Cara Sukses Memulai Binsis Rumahan yang Tren di 2019

Cara Sukses Memulai Binsis Rumahan yang Tren di 2019
Cara Sukses Memulai Binsis Rumahan yang Tren di 2019

Banyak sekali cara untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah, siapa saja bisa mendapatkan uang jika berbisnis. Tidak hanya lulusan universitas terbaik ataupun bekerja di perusahaan ternama. Namun, seseorang yang tidak memiliki pendidikan ataupun peluang bekerja di tempat ternama dapat menghasilkan rupiah dengan bisnis. Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah mulai membuka bisnis rumahan sendiri.

Memulai bisnis dari rumah bisa sangat memudahkan, tetapi tetap saja harus disesuaikan dengan kondisi rumah kamu. Kamu akan mendapat berbagai keuntungan jika membuka bisnis dari rumah, tetapi jika kondisi rumah tidak memungkinkan maka kamu tidak bisa memaksakan.

Apa itu Bisnis Rumahan?

Bisnis rumahan adalah bisnis yang dijalankan dari rumah. Bisa jadi sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan di luar rumah, tetapi pusat dari kegiatan itu tetap dijalankan dari rumah. Selain mudah dilakukan, bisnis rumahan juga dapat dijadikan sebagai bisnis sambilan yang bisa menambah pemasukan dari pekerjaan utama. Namun, tak jarang pula bisnis ini dijadikan pekerjaan utama bagi sebagian orang. Sebagai sebuah pekerjaan utama dan dikelola secara serius, bisnis rumahan juga bisa berkembang menjadi sebuah industri yang tidak hanya menambah pemasukan keluarga, tetapi akhirnya bisa menghidupi banyak orang.

Keuntungan Menjalankan Bisnis dari Rumah

Bisnis dari rumah ini memiliki keuntungan dalam penghematan modal juga memudahkan pelaku bisnis untuk mengontrol bisnisnya. Hanya saja, yang menjadi masalah dalam mengelola bisnis rumahan adalah berubahnya fungsi rumah sebagai tempat tinggal. Dalam hal ini kamu harus rela kehilangan privasi karena sebagian dari rumah telah digunakan sebagai tempat bisnis. Tetapi tetap saja pada dasarnya bisnis rumahan ini memiliki beberapa keuntungan dibanding dengan bisnis lain, antara lain:

  1. Mendapatkan pengalaman menarik serta tantangan baru yang belum pernah kamu alami.
  2. Kamu tidak perlu lagi memikirkan jam kerja kantor yang nine to five dan jarak tempuh serta kemacetan yang dihadapi jika harus menjadi pegawai kantoran. Dengan membuka bisnis rumahan, otomatis waktu kamu lebih fleksibel.
  3. Bisa menekan biaya produksi, kamu tidak perlu menyewa tempat untuk kegiatan bisnis dan bisa meminta bantuan kerabat sebagai tenaga kerja.
  4. Kamu dapat menjadi bos bagi diri sendiri.

Cara Mudah Mendapatkan Modal untuk Bisnis Rumahan

Kamu sudah tertarik memulai bisnis dari rumah tetapi bingung bagaimana cara mendapatkan modal bisnisnya? Kami akan tuliskan beberapa cara untuk mendapatkan modal bisnis, misalnya:

  1. Berasal dari diri sendiri, misalnya tabungan.
  2. Tagihan kepada pihak lain atau yang biasa disebut piutang.
  3. Hasil penjualan investasi atau barang berharga.
  4. Meminjam kepada keluarga terdekat atau kepada lembaga keuangan seperti bank, koperasi ataupun leasing.

Setelah mendapatkan modal bisnis, kamu harus tahu betul kemana dan untuk apa saja modal yang kamu keluarkan mengalir. Kamu juga harus membuat perencanaan keuangan yang telah dikeluarkan tersebut pada saat kapan akan kembali ke kantong kamu untuk dijadikan modal bisnis selanjutnya.

Namun yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman modal adalah keseriusan kamu dalam berbisnis. Karena ketika kamu hanya setengah-setengah, tidak ada jaminan kamu bisa melunasi utang tersebut. Jadi, mulai bisnis sekarang dan buat bisnismu jadi salah satu investasi masa depanmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait