Saham

Cara Mudah Download Historis IHSG atau JKSE

Download Historis IHSG

Ajaib.co.id – Tidak perlu bingung jika saat ini kamu membutuhkan download historis IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Ada beberapa website yang menyediakan fitur untuk download historis saham IHSG. Salah satunya adalah Yahoo Finance.

Pada wesbsite Yahoo Finance! kamu bisa mendapatkan informasi atau berita terkini mengenai topik keuangan, data dan rekomendasi terkait kondisi saham, press release, laporan keuangan, bahkan fitur online untuk manajemen keuangan pribadi. Pada website ini juga, kamu bisa men-download historis dari IHSG.

Di dalam data historis IHSG tersebut, kamu bisa mendapatkan harga saham-saham emiten BEI (Bursa Efek Indonesia) hingga beberapa tahun ke belakangan. Data tersebut termasuk posisi saham pada saat Open, Low, High, Close (OLHC) pada periode tertentu.

Oleh karena itu, data historis IHSG seringkali digunakan untuk kebutuhan analisa saham untuk berbagai kepentingan.

Beberapa Pemanfaatan Data Historis Harga Saham

Setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda saat download historis IHSG. Mungkin untuk keperluan pribadi atau perusahaan. Berikut ini adalah beberapa hal yang umumnya menjadi alasan men-download data historis IHSG.

Untuk Pengambilan Keputusan Investasi

Saat ini, berinvestasi dapat dilakukan dengan mudah. Berbagai fasilitas dan kemudahan teknologi, membuat berinvestasi semudah menekan keypad layar smartphone. Namun demikian, jika ingin mendapat cuan dari investasi, maka lain lagi persoalannya.

Pasalnya, sebelum berinvestasi, kamu harus dapat menganalisa sektor-sektor serta emiten saham mana yang dapat mendatangkan imbal balik memuaskan bagi kamu.

Tentu saja, akan sulit sekali jika kamu harus mengamati satu per satu laporan keuangan setiap emiten. Oleh karena itu, sebaiknya tentukan beberapa saham terbaik yang diminati.

Selanjutnya, kamu bisa download historis IHSG atau saham perusahaan tertentu yang kamu inginkan. Kamu juga bisa membandingkan beberapa emiten sekaligus, sehingga dapat mempermudah pengambilan keputusan.

Untuk Analisa Pasar oleh Para Ahli

Para ahli perencana keuangan juga membutuhkan historis IHSG untuk melakukan analisa dan memberikan rekomendasi terkait investasi saham. Karena harga saham yang disajikan pada historis IHSG masih mentah, para ahli dapat melakukan analisa dan menyajikan data dalam bentuk yang lebih mudah dipahami.

Dengan melihat riwayat kinerja saham serta kondisi pasar saat ini, para ahli dapat merekomendasikan apakah berinvestasi saham saat ini menjanjikan atau tidak.

Tentunya para ahli dapat memanfaatkan informasi ini untuk dirinya sendiri, untuk perusahaan tempatnya bekerja, atau bagi pihak-pihak lain yang membutuhkan informasi tersebut.

Memenuhi Data untuk Keperluan Penelitian

Mungkin sebagian kamu saat ini tengah berusaha menyelesaikan studi dan membutuhkan data harga-harga saham IHSG dalam periode waktu tertentu. Tidak perlu pusing, kamu dapat segera meluncur ke website Yahoo Finance dan mengambil data yang dibutuhkan tersebut.

Data-data tersebut bisa diambil sejak hitungan minggu hingga bertahun-tahun yang lalu. Data terlama yang dapat disediakan oleh Yahoo Finance adalah hingga 6 April 1990.

Kamu juga dapat mengambil data pada periode tahun tertentu, misalnya pada saat terjadi resesi ekonomi, atau kinerja tahun-tahun pertama sejak sebuah perusahaan go public.

Cara Download Historis IHSG pada Yahoo Finance

Sebelum download historis IHSG di Yahoo Finance, perlu diketahui bahwa pada Yahoo Finance, IHSG disebut dengan Jakarta Composite Index (^JKSE). Jadi, kalau kamu mencari IHSG pada Yahoo Finance, maka kamu tidak akan mendapatkannya.

Download Historis IHSG di Website Yahoo Finance

Untuk dapat download historis IHSG dengan langsung menuju ke Yahoo Finance, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser dan ketikkan alamat URL: finance.yahoo.com
  2. Selanjutnya pada kolom pencarian, ketikkan ^JKSE
  3. DI bawah kolom pencarian akan muncul beberapa pilihan berkaitan dengan kata kunci ^JKSE. Salah satunya bertuliskan JKSE index-JKT dan satunya lagi bertuliskan ^JKSE equity-JKT. Kamu bisa memilih salah satunya saja.
  4. Pada tampilan informasi IHSG, kamu akan menemukan beberapa pilihan sub menu: Summary, Chart, Conversations, Historical Data, Options, Components.
  5. Pilih sub menu Historical data.
  6. Selanjutnya kamu akan diarahkan pada laman data historis IHSG.
  7. Pada bagian time period, pilih jangka waktu data historis yang kamu inginkan.
  8. Pada bagian show: pilih jenis data “Historical Prices”
  9. Pada bagian Frequency: pilih “daily”, “weekly”, atau monthly”.
  10. Setelah semua disetel sesuai kebutuhan, klik tombol “Apply”.
  11. Selanjutnya klik tulisan download yang ada di layar.
  12. File akan ter-download dalam bentuk csv.

Download Historis IHSG di Yahoo Finance Melalui Pencarian Google

Salah satu cara paling mudah untuk download historis IHSG pada Yahoo Finance adalah melalui mesin pencarian Google.

  1. Buka laman google.com pada browser.
  2. Pada kolom pencarian, cukup ketikkan kata kunci JKSE.
  3. Selanjutnya, pada indeks laman hasil pencarian, kamu akan mendapati website Yahoo Finance serta beberapa direct link menuju bagian halaman yang dipilih.
  4. Klik link dengan tulisan (^JKSE) Historical Data. Kamu akan diarahkan pada laman data historis IHSG.
  5. Pada bagian time period, pilih jangka waktu data historis yang kamu inginkan.
  6. Pada bagian show: pilih jenis data “Historical Price”.
  7. Pada bagian frequency: pilih “daily”, “weekly”, atau monthly”.
  8. Setelah semua disetel sesuai kebutuhan, klik tombol “Apply”.
  9. Selanjutnya klik tulisan download yang ada di layar.
  10. File akan ter-download dalam bentuk csv.

Cara Download Data Historis Saham Tertentu

Kalau kamu hanya ingin men-download data saham emiten tertentu saja, maka pada laman informasi IHSG, pilih sub menu “Component.”

Kamu akan mendapatkan list semua saham yang terdaftar di IHSG. Kemudian ketikkan kode saham yang diinginkan pada bagian pencarian.

Artikel Terkait