Cek Harga Emas 24 Karat Hari Ini, Investasi Buat Milenial

Cek Harga Emas 24 Karat Hari Ini, Cocok untuk Investasi Generasi Milenial

Harga emas 24 karat hari ini cenderung stabil. Tentunya, hal ini sangat cocok bagi generasi milenial untuk melakukan investasi. Pasalnya, harga emas setiap harinya tidak pernah mengendur di Indonesia, termasuk perhiasan. Selain logam mulia atau emas batangan, masyarakat Indonesia terkhusus wanita milenial menggunakan perhiasan sebagai alat investasi.

Seperti dikatakan sebelumnya, harga emas itu tidak pernah turun. Ya, harganya cenderung naik dan bisa diklaim menjadi jaminan keuntungan yang berlipat ganda.

Berdasarkan informasi Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam dari perusahaan PT Aneka Tambang, harga emas per gram hari ini (28 Januari 2020) berada di level Rp774.000 per gram. Sebelumnya, emas Antam sempat menyentuh titik tertingginya sepanjang 6 bulan terakhir, yakni Rp799.000 per gram.

Sementara itu, harga jual kembali (buyback) emas 24 karat hari ini dipatok pada kisaran Rp690.000 per gram. Harga buyback ini belum mempertimbangkan pajak jika nominalnya lebih dari Rp10 juta.

Investasi Menggunakan Emas

Investasi menggunakan perhiasan emas dinilai sangat menguntungkan dan dapat disesuaikan dengan uang yang ada di kantong generasi milenial. Investasi ini bisa dinikmati dengan jangka waktu yang panjang karena harga emas selalu naik.

Sebagai modal, pembelian perhiasan emas dapat dicicil per gram, tidak harus dibeli sekaligus. Bahkan, investasi emas ini bisa menguntungkan lagi, bila pada saat membeli, kamu bisa melalukan tawar-menawar dengan penjual.

Berbeda dengan logam mulia atau emas batangan, perhiasan emas tentunya bisa dipakai untuk mempercantik diri. Tidak hanya disimpan di dalam wadah tertentu saja. Selain dapat digunakan kapan saja, modal awalnya yang cukup terjangkau, membuat banyak orang, khususnya ibu-ibu, memilih perhiasan emas sebagai investasi.

Namun, setiap membeli emas, kamu tidak boleh lupa untuk meminta sertifikat keaslian logam mulia. Emas 24 karat memiki kandungan 99,99 persen emas murni. Emas kategori ini mempunyai harga yang cukup mahal. Jadi, kadar karat bukanlah berat dari emas, melainkan kadar kemurniannya.

Perhiasan logam mulia, terdiri dari berbagai macam ukuran, mulai dari 1 gram, 10 gram, hingga 20 gram. Karena emas 24 karat terhitung lunak, maka pada saat dibuat perhiasan, emas akan dicampur dengan logam lainnya.

Harga perhiasan akan dihitung dari beratnya, kadar karatnya, dan tentu saja ongkos pembuatannya. Mengapa pada saat menjual emas kadang menjadi lebih murah? Hal tersebut karena ongkos pembuatannya tidak dihitung lagi.

Investasi perhiasan emas memang tidak sefantastis bayangan orang-orang, tetapi tetap akan menguntungkan. Meskipun dalam jangka waktu yang lama. Apalagi, harga emas tiap tahunnya selalu naik.

Perawatan Logam Mulia 24 Karat

Untuk menjaga harga emas 24 karat tetap stabil ketika berada di tangan kamu, perlu dilakukan perawatan secara teratur. Pasalnya, warna emas ini bisa kusam dan memudar bila dipakai terus menerus.

Bila hal ini terjadi, maka mutu dan kualitas emas akan turun, harga jual kembalinya juga akan mengalami penurunan. Selain warna, perhiasan emas juga rawan rusak dan hilang. Oleh karena itu, bila sudah tidak dipakai lagi, simpan emas di wadah tertentu dan diletakan di tempat yang aman. Agar tidak gampang rusak, gunakanlah dengan hati-hati.So, untuk generasi milenial, sebaiknya mulailah mengumpulkan perhiasan emas dari sekarang. Terlebih, harga emas 24 karat hari ini dan seterusnya tidak pernah mengendur.

Selain emas 24 karat, kamu juga bisa memulai investasi emas 23 karat ataupun 22 karat. Di mana harga emas ini jauh lebih terjangkau dan dengan tingkat kemurnian emas yang sedikit lebih rendah. Jika dirasa melakukan perawatan emas sulit dan tidak bisa menyimpannya dengan baik, kamu bisa memilih jenis investasi lain seperti reksa dana.

Reksa dana merupakan salah satu investasi yang sering jadi rekomendasi bagi investor pemula. Di mana dengan reksa dana, kamu bisa mulai berinvestasi hanya dengan modal Rp10.000, ini jauh lebih murah dibanding kamu membeli emas. Selain itu, kamu juga tidak perlu melakukan analisa secara mendalam mengenai perusahaan, seperti kamu membeli saham. Karena dengan investasi reksa dana, kamu bisa memulai investasi hanya dengan memilih manajer investasi, juga menentukan tujuan investasimu. Selebihnya, manajer investasi lah yang akan mengelola dana investasi kamu di beberapa perusahaan dan jenis reksa dana.

Namun, saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan kemudahan dalam memulai investasi reksa dana. Jangan pernah gegabah. Pastikan platform yang kamu pilih untuk mulai berinvestasi adalah aplikasi atau platfrorm yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, kamu bisa berinvestasi dengan lebih aman dan nyaman, tanpa perlu khawatir terkena investasi bodong.

Salah satu platform investasi reksa dana yang bisa membantu kamu memulai investasi dengan baik adalah Ajaib. Di mana, dengan Ajaib, kamu bisa memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja secara online. Hanya dengan uang Rp10 ribu, kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana di Ajaib. Namun, jangan lupa juga untuk mengecek laporan keuangan dan prospektus didalamnya.

Bacaan menarik lainnya:

Sartono, Agus. (2010). Manajemen keuangan : Teori dan Aplikasi, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait