Cara Mudah Buka Rekening Tabungan BRI Simpedes dan Britama

Cara Mudah Buka Rekening Tabungan BRI Simpedes dan Britama
Cara Mudah Buka Rekening Tabungan BRI Simpedes dan Britama

Sebelum menabung di bank, sebaiknya kamu harus memiliki pengetahuan terlebih dulu mengenai produk tabungan yang dimiliki bank tersebut. Alih-alih mengetahui kelebihan dan kemudahannya, produk bank yang sesuai akan menjamin keberlangsungan dan tingkat konsisten kamu untuk menabung.  

Perbedaan Tabungan BRI Simpedes & Britama

Bank-bank di Indonesia memiliki beragam produk tabungan andalan, salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memiliki fasilitas tabungan BRI Simpedes dan Britama. Kedua produk ini pun memilikii perbedaan. 

Simpedes merupakan simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan yang dilayani di BRI Unit dan penyetorannya dapat dilakukan setiap saat, frekuensi serta jumlah pengambilan tidak dibatasi sepanjang saldonya mencukupi.

Sementara itu, Britama adalah produk tabungan yang didukung dengan fasilitas e-banking dan sistem real time online. Dengan fasilitas tersebut, nasabah dapat melakukan transaksi tanpa mengenal ruang dan waktu. Artinya dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Keunggulan Tabungan BRI Simpedes Vs Britama

Jenis tabungan BRI yang satu ini merupakan produk BRI yang paling diminati banyak masyarakat Indonesia, khusunya kalangan masyarakat yang tinggal jauh dari pusat kota dan memiliki tingkat transaksi lebih rendah. Di bawah ini adalah beberapa fitur BRI Simpedes sekaligus keuntungannya

#1 Setoran awal yang cukup terjangkau

Untuk membuka tabungan ini, kamu hanya membutuhkan uang sebesar Rp100.000 untuk setoran awal. Kemudian, untuk membuka tabungan Britama jenis kartu ATM Classic sebesar Rp250.000 dan Britama kartu BRI Gold sebesar Rp10.000.000. Jelas lebih murah tabungan simpedes bukan?

#2 Biaya administrasi bulanan

Untuk biaya bulanan tentu lebih murah tabungan bank BRI Simpedes yang hanya sebesar Rp5.500. Sedangkan Britama sebesar Rp12.000.

#3 Biaya kartu setiap bulan

Dengan membuka BRI Simpedes, kamu akan mendapatkan kartu ATM Private Label bebas biaya, sedangkan Britama Classic membebankan biaya per bulan Rp1000 dan Rp4.500 untuk kartu ATM Gold.

#4 Denda di bawah saldo minimum

Ketika saldo di tabungan Simpedes kamu ada di bawah saldo minimum, kamu akan dikenakan denda sebesar Rp5000, sedangkan Britama membebankan denda sebesar Rp 10.000.

#5 Maksimum nilai transaksi antar cabang

Karena ditargetkan untuk masyarakat yang minim transaksi keuangan, tabungan Simpedes memiliki nilai transaksi maksimum per hari hingga Rp200.000.000, sedangkan Britama slebih besar yaitu Rp300.000.000.

#6 Biaya tutup rekening

Menutup rekening tabungan juga dikenakan biaya administrasi yang diambil dari saldo nasabah. Untuk Simpedes akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000, sedangkan bagi nasabah BRI Britama akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000.

#7 Pergantian buku tabungan

Ketika buku tabunganmu rusak atau hilang, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp5000 untuk tabungan simpedes dan Rp25.000 untuk Britama. Namun, ketika penggantian buku karena habis, kamu tidak akan dikenakan biaya.

#8 Penggunaan kartu debit

Kartu ATM Britama memiliki fitur lebih unggul, karena telah memiliki fitur link master card yang artinya dapat digunakan diberbagai jenis mesin ATM berlogo mastercard. Sedangkan Simpedes hanya bisa digunakan di ATM BRI.

Cara Menabung di Bank BRI

Untuk pembukaan Rekening Tabungan Simpedes BRI sangat mudah dan praktis, karena bisa di seluruh unit kerja BRI. Jumlah dan frekuensi setor dan tarik tunai tidak dibatasi, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku. Dilengkapi dengan BRI Card yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan Debit dengan fitur transaksi yang lengkap.

Mau menabung? caranya cukup datang ke kantor cabang BRI terdekat dan mengisi formulir aplikasi pembukaan dengan rekening Setoran awal sebesar Rp100.000. Tapi jangan lupa juga untuk sertakan Identitas Diri Perorangan berupa KTP, NPWP/Surat Ket Tidak Memiliki NPWP.

Sementara untuk Identitas Diri Non Perorangan, berupa Status Badan Usaha (Akte Pendirian dan perubahan terakhir, NPWP, Ijin Usaha. Anggaran Dasar/SK Organisasi dan kokumen Identitas pengurus yang berwenang mewakili Badan Usaha dimaksud.

Sementara itu, untuk membuka tabungan BRI Britama sama seperti Simpedes, yaitu dengan mengisi form aplikasi pembukaan rekening. Lengkapi dengan Identitas Diri, untuk WNI berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis NIK dan NPWP. Dan untuk WNA berupa Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS atau surat keterangan pendukung. Dan untuk setoran awal yaitu, Rp250.000.

Keuntungan dari Britama berupa aksesibilitas Kartu ATM/Debit di jaringan BRI, ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, dan MasterCard baik di dalam maupun di luar negeri. Transaksi realtime di lebih dari 10.000 Unit Kerja BRI dan 23.000 ATM BRI seluruh Indonesia. Gratis cover asuransi kecelakaan diri hingga Rp 150.000.000. Didukung oleh Fasilitas e-Banking (mobile banking, Internet banking, sms notifikasi, dan lain sebagainya).

Itulah beberapa perbedaan antara tabungan BRI Simpedes dan Britama. Dengan mengetahui perbedaannya, kamu jadi lebih mudah menentukan tabungan apa yang akan kamu pilih. Namun, selain Simpedes dan Britama, kamu juga bisa membuka rekening lain seperti BRI syariah, Britama Valas, dan sebagainya. Di mana, dengan Britama Valas, kamu bisa lebih mudah melakukan transaksi dengan berbagai mata uang.

Jadi, apapun bank dan produk tabungan yang kamu pilih, jangan lupa untuk menyisihkan uangmu untuk menabung dan berinvestasi setiap bulannya ya! Jika menabung dirasa tidak cukup, kamu bisa memulai investasi lain seperti investasi reksa dana. Investasi jenis ini sangat cocok bagi investor pemula yang masih dalam tahap belajar investasi.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mulai dengan mendownload dan mendaftar rekening investasi dengan mudah, cepat, dan aman di aplikasi Ajaib. Aplikasi ini telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga kamu bisa lebih aman menyimpan dana yang ingin kamu investasikan atau tabung. Yuk mulai nabung dan investasi sekarang!

Bacaan menarik lainnya:

Ascarya. (2007). Akad & Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait