam indeks LQ45 yang artinya saham mudah dibeli serta dijual atau disebut dengan likuid. Selain itu, saham ini termasuk ke dalam saham blue chip syariah yang bisa kamu dapatkan dengan harga per lembar saham sebesar Rp3.190.

Saham Mayora Indah Tbk

Saham blue chip syariah selanjutnya adalah saham dari PT Mayora Indah. Perusahaan dengan kode saham MYOR ini berhasil mencatatkan kapitalisasi pasar sebesar Rp57,91 triliun. Tidak heran jika keuangan Mayora cukup baik dari tahun ke tahun melalui pendapatan yang dicatat mencapai Rp24 triliun di tahun 2018.

Hal ini berarti pendapatan tersebut naik Rp4 triliun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan profit yang juga naik. Walaupun tidak masuk ke dalam daftar saham LQ45, saham big cap syariah yang satu ini bisa menjadi rekomendasi saham untuk dibeli dengan harga per lembar saham sebesar Rp2.100.

Saham Waskita Karya Tbk

Saham dari Waskita Karya Tbk juga masuk ke dalam kategori saham big cap syariah. Perusahaan yang bergerak di sektor konstruksi ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp29,46 triliun dengan analisa fundamental yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari laporan keuangan Waskita dengan revenue yang terus meningkat setiap tahunnya.

Waskita mencatat laporan keuangan dengan pendapatan sebesar Rp48,7 triliun dengan raihan profit sebesar Rp8,86 triliun. Ditambah saham Waskita juga masuk ke dalam kategori indeks LQ45 yang berarti jenis saham likuid. Untuk saat ini kamu bisa membeli saham Waskita per lembarnya dengan harga sebesar Rp600.

Saham Pakuwon Jati Tbk

Saham blue chip syariah berikutnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah saham dari perusahaan Pakuwon Jati Tbk. Perusahaan yang bergerak di sektor real estate ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp33,71 triliun. Menurut laporan keuangan melalui Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018, perusahaan ini berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp7 triliun dengan profit sebesar Rp2,54 triliun.

Pendapatan dan profit yang didapatkan jelas mengalami keuntungan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Saham big cap syariah ini bisa kamu dapatkan dengan harga per lembar saham sebesar Rp356.

Beberapa saham tersebut yang merupakan saham blue chip syariah ini merupakan jenis saham dengan performa perusahaan yang baik. Hal ini dibuktikan dengan pendapatan dan keuntungan yang perusahaan raih setiap tahunnya. Bahkan dalam lima tahun terakhir, pendapatan dan profit yang didapat terus mengalami peningkatan.

Dengan kondisi laporan keuangan yang baik ini maka bukan tidak mungkin jika pergerakan saham perusahaan tersebut di bursa saham juga meningkat.

Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik untuk membeli saham blue chip syariah yang mampu menghasilkan keuntungan, kamu bisa melakukan analisis fundamental berdasarkan laporan keuangan dan kinerja perusahaan di tahun sebelumnya.

Selain investasi saham, masih banyak instrumen investasi lainnya yang bisa kamu gunakan. Tentunya menghasilkan keuntungan besar namun risikonya cukup rendah. Salah satu yang dapat mewujudkan hal tersebut adalah investasi reksa dana.

Investasi reksa dana kini semakin banyak diminati orang-orang. Hal ini karena kemudahan untuk berinvestasi reksa dana secara online melalui smartphone yang dimiliki dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang bisa membantu kamu berinvestasi khususnya di reksa dana. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa menemukan jenis reksa dana yang cocok dan sesuai kebutuhan seperti reksa dana saham, reksa dana syariah, reksa dana pendapatan tetap, dan jenis reksa dana lainnya.

Investasi reksa dana di Ajaib juga dapat membantu kamu merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti biaya pernikahan, biaya membuka bisnis, dan jenis kebutuhan lainnya. jadi, tunggu apalagi. Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait