Cryptocurrency

Free Mining Bitcoin, Investasi Crypto Coins yang Bisa Dicoba

Cara Mudah Free Bitcoin Mining

Ajaib.co.id – Pernahkan kamu berpikir bagaiaman cara mendapatkan free mining bitcoin tanpa deposit sama sekali? Dari sekian banyak website yang menawarkan penambangan gratis, ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan rekomendasi untuk mining bitcoin. Lumayan buat yang mau belajar, bisa mengambil pengalaman dari sini.

Apa itu Mining Bitcoin

Sebelum membahas cara melakukan mining bitcoin secara gratis, kamu harus memahami terlebih dulu apa itu mining bitcoin atau penambangan bitcoin? Mining Bitcoin adalah salah satu cara menghasilkan Bitcoin sebagai sistem kas global besar yang menyimpan sejarah transaksi (atau ‘pergerakan uang’) dari satu orang ke orang lainnya.

Ketika transaksi bitcoin diproses melalui jaringan Bitcoin, maka Bitcoin sedang dipindah dari satu orang ke orang lainnya, kemudian seseorang perlu memastikan bahwa seluruh transaksi direkam dengan benar dan sistem kas telah tersinkronisasi di seluruh dunia.

Cara Kerja Mining Bitcoin

Mining Bitcoin merupakan salah satu cara mendapatkan Bitcoin dengan mudah. Kamu bisa melihat bitcoin sebagai sistem kas global yang besar dan menyimpan sejarah transaksi atau pergerakan uang dari satu orang ke orang lainnya.

Proses mining bitcoin ini bukanlah dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan, melainkan oleh ribuan komputer di seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Komputer ini dikenal sebagai miners atau ‘penambang’. Secara sederhananya, mereka adalah ‘komputer yang memproses transaksi’.

Dalam pemrosesain ini, komouter memerlukan kalkulasi kompleks yang memakan usaha computing yang sangat besar, sehingga dibutuhkan energi yang besar serta alat-alat khusus yang canggih. Pemilik komputer-komputer ini perlu membayar alat-alat dan listrik tersebut.

Sehingga, mereka harus mendapatkan kompensasi dari seluruh usaha dan uang yang mereka habiskan untuk mendukung jaringan ini. Di mana, mereka mendapatkan kompensasi melalui Bitcoin yang baru ditambang dan bitcoin inilah yang bertindak sebagai penghargaan dan insentif untuk mereka yang berkontribusi pada sistem yang mendukung proses transaksi.

Jika kamu masih merasa bingung, kamu bisa membayangkan apa yang terjadi jika bank besar membangun sistem pemrosesan transaksi global terbesar di dunia? Tentu mereka akan menghabiskan miliaran dollar, lalu mengenakan biaya transaksi kecil pada para pengguna untuk menutup biaya pembangunan sistem. Dengan Bitcoin mining inilah, biaya untuk sistem global dibagi ke ribuan komputer, dan mereka menutup biaya mereka dengan Bitcoin yang baru ditambang.

Risiko Mining Bitcoin

Tidak ada transaksi yang tidak berisiko. Bitcoin juga menjadi salah satu investasi berisiko. Meski dilakukan dengan teknologi baru dan terlihat sangat aman dan solid, mining bitcoin memungkinkan mengalami kegagalan.

Itulah kenapa kamu tidak dianjurkan untuk memasukkan seluruh ‘telur’ di satu keranjang dan jangan pernah membeli Bitcoin dengan seluruh uang yang kamu miliki. Kenapa? Karena investasi jenis ini bersifat lebih volatil (nilai Bitcoin bisa naik dan turun dalam tempat atau waktu yang pendek) dibandingkan mata uang lainnya. Meski saat ini nilainya lebih stabil, bitcoin pasti akan mengalami banyak momen-momen volatil di masa akan datang.

Perlu diketahui juga, transkaksi Bitcoin ini sama seperti uang tunai, di mana setelah amu melakukan transaksi, itu tidak dapat dibatalkan. Sehingga, ketika kamu mengirimkan Bitcoin ke orang yang salah, atau dompet Bitcoin diretas dan seseorang mencuri Bitcoin, kamu akan sangat sulit dan bahkan tidak mungkin untuk mengambilnya kembali.

Selain itu, hingga saat ini bitcoin juga tidak dilindungi oleh perusahaan apapun, sehingga ketika kamu kehilangan bitcoin, penyedia layanan atau ‘jaringan Bitcoin’ tidak dapat mengganti kerugian yang kamu alami.

10 Daftar Situs Free Mining Bitcoin

Setelah kamu mengetahui pengertian mining bitcoin, bagaimana cara untuk memulai trading bitcoin ini? Setidaknya terdapat beberapa situs web yang bisa menyediakan cloud mining bitcoin gratis tanpa perlu melakukan deposit atau topup ke dompet bitcoin. Di bawah ini adalah kelima daftar situs yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan free mining gratis.

#1 CryptoTab

Aplikasi ini memiliki prinsip ‘mendapatkan Bitcoin saat menggunakan browser Google Chrome. Konsep inilah yang dijadikan positioning CryptoTab. Idenya adalah kamu sebagai coinvestors mendownload extension pada Google Chrome, kemudian kamu akan secara otomatis bisa menggunakan free bitcoin mining ketika sedang menjalankan browser Chrome tersebut.

Sehingga dengan melakukan hal tersebut dalam keadaan aplikasi yang aktif, Coinvstors bisa mendapatkan Bitcoin. Kamu sebagai coinvestors juga bisa mengajak teman dan mendapatkan keuntungan lebih banyak Bitcoin lain, seru bukan?

#2 Crypto Farming

Website ini termasuk game simulasi penambangan bitcoin, hampir sama dengan Miner Farm. Kita bisa membangun penambangan sendiri dengan perangkat yang dipilih. Setiap hasil yang diperoleh bisa ditukarkan dengan koin dan withdraw untuk menggunakan mata uang dolar ataupun Ethereum. Registrasi langsung ke Crypto Farm. Cara menggunakan aplikasi ini akan dijelaskan pada halaman Game Simulasi Menambang Bitcoin Hasilkan Puluhan Dolar.

#3 Micro BTC

Website ini akan memberikan free 100 Ghs untuk semua member barunya. Jika kamu ingin upgrade juga tersedia paket termurah 0,14 dolar AS per Ghs untuk meningkatkan kecepatan penambangan. Untuk mendaftar langsung klik di Micro BTC.

#4 Crypto Mining Farm

Salah satu website yang bisa memberikan layanan cloud mining gratis untuk user baru diberi 50 Ghs lifetime. Situs cloud mining ini berpusat di Thailand dan tersedia upgrade dengan kontrak murah perbulan, pertahun dan lifetime. Untuk mendaftarkan cloud mining gratis langsung ke Cripto Mining Farm.

#5 Miner Farm

Miner Farm juga salah satu penambangan cloud mining yang memberi Hashing gratis 100 Ghs kepada user baru. Sistem di penambangan ini cukup menarik dan seperti simulasi game, kamu bisa jual beli inventori untuk menambah kecepatan penambangan. Cara mengaktifkan penambangan juga mudah, lihat halaman My Inventory kemudian aktifkan semua peralatan untuk menambang bitcoin. Registrasi langsung ke Miner Farming.

#6 Bitcoin Faucet

Bitcoin Faucet merupakan situs web yang memberikan mata uang kripto melalui interval waktu tertentu. Sumber ini ada karena banyak orang yang beriklan, mulai dari pemasang banner, video, dan sebagainya melalui suatu website. Situs bitcoin ini disediakan secara gratis dan hanya memerlukan pendaftaran akun dengan menggunakan email. Untuk mendapatkan mata uang kripto ini, kamu harus masuk ke halaman khusus dari si pengiklan.

#7 Bitzfree

Ini adalah salah satu situs yang bisa kamu kinjungi ketika ingin melakukan penambangan bitcoin gratis. Ketika kamu mendaftar pertama kalinya, kamu akan diberikan bitcoin sejumlah 20 Ghs secara cuma-cuma. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kamu poin untuk menambah kecepatan mining sebanyak 10 persen setiap kali login. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan banyak cara untuk menambah kecepatan mining, seperti follow sosial media mereka dan mengerjakan tugas yang ditentukan.

#8 Cryptotab

Cryptotab merupakan browser sekaligus plugin yang membantu kamu mendapatkan Bitcoin gratis. Sama seperti Mozila atau Cromer, kelebihannya, di sini kamu bisa mining bitcoin. Selain itu, aplikasi ini bisa kamu download melalui smartphone, sehingga mempermudah kamu untuk menggunakannya.

#9 Minergate

Dalam website ini, kamu bisa melakukan penambahan cloud bitcoin, artinya kamu bisa menyewa peralatan mining untuk Ethereum, Bitcoin Gold, Zcash, Ethereum Classic, Bytecoin, Litecoin, Monero, dan Monero Classic. Biaya ini hanya perlu kamu keluarkan satu kali, selanjutnya kamu hanya duduk santai menerima pendapatan setiap bulannya. Karena biaya operasional dan maintenance akan dipotong dari koin yang dihasilkan, jadi kita tidak lagi membayar apapun.

#10 Eobot

Situs penambangan Bitcoin yang satu ini adalah salah situs tertua yang masih legit, terkenal dan yang terpenting adalah membayar. Eobot dibangun pada tahun 2013 dan berbasis di Amerika Serikat. Tidak hanya memiliki situs web, kamu juga bisa mendownload aplikasi ini melalui smartphone.

Aplikasi ini menawarkan dua pilihan mining bitcoin yaitu gratis menggunakan bitcoin mining software yang disediakan oleh Eobot dan menggunakan kartu VGA komputer atau laptop. Dan yang kedua dengan cara berbayar dan menyewa komputer yang disediakan pihak Eobot untuk mendapatkan kecepatan (GH).

Itulah kesepuluh daftar mining bitcoin secara gratis yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bitcoin lebih banyak lagi secara gratis. Meski terbilang investasi, bitcoin ini hanya bisa memberikan kamu jumlah investasi yang tidak terlalu banyak, apalagi ini semua kamu dapatkan secara gratis.

Artikel Terkait