Contoh Jurnal Umum dan Cara Membuatnya

Contoh Jurnal Umum dan Cara Membuatnya
Contoh Jurnal Umum dan Cara Membuatnya

Setiap perusahaan tentunya menggunakan penjurnalan untuk mencatat transaksi yang telah dilakukan. Salah satu contohnya, jurnal umum. Jurnal umum berfungsi sebagai catatan atas transaksi yang ada, sehingga dapat mengurangi risiko kesalahan dalam sistem akuntansi.

Selain itu, jurnal umum bisa memudahkan operasional perusahaan untuk melakukan identifikasi, penilaian, dan pencatatan dalam sebuah transaksi. Dengan demikian, bisnismu akan berjalan dengan lancar, karena kamu melakukan evaluasi dari data yang tercatat di jurnal umum.

Format Dasar untuk Membuat Jurnal Umum

Untuk menentukan format jurnal umum, kamu harus memerhatikan efisiensi dan kebutuhan dari perusahaan atau bisnis yang dijalani. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui format dan informasi yang harus ditulis dalam jurnal umum.

Secara garis besar, jurnal umum berisi empat poin informasi, yaitu tanggal, pengaruh, kode referensi, serta kolom debit dan kredit untuk mencatat transaksi atas kas berkurang atau kas bertambah yang telah dilakukan dalam satu periode. Kamu juga bisa menambahkan poin informasi yang penting dalam membaca alur transaksi yang terjadi dalam bisnismu. Di bawah ini adalah contoh kolom pencatatan dalam jurnal umum.

Contoh jurnal umum di atas hanya berisi informasi dasar saja. Namun, jurnal umum bisa memiliki poin informasi yang lebih banyak lagi dibanding format jurnal umum di atas. Sebelum membuat jurnal umum, pahami dulu apa saja informasi penting yang perlu ditulis. Hal itu dilakukan agar proses evaluasi transaksi bisa dilakukan secara rinci atau detil.

Prinsip Dasar dari Jurnal Umum

Informasi dari jurnal umum tergantung dari kebutuhan setiap perusahaan atau bisnis. Kamu bisa menentukan informasi yang perlu ditulis dalam jurnal umum dengan mengetahui prinsip dasarnya terlebih dahulu. Ada beberapa prinsip dasar yang bisa menjadi acuan kamu dalam membuat jurnal umum, yaitu:

a. Identifikasi

Prinsip dasar pertama untuk membuat jurnal umum adalah identifikasi. Dengan adanya jurnal umum, kamu bisa mengidentifikasi bukti dari transaksi keuangan yang telah dilakukan. Bukti transaksi tersebut berbentuk nota, kuitansi, faktur, bon, dan lainnya.

b. Memilih Akun

Kamu juga bisa memilih akun atau aspek pada bisnismu yang dipengaruhi oleh kegiatan transaksi. Dalam satu kegiatan transaksi, sedikitnya ada dua akun. Maka dari itu, pastikan kamu telah meneliti seluruh akun yang mungkin mendapatkan pengaruh dari kegiatan transaksi yang telah dilakukan.

c. Penambahan atau Pengurangan Akun

Prinsip dasar selanjutnya adalah menentukan penambahan dan pengurangan dari akun yang berkaitan dengan kegiatan transaksi. Hal tersebut merupakan bentuk evaluasi dari transaksi yang telah dilakukan.

d. Menentukan Transaksi

Terakhir, kamu bisa menentukan transaksi sebagai kredit atau debit. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara melihat akun yang berkaitan dengan transaksi yang terjadi.

Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Untuk bisa membuat jurnal umum yang benar, kamu perlu memahami dulu persamaan dasar dari akuntansi dan kelompok akun di dalam jurnal tersebut, yaitu:

Aset = utang + modal yang kemudian diperluas menjadi Aset = utang + modal + (pemasukan – beban).

Persamaan dasar akuntansi tersebut berkaitan dengan kelompok akun yang ada di dalam jurnal umum.

Contoh Jurnal Umum

Penulisan jurnal umum harus disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing perusahaan atau bisnis. Pada kolom tanggal, ada yang menulis tanggalnya tanpa bulan dan tahun. Ada juga yang menulis nomor referensi dengan menggunakan nomor dan huruf saja. Gaya penulisan jurnal umum bisa disesuaikan dengan keperluan masing-masing perusahaan.

Gunakan Jurnal Umum untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis

Jurnal umum memang memiliki peran yang penting dalam mencatat kegiatan transaksi yang dilakukan. Selain memberikan informasi transaksi, jurnal umum juga bisa membantu kamu untuk menganalisa keuangan bisnismu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait