Catat! Inilah Kelebihan Bekerja di Bank

kelebihan bekerja di bank
kelebihan bekerja di bank

Ada kelebihan bekerja di bank sebagai pegawai di sana. Bank menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan pekerjaan atau karir yang cukup bagus.

Biasanya, seseorang yang bekerja di bank disebut sebagai Banker. Pekerjaan tersebut menjadi salah satu jabatan yang banyak diincar oleh orang-orang, karena memberikan banyak keuntungan.

Seorang banker juga memiliki kelebihan bekerja di bank. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik untuk mencoba karir di bank.

Seperti yang diketahui, setiap bank di Indonesia memiliki manajemen yang berbeda-beda. Sehingga, segi gaji dan karir belum tentu sama. Hal tersebut hanyalah gambaran umum dan kelebihan bekerja di bank.

Salah satu kelebihan bekerja di bank adalah dapat mengembangkan karir. Banyak sekali orang yang bekerja di bank dari bawah, kemudian karirnya semakin naik karena adanya potensi.

Bagi kamu yang ingin menjadi pegawai bank, berikut ini adalah kelebihan bekerja di bank:

Karir yang Menjanjikan

Menjadi pegawai bank adalah salah satu profesi dengan jenjang karir yang cukup menjanjikan. Memang semuanya tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun jika serius dan niat bekerja, maka kamu akan mendapatkan kesempatan cemerlang di dunia perbankan.

Dalam dunia perbankan, kamu akan dituntut untuk terus bekerja dari nol. Jika kamu memiliki potensi yang baik, maka akan dipromosikan dari waktu ke waktu. Kamu mungkin bisa mengisi posisi Senior Account Office atau Senior Funding Officer jika sudah bekerja selama lima tahun.

Mendapatkan Penghasilan yang Bagus

Salah satu pertimbangan yang dilakukan oleh para pencari kerja adalah mendapatkan penghasilan yang bagus. Jika kamu bekerja di bank, maka kamu akan mendapatkan gaji yang bagus.

Biasanya, standar gaji yang diberikan oleh pihak bank adalah sekitar Rp5.000.000, terutama di wilayah Jakarta. Nominal tersebut bisa dikatakan berada di atas rata-rata gaji pegawai pada umumnya.

Selain itu, kamu akan mendapatkan benefit lainnya, seperti asuransi kesehatan, santunan, hingga perawatan gigi.

Terbuka untuk Semua Jurusan

Menjadi pegawai bank tidak tergantung pada jurusan yang diambil. Sebab, bank tidak menilai jurusan untuk merekrut pegawai bank.

Tidak hanya lulusan manajemen atau akuntansi, seluruh jurusan lainnya bisa melamar menjadi pegawai bank. Bahkan, beberapa bank swasta pun saat ini membuka program Management Trainee (MT) yang menjanjikan dan perekrutan dan pelatihan pegawai dari seluruh jurusan.

Kesempatan kamu untuk bergabung menjadi pegawai bank pun terbilang besar. Apalagi, jika kamu mengikuti program tersebut.

Jam Kerja Teratur

Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai hari dan jam kerja di bank. Sebab, bank memiliki jumlah hari dan kerja yang teratur.

Hampir sebagian besar bank di Indonesia menerapkan jam kerja mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB (Senin – Jumat).

Menunjang Gaya Hidup

Menjadi pegawai bank adalah salah satu pekerjaan dengan gaya hidup yang cukup keren. Banyak orang yang beranggapan lebih jika kamu menjadi seorang pegawai bank.

Hal itu dikarenakan kamu dituntut untuk berpakaian rapi, formal, bersih, menarik, dan wangi. Tentunya, hal ini bisa membuat orang lain senang dengan tampilan kamu, terutama orangtua dan teman terdekat.

Mempelajari Banyak Hal

Sebagai pegawai bank, tentunya kamu harus mengetahui tentang keuangan. Namun, itu hanyalah persyaratan awal saja. Jika kamu menjadi pegawai bank, maka kamu akan mempelajari banyak hal lain mengenai keuangan yang bisa menambah wawasanmu.

Menjadi Disiplin

Bekerja di bank sangat membutuhkan ketelitian dan kedisplinan yang tinggi. Sebagai pegawai bank, kamu akan mengatur uang yang jumlahnya tidak sedikit. Hal itu membutuhkan kedisplinan agar bisa melakukan pekerjaan tersebut.

Menjadi pegawai bank akan membuat kamu menjadi orang yang disiplin, karena pegawai bank dituntut untuk bisa melakukan berbagai hal, termasuk mengatur dan mengurus uang nasabah.

Mudah Mendapatkan Pasangan

Penampilan pegawai bank yang bersih dan menarik, pastinya membuat banyak orang yang bekerja sebagai pegawai bank tidak perlu khawatir memikirkan pasangan.

Banyak sekali pegawai bank yang menemukan pasangan dengan cepat, entah itu sesama pegawai bank atau lainnya. Namun, semua kembali lagi kepada yang Maha Kuasa!

Hal yang Harus Dilakukan Jika Menjadi Pegawai Bank

Ada beberapa hal yang harus dilakukan jika kamu ingin menjadi pegawai bank. Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu lakukan:

Mencari Tahu Soal Dunia Perbankan

Sebelum mengirimkan CV sebagai pegawai bank, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu mengenai bank yang dituju untuk bekerja. Kenali juga produk dan aturan yang diterapkan dalam dunia perbankan.

Kemudian, cari tahu kembali mengenai perbankan dan bagaimana kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pegawai bank.

Memahami Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum memutuskan mana tujuan perbankan yang diinginkan, usahakan juga mengetahui kelebihan dan kekurangan tempat kamu melamar kerja. Banyak juga perbankan yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Memperhatikan CV dan Penampilan

Saat mengirimkan CV untuk melamar sebagai pegawai bank, perhatikan juga kebutuhan apa yang diinginkan oleh perusahaan dan kemampuan yang kamu miliki.

Sesuaikan juga dengan kemampuan yang kamu miliki dan spesifikasi kandidat yang dibutuhkan oleh perusahaan tempatmu melamar kerja.

Jika kamu lolos dalam tahap administrasi, maka perhatikan kembali tampilan yang kamu gunakan saat ingin melakukan wawancara kerja dengan pihak bank atau perbankan. Maka dari itu, penampilan menjadi kesan pertama kamu saat melakukan seleksi.

Itulah tadi artikel mengenai kelebihan bekerja di bank bagi kamu yang ingin bekerja. Dengan mengetahui kelebihan tersebut, kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait